Jadikan Belajar Seperti Makan, Anda Akan Lapar Jika Tidak Melakukannya

Salah satu cara yang paling efektif untuk sukses adalah belajar. Tapi ada pertanyaan mengapa tidak setiap orang suka belajar? Padahal katanya belajar adalah salah satunya cara untuk sukses? Orang yang tidak mau belajar mungkin karena dia kurang termotivasi untuk belajar. Jadi, dukungan dari orangtua dan guru sangat tepat agar orang tersebut rajin belajar. Lalu bagaimana caranya?

Salah satu cara agar anda rajin belajar adalah jadikan belajar seperti ‘makan’. Jika anda tidak makan pasti anda merasa lapar. Jika dihubungkan dengan belajar adalah jika anda tidak belajar pada waktu-waktu tertentu anda akan merasa lapar (perasaan yang ga’ enak, bosan, atau merasa bersalah). Dengan itu, anda akan belajar. Tapi bagaimana caranya? Caranya adalah biasakanlah! Biasakanlah belajar pada jam-jam tertentu tetapi tetap konsisten dan disiplin dengan jam belajar anda. Misalnya, mulai 26 Juli yang lalu saya telah menetapkan jam-jam belajar saya seperti berikut:

  1. Sepulang sekolah (biasanya jam 1 siang) sampai selesai saya gunakan untuk mengulangi pelajaran yang diberikan tadi di sekolah, membongkar isi tas dan memeriksa setiap buku yang saya bawa untuk mengingat apakah ada PR atau tugas yang diberikan tadi, jika ada maka langsung saya kerjakan hingga selesai minimal 75% (jika belum selesai 75% saya terus kerjakan selesai pada hari itu juga) dan mengerjakan soal-soal ujian dari beberapa buku koleksi saya.
  2. Jam 6 petang tepat (tidak boleh lewat atau lebih awal 5 menit) sampai selesai saya gunakan untuk mengambil semua buku yang berhubungan dengan pelajaran untuk besok dan memeriksa apakah ada PR yang masih belum dikerjakan atau ulangan harian dsb. Jika ada saya kerjakan dan pelajari hingga selesai. Jika tidak ada saya membaca materi dan menjawab soal di buku (entah itu dari LKS, buku paket/BSE) yang berkaitan dengan materi dan jadwal pelajaran besok.

Pada awalnya, melakukan semua hal tersebut sangatlah susah. Untuk melakukan hal ini membutuhkan kedisiplinan dan keinginan kuat untuk maju yang tinggi. Tapi seminggu kemudian saya mulai terbiasa bahkan ‘merasa lapar’ jika saya tidak melakukannya. Bagaimanakah dengan anda? Apa strategi belajar anda? Jika punya silahkan berbagi dengan saya untuk menyempurnakan strategi saya dengan tulis strategi anda di kotak komentar dibawah ini. Jika tidak, anda bisa membuat strategi sendiri sekarang dan jika tidak bisa cobalah ikuti strategi saya dan para pembaca yang rajin berkomentar. Tidak ada kata terlambat! Lebih baik terlambat daripada tidak! Lebih baik lagi jika anda memulainya dari sekarang! Terima kasih.

1 comment:

  1. Kenapa ya setiap saya belajar awalnya rajin sekali lama kelamaan tapi kedur di tengah jalan..

    ReplyDelete