Tips-Trik Blogger

Saat ini blog sudah buka sesuatu yang asing lagi. Bahkan semua kalangan mulai dari anak-anak, dewasa, sampai orang tua mencoba mengekspresikan diri mereka dengan blog. Terbukti dengan terus bertambahnya jumlah blogger di Indonesia, mulai dari balita, direktur, jurnalis, bahkan munculnya blogger full time, dan acara komunitas untuk blogger.

Kemudahan untuk membuat blog yang interaktif tentunya didukung oleh beberapa engine penyedia blog. Salah satunya adalah Blogger, sebuah layanan lain dari Google, komunitas yang besar, gratis, mudah digunakan, dukungan dokumentasi yang lengkap, dan dapat dipakai dengan domain sendiri.

Walau dengan semua kemudahan ini, tentunya jika tanpa pengetahuan yang cukup, blog akan terlihat hambar karena hanya berupa tampilan default yang sederhana. Untuk melakukan modifikasi tidak selalu memerlukan pengetahuan pemrograman, karena bisa dilakukan dengan menambahkan widget-widget yang disediakan oleh pihak ketiga, ataupun sekedar menambahkan teks, gambar, dan video. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat blog tampak beda dan memiliki ciri khas sendiri, misalnya dengan mengubah template, menambahkan link, menambahkan menu, menyisipkan foto hasil jepretan sendiri, dan lainnya.

Blog ini membahas tidak hanya bagaimana memodifikasi tampilan tetapi juga tips menulis dan memilih konten yang baik, trik mempromosikan blog, dan membangun hubungan dengan pembaca karena blog anda harus bersaing dengan banyaknya blog lain di internet. Bahkan dibahas juga keuntungan ekstra dari ngeblog yang bisa anda manfaakan, yaitu menghasilkan uang dari blog.

No comments:

Post a Comment