6 Persiapan Sebelum Membuat Blog Baru

Banyak orang yang sering membuat blog tanpa tujuan dan ditinggalkan begitu saja karena berbagai alasan. Seperti karena pengunjungnya sedikit, tidak mendapat keuntungan, tidak mempunyai ide untuk menulis, dibanned Google, dan masih banyak lagi hal yang membuat pemilik blog itu meninggalkan blognya.

Membuat blog baru tidak boleh asal-asalan harus ada persiapan dan pemikiran yang mantap dan itu membuat anda tidak bosan mengurus blog anda. Lalu apa saja persiapan yang harus dibutuhkan sebelum membuat blog baru? Berikut adalah 6 persiapan sebelum membuat blog baru. Langsung saja kita lihat yang pertama:

1. Tema blog

Apa tema blog yang akan anda buat? Apakah tentang IT, pribadi, garden, atau apa saja yang anda inginkan. Tapi anda harus benar-benar telah menguasai tema tersebut agar jika artikel anda dikomentari maka anda akan mudah merespon komentar tersebut.

2. 3 artikel pertama

Jika anda sudah menentukan tema. Maka sekarang anda harus membuat setidaknya 3 artikel pertama yang berhubungan dengan tema blog anda.

3. Platform blog

Sekarang tinggal pilih platform apa yang anda pilih untuk membuat blog. Bisa Blogger, Wordpress, Typepad, atau platform blog lainnya. Tapi jika anda adalah seorang pemula dalam blogging sebaiknya anda pilih Blogger dan jika anda sudah mahir blogging saya sarankan anda memilih Wordpress.

4. Template blog

jika anda sudah memilih platform blog. Kini anda tinggal pilih template blog yang kompatibel dengan platform dan tema blog anda. Template harus menarik, mudah diload, dan tidak terlalu mencolok.

5. Target pembaca

anda harus sudah mempunyai target pembaca yang akan membaca artikel blog anda. Misalnya target dari Facebook, Twitter, KasKus, search engine, dll. Atau target penggemar IT, tanaman hias, otomotif, olahraga, sepak bola, dll. Jadi anda mudah membuat artikel sesuai minat pembaca anda.

6. Kata kunci untuk SEO

SEO adalah sumber pengunjung terbanyak, jadi anda harus menerapkan teknik SEO yang baik. Salah satu tekniknya adalah memilih kata kunci dan meletakannya di tempat yang tepat.

Nah, itulah 6 persiapan sebelum membuat blog baru.

Ada pertanyaan, keluhan? Komentar di bawah ini.

No comments:

Post a Comment