Untuk Sukses Anda Harus…

loading...

Apakah anda ingin sukses baik dalam bisnis, kegiatan, sekolah, maupun keluarga dan sosial? Sebagian besar pasti menjawab “Ya!”. Tapi bagaimana caranya agar sukses? Cara menjadi sukses tidaklah susah. Untuk menjadi sukses anda harus…

 

1. Disiplin

Ini yang terpenting. Sukses tidak akan tercapai jika anda tidak disiplin. Apa itu disiplin? Orang yang disiplin adalah orang yang selalu melakukan pekerjaan dengan rasa penuh tanggungjawaban. Disiplin bisa berupa disiplin waktu, tugas, peraturan, dan pelaksanaan. Disiplin waktu adalah selalu tepat waktu, tidak suka membuang-buang waktu, suka menggunakan waktu luang untuk kegiatan yang berguna. Disiplin tugas adalah tidak suka menunda-nunda tugas yang diberikan, selalu mengerjakan tugas dengan penuh kehati-hatian, ketelitian, dan penuh tanggungjawaban. Disiplin peraturan adalah selalu mentaati semua peraturan/norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat, keluarga, sekolah, tempat kerja, dan tempat umum (jalan raya, taman, tempat wisata). Disiplin pelaksanaan adalah saat diberi tugas sebisa mungkin harus dikerjakan sekarang juga dan selesai secepat & setepat mungkin.

2. Cekatan

Dalam menghadapi kehidupan yang penuh persaingan ini kita harus cekatan. Cekatan adalah cepat dan tepat dalam mengambil kesempatan/peluang. Contoh, misalnya kita melihat sebuah peluang bisnis yang menjanjikan. Kita harus dengan cepat mengambil kesempatan emas itu sebelum diambil terlebih dahulu oleh orang lain. Jadi, kita tidak akan sukses dalam hidup ini. Untuk tahap awal adalah (untuk pelajar) kita selalu cekatan mengambil kesempatan sekecil apapun untuk waktu belajar. Misalnya pada saat jam kosong di sekolah, waktu santai di rumah, dan di setiap kesempatan.

3. Percaya diri

Dalam mengambil sebuah keputusan/kesempatan, kita harus percaya diri bahwa yang kita lakukan itu benar. Jangan malu bertindak karena malu adalah salah satu faktor penghambat kesuksesan. Jangan takut salah dan diejek karena dia (yang ngejek) belum tentu benar dan kita belum tentu salah. Beberapa cara agar kita lebih percaya diri adalah dengan teliti dalam mengambil keputusan, pikirkan dengan matang apa yang akan anda lakukan, periksa hasil pekerjaan anda sebelum dipublikasikan, dan yakin terhadap keputusan anda. Dengan itu anda akan lebih percaya diri dan salah satu penghambat kesuksesan anda telah hilang.

4. Hemat

Untuk sukses kita harus hemat. Hemat pangkal kaya, kaya adalah salah satu hasil dari kesuksesan. Hemat adalah tidak boros, berhati-hati dalam menghabiskan sesuatu, dan selalu menggunakan semua yang dimiliki dengan maksimal. Hemat bisa berupa hemat uang, hemat waktu, hemat energi. Hemat uang adalah tidak suka menghabiskan uang untuk membeli sesuatu yang kurang berguna, suka menabung, jika berbelanja selalu memperhitungkan prioritas bukan keinginan, dan tidak pelit. Hemat waktu adalah tidak suka membuang-buang waktu, menggunakan waktu luang untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, dan selalu membuat jadwal kegiatan. Hemat energi adalah hemat dalam menggunakan energi dan pikiran kita, yaitu dengan tidak memikirkan sesuatu yang tidak-tidak dan melakukan sesuatu yang tidak ada gunanya bagi kita dan orang lain. Dengan hidup hemat kita bisa lebih mudah untuk mencapai sebuah kesuksesan.

5. Tetap Semangat!

Hahaha… Ini adalah slogan blog ini, Tetap Semangat! Kalimat yang terdiri dari 2 buah kata (tetap, semangat) yang semua huruf depannya kapital ditambah tanda seru (!) tepat di belakang kata (semangat) membuat kalimat ini sungguh menyemangati kita. Tetap Semangat! Memiliki arti kita harus tetap semangat dalam kondisi dan keadaan apapun (sedih, senang, sakit, bahagia). Jika kita tidak semangat untuk sukses, mana mungkin kita memiliki kemauan yang kuat untuk sukses dan akhirnya kita tidak akan sukses. Seperti saya, dalam kondisi sakit saya masih Tetap Semangat! untuk bersekolah seperti biasa dan melakukan aktivitas seperti biasa. Dan akhirnya rasa sakit saya hilang total dengan sendirinya dalam waktu yang relatif singkat! Jadi, jangan menyerah! Tetap Semangat!

Itu semua hal-hal yang harus anda miliki di dalam diri anda untuk sukses, laksanakan sekarang juga dan semoga berhasil. Tetap Semangat!

 

HdS… Smile

loading...

2 comments:

  1. wowwwwww luar biasa bukan main tepat untuk di contoh

    ReplyDelete
  2. wowwwwww luar biasa bukan main tepat untuk di contoh

    ReplyDelete