30 Tips Meningkatkan Traffic Blog

Meningkatkan traffic blog - pasti para pembaca saya sudah mempunyai blog? Apakah blognya rajin diurus? Jika tidak mungkin ada beberapa faktor mengapa blog anda tidak diurus. Salah satunya adalah mungkin karena trafik blog anda rendah. Tapi masalahnya bagaimana cara meningkatkan traffic blog anda? Nah, saya akan memberikan tips cara meningkatkan trafik blog agar blog anda rajin diurus. Langsung saja kita simak yang pertama:
1. Submit blog ke search engine
Ini yang terpenting, submit artikel anda ke berbagai search engine. Misalnya Google, Yahoo, Bing agar blog anda terindex oleh mesin pencari.
2. Rajinlah menulis konten
content is the king. Maka rajin-rajinlah isi blog anda dengan konten. Tapi ingat, tulislah konten yang sesuai dengan tema blog dan berkualitas.
3. Desain dan layout blog juga akan mempengaruhi trafik blog anda. Pastikan blog anda sudah tertata rapi, mudah diload, link-link tidak ada yang rusak (broken link). Jadi pilihlah template blog dengan secksama.
4. Domain sendiri
belilah domain .com agar blog anda terlihat lebih professional. Itupun sesuai kemampuan anda.
5. Meta tag
edit template blog anda dengan memberi meta keyword, description. Ini sangat berguna untuk SEO.
6. Submit blog ke blog directory
submit blog anda ke berbagai blog directory untuk meningkatkan page rank.
7. Tukaran link
ini biasa dilakukan oleh para blogger. Rajin tukar-menukar link ke blog yang bertema sama akan meningkatkan pagerank dan meningkatkan trafik ke blog anda.
8. Link internal
beri link pada postingan antara satu dengan lain yang mempunyai topik yang sama dan gunakan anchor link yang relevan untuk meningkatkan SEO.
9. Mendaftar ke Social Bookmarking Site
sign up di beberapa situs social bookmarking populer dan pasang plugin yang diberikan di blog anda. Jika salah satu artikel anda disukai pembaca maka pembaca dengan mudah dapat mensubmit artikel anda di social bookmarking site.
10. Dummy blog
buat blog-blog baru untuk mendukung blog utama anda dan saling hubungkan blog anda dengan memberikan link yang relevan. Seperti blog utama saya yaitu hedisasrawan.blogspot.com untuk meningkatkan trafik blogku saya membuat 2 blog dummy yaitu komeletek.blogspot.com dan pusaTTutorial.blogspot.com.
11. Download gratis
buatlah artikel blog tentang download software gratis karena para neter sangat menyukai hal-hal yang berbau gratis. Tapi usahakan jangan membuat artikel yang berisi crack, keygen, dan patch karena blog anda akan rawan dihapus oleh pihak Blogger atas tuduhan pembajakan.
12. Tagging Image
berilah image tag dan alt tag pada gambar agar gambar anda terindeks oleh Google Image Search. Ini juga dilakukan agar template blog anda lebih valid di template validator.
13. Pasang Iklan Baris
iklankan blog anda di beberapa situs pasang iklan baris gratis populer. Ini juga akan meningkatkan pagerank blog anda.
14. Berkomentar di blog lain
rajinlah jalan-jalan ke blog lain (blogwalking) dan berikan komentar terutama blog yang dofollow dan mempunyai tema yang sama. Berikan link anda di kotak URL untuk menambahkan backlink. Tapi jangan nyepam.
15. Subscribe feedburner
gunakan layanan feedburner untuk pembaca anda yang ingin berlangganan blog anda via email. Hal ini dilakukan agar pengunjung blog anda tertarik untuk mengunjungi blog anda.
16. Gosip terbaru
tulis sesuatu yang sedang ngetren sekarang. Misalnya gosip panas dan kontroversial. Pastikan anda sudah memasukan kata kunci yang tepat untuk lebih meningkatkan pengunjung blog anda melalui search engine.
