5 Hal Yang Bikin Kita Malas Belajar

loading...

Yang namanya belajar diapa-apain juga kalah sama kartun, acara favorit, dan mall. Baru nyerah deh kalo besoknya ada ulangan. Tapi jangan salah, ada yang nyante aja, berangkat sekolah pagi-pagi ‘sekali’ untuk cari posisi, beres. Atau, nulis contekan ‘pake kaca pembesar’ (soalnya tulisannya kecil sekali Open-mouthed smile).

Anyway! Walaupun begitu masih lebih banyak kok di antara kita yang merasa kalo belajar itu harus dan perlu. Nah, di bawah ini ada lima hal yang mungkin membuat anda malas untuk belajar. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Kebayang guru yang mengajar

Seringkali, karena cara ngebawainnya nggak ‘cool’ gitu, membuat pelajaran yang diberikan jadi gak masuk (masuk kanan keluar kanan juga istilahnya Open-mouthed smile). Belum lagi kalau gurunya terkenal sangat ‘killer’ (menurut saya, Guru Galak? No Problem) atau super cuek. Wah nyebelin banget kan? Penolakan terhadap guru ini secara tidak langsung membuat kita jadi malas belajar. Solusinya? Enjoy aja, kalo ga mau dimarah sama gurunya berbuat baiklah terhadap gurunya (misalnya jangan ribut ketika beliau sedang menerangkan pelajaran).

2. Image pelajaran ‘sangat’ susah

Ini juga, belum-belum udah merasa sudah kalah sebelum bertanding pokoknya dipikirannya cuma ”susah” aja, padahal hal itu belum tentu benar kan? Asal tahu aja ya, semua pelajaran yang diberikan itu sudah disesuaikan dengan taraf belajar dan umur kita. Jadi solusinya adalah ikuti aja dan jangan menyerah (cuma bisa bilang susah aja) nanti bisa benar-benar terjadi.

3. Tidak pernah ngikutin pelajaran dengan serius

Ini yang nggak fair, kenapa juga tidak serius ngikutinnya. Hal seperti ini yang perlu dirubah. Tidak ada kata terlambat buat memulai! Mulailah dari sekarang juga!

4. Tidak interest

Wah ujung-ujungnya pasti kalau ditanya jawabnya gitu, alasannya? Alasan lain, merasa kalau ngga efek buat kita-kita atau merasa kalo materi itu tidak ada gunanya bagi kita. Mungkin karena kita tidak tahu manfaat dari ilmu-ilmu yang kita dapat itu. Ngga mungkin kan kalo tidak berguna bagi kita dipelajarin? Mungkin sekarang tidak ada gunanya, tapi mungkin nanti setelah anda dewasa anda akan mengetahui manfaatnya.

5. Tidak punya buku

Semua bakal ketawa jika anda beralasan begitu Open-mouthed smile. Yang ini sih tidak perlu diomongin. Kita kan bisa fotokopi atau pinjan ke teman. Jadi ngga ada lagi alasan males belajar atau ngga ngerjain PR cuma gara-gara ngga punya buku.

Nah, yang pertama sekali tumbuhkan interest pada diri anda. Cari tahu nantinya buat apa ilmu yang anda pelajari itu, dengan begitu akan ada tantangan untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang ilmu itu. Buang deh perasaan nyerah duluan, modalnya cuma satu ‘nekad!!’ Orang kaga rugi, nothing to lose lah. Kalau udah gitu baru langsung belajar dengan Tetap Semangat! Open-mouthed smile

 

HdS… Smile

loading...

1 comment:

close