10 Kiat Sukses Bisnis Online

loading...
Banyak orang yang merintis bisnis online tetapi banyak juga orang yang gagal dan menyerah karena tidak ada yang mau membeli produknya. Sebelum memulai bisnis online, ada pentingnya harus banyak berlatih cara-cara berbisnis online. Karena kegagalan adalah awal dari sebuah keberhasilan. Sebenarnya ada banyak kiat/tips agar sukses di bisnis online. Tetapi saya akan memberikan 10 hal yang terpenting untuk sukses bisnis online. Langsung saja kita simak yang pertama:
1. Kepercayaan pelanggan sangatlah penting
Karena internet rawan akan penipuan. Dan anda harus mengirim produk anda jika pelanggan sudah membayar. Jika anda mengirim produk anda sebelum dibayar pelanggan. Maka, pelanggan tidak akan membayar karena sudah mendapatkan barang yang anda minta. Dengan itu, kebangkrutan akan berjalan lebih cepat.
Banyak pelanggan yang takut membayar karena jika dia sudah membayar, barang yang dia minta tidak akan dikirim oleh penjual. Lalu pertanyaanya: Bagaimana cara membangun kepercayaan di dunia maya? Yang pertama, tulislah identitas anda yang asli dan jelas! Seperti nama lengkap dan panggilan, alamat email dan rumah, no telepon, foto asli anda, dan apa saja yang bisa dengan mudah dihubungi oleh pelanggan setelah membeli produk anda. Dari sanalah calon pembeli percaya produk dan anda karena jika produknya tidak dikirim dia bisa mendatangi rumah/kantor anda.
Yang kedua adalah menjadi terkenal di dunia maya. Aktiflah di mailling list (milis), forum, komunitas internet, dan kalau bisa buatlah blog yang terkenal dan populer. Dengan cara itu, sosok anda semakin terkenal dan anda akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan.
2. Rajinlah memberi
Setiap orang suka melihat website yang isinya menarik dan berguna bagi mereka. Jadi selain membuat website yang menjual, anda juga harus membuat halaman khusus untuk update artikel dan tips trik tentang yang berhubungan dengan apa yang anda jual. Misalnya jika anda mengelola website yang menjual tanaman hias. Maka buatlah halaman khusus untuk update artikel tentang tips-trik merewat tanaman hias, jenis-jenis tanaman hias, dll. Seperti godongijo.com. Dan ingat, updatelah setiap hari.
Dengan demikian, selain mendapatkan produk yang dia cari, calon pembeli juga akan mendapatkan artikel gratis yang berkualitas. Bila pengunjung itu menyukai website anda secara tidak langsung akan membangun kepercayaan para pengunjung terhadap produk anda.
3. Akrablah dengan mesin pencari
Menurut para praktisi internet, 60% pengunjung website yang kurang populer berasal dari search engine. Hal ini mungkin tidak berlaku bagi website yang sudah terkenal misalnya facebook.com, detik.com, twittter.com, dan amazon.com. Jadi dari 1000 pengunjung website anda, sekitar 600 dari mereka berasal dari search engine.
lalu pertanyaanya adalah: Bagaimana cara mendatangkan pengunjung melalui search engine?
Pelajarilah ilmu dan teknik SEO atau Search Engine Optimization dengan serius untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengunjung website anda. Dengan mengikuti poin yang ke-2 di atas yaitu dengan selalu mengupdate artikel website anda karena semakin banyak artikel. Maka, peluang mendapatkan kata kunci lebih besar.
Untuk lebih jelasnya, selalu kunjungi blog ini dan:
  1. Info Komputer
  2. pusaTTutorial
  3. Belajar Bisnis Online
  4. google.com dengan kata kunci “tips-trik SEO” “Belajar SEO” dll
4. Bangunlah kredibilitas
Ada yang mengatakan ‘tulisan anda adalah kredibilitas anda’ maka, tulislah artikel yang sesuai dengan kemampuan anda (ini juga terkait dengan poin yang ke-2)
Misalnya ketika anda membuat artikel tentang cara merawat tanaman hias. Maka para pengunjung akan mengira anda adalah ‘pakar tanaman hias’ dan yang lainnya. Dengan itu otomatis para pengunjung percaya dengan website, anda, dan produk anda.
5. Minta dan tampilkan testimoni dari konsumen
Ini adalah cara lama, yaitu ‘dari mulut ke mulut’. Tapi cara ini efektif agar pengunjung lebih percaya terhadap website dan produk anda. Mintalah para konsumen anda testimoni (apa yang konsumen dapatkan setelah membeli produk anda) dan juga minta konsumen untuk mengisi nama lengkap, email, alamat rumah dan blog/websitenya supaya calon konsumen lebih yakin bahwa testimonial itu asli dibuat oleh konsumen anda dan buka fiktif (buatan anda). Pilihlah testimonial yang terbaik untuk dipasang di halaman depan website anda dan testimoni yang lain tempatkan di halaman baru website anda.
6. Gunakan ilmu ‘pelet’
Tentu saja saya tidak menyuruh anda untuk pergi ke dukun. Tapi ini penjelasaannya, ternyata 70% pengunjung website anda hanya membaca halaman depan saja dan pergi tidak kembali lagi. Jadi saya memakai ilmu pelet agar pengunjung ingin kembali lagi bahkan ingin membeli produk anda. Ini dia peletnya:
  1. Buat newsletter dan beri dia bonus (sebuah ebook, software, dll) jika dia bergabung di newsletter anda.
  2. Isi halaman depan anda dengan tulisan sales letter yang dahsyat!
  3. Rajin mengupdate konten (ini sudah dibahas di poin ke-2)
  4. Situs yang interaktif. Bukan seperti ada animasi dan film. Tetapi beri pelanggan anda untuk berkomunikasi dengan anda. Misalnya dengan membuat Shoutbox, forum diskusi, dll
7. Bangunlah komunitas
Seperti membuat komunitas fanpage di Facebook, forum diskusi, dll. Dengan itu anda akan lebih mudah mencari orang yang membutuhkan produk anda. Juga untuk mempermudah menargetkan calon pembeli.
8. Bangunlah sistem afliasi
Afliasi adalah singkatan dari Affliate Marketing atau makelar dalam bahasa offline. Yaitu jika para konsumen anda membeli produk anda, maka dia dapat mempromosikan produk anda dan mendapatkan sejumlah komisi dari anda jika yang diajak membeli itu mau membeli produk anda.
Promosi dengan afliasi/reseller sangat menjanjikan. Bayangkan anda memiliki banyak staff marketing tanpa membayar banyak. Belilah script reseller ini di internet.
9. Hindari SPAM
Jangan sekali-kali mengirim spam! Baik di email, atau di chatting. Banyak layanan yang menjual ribuan bahkan jutaan alamat email dan software pengirim email otomatis.
Pengunjung akan jengkel dan pasti tidak mau membeli produk anda. Dan ini akan menurunkan kepercayaan terhadap website anda. Dan juga tidak semua orang yang anda kirimi email itu menyukai produk anda. Misal, tidak semua orang menyukai tanaman hias. Ada juga alamat email yang jarang dicek pemiliknya bahkan tidak aktif
Cara ‘nyepam’ yang paling baik adalah. Membangun komunitas > mencari orang yang menyukai bidang anda > membangun newsletter > kirim promosi tentang website dan produk anda melalui komunitas dan newsletter anda dengan memperhatikan etika dan privasi anggota anda.
10. Beriklan melalui artikel atau soft advertorial
Sadarlah jika hampir setiap orang tidak menyukai iklan. Jangan membuat artikel yang berisi iklan (kecuali kalau memang website anda berisi layanan pasang iklan gratis). Buatlah artikel yang bermanfaat bagi pengunjung website anda dan berikan link menuju website anda di akhir artikel. Jadi pengunjung tidak mengecap anda sebagai spammer dan akan meningkatkan keparcayaan website anda.
Nah, itulah 10 kiat-kiat sukses memulai bisnis online. Semoga bermanfaat. Ada pertanyaan dan tambahan? Silahkan berkomentar dibawah ini.
loading...

No comments:

Post a Comment

close