17. Sesuaikan iklan
jangan terlalu banyak memasang iklan di blog anda. Taruhlah iklan di tempat strategis dan tidak terlalu mencolok atau mengganggu pemandangan. Ini juga berguna untuk meringankan ukuran page blog anda agar loadingnya lebih cepat.
18. Gabung di Social Networking site
Join ke beberapa situs social networking populer. Carilah teman dan follower sebanyak-banyaknya dan pasang link anda di berbagai tempat yang diperbolehkan. Misalnya di profil, catatan, dan status anda.
19. Belajar SEO
Untuk mendapatkan trafik yang sangat banyak melalui search engine maka anda harus menguasai beberapa teknik SEO. Kuasai SEO dengan mengoptimasi blog dan berkunjung ke berbagai blog dan website terkenal karena teknik SEOnya.
20. Beli iklan
jika anda ingin blog anda memiliki banyak pengunjung dengan cepat dan instan. Jika anda punya dana lebih setidaknya beli iklan di beberapa situs iklan terpopuler misalnya Google Adwords dan AdsenseCamp. Anda akan mendapatkan banyak pengunjung secara cepat dan instan.
21. Join forum dan mailling list
join di berbagai situs forum dan mailling list dan pasang link anda di tempat yang memungkinkan. Aktiflah di forum dan mailling list agar anda mendapatkan pengunjung dari anggota forum / mailling list anda.
22. Buat award atau penghargaan
buat award atau penghargaan berupa banner ke 10 blog lain yang anda percaya dan minta dia untuk menyertakan juga link ke blog anda selaku pemberi penghargaan. Ini juga akan meningkatkan pagerank anda dan menjalin persahabatan terhadap blog partner anda.
23. Postingan berkala
atur jadwal posting anda dan lakukan secara teratur agar lebih mudah diindex oleh Google dan pembaca tidak bingung dengan jadwal update blog anda.
24. Maksimalkan penggunaan layanan Google
untuk bersahabat dengan Google anda harus menggunakan layanan Google secara maksimal. Misalnya Google Webmaster Tool, Google Analytics dan Google Alert. Ini bertujuan agar blog anda lebih mudah diindex Google dan untuk mengetahui perkembangan blog anda.
25. Event / kejadian penting
tulis artikel di blog anda tentang event-event penting yang akan diselenggarakan. Saya sarankan untuk menulisnya minimal 1 bulan sebelum event penting itu diselenggarakan agar terlebih dahulu diindex Google. Pada saat event tersebut dimulai pasti banyak orang yang ingin mengetahui event itu melalui search engine dan akan menemukan blog anda.
26. Tulis sesuatu yang baru
tulislah sesuatu yang baru atau jarang diangkat oleh blog lain. Karena artikel yang terbaru akan lebih mudah masuk SERP (Search Engine Result Pages).
27. Postingan list
para blogger lebih menyukai membuat artikel yang berbentuk list. Selain efisien juga lebih mudah dipahami dan simpel.
28. Post pillar
buatlah post pillar. Post pillar adalah inti dari blog anda. Pastikan post pillar mendapat perhatian lebih dari pembaca karena post pillar yang akan digunakan untuk mendapatkan trafik terbanyak dari blog anda.
29. Submit postingan ke artikel directory
submit postingan anda ke artikel direktori. Selain mendapatkan backlink juga membuat blog anda terkenal karena artikel-artikel anda berkualitas.
30. Guest blog
tawarkan artikel anda untuk dimuat di blog lain. Terutama dengan blog lain yang setema. Sertakan juga link hidup ke blog anda. Manfaat dari guest blog hampir sama dengan mensubmit artikel di artikel direktori.
Semoga 30 tips meningkatkan trafik blog tadi berguna bagi anda para blogger pemula seperti saya . Ada pertanyaan? Silahkan berkomentar dibawah ini.

6 comments: