Guru Galak? No Problem!

Di sekolah saya ada guru bahasa inggris yang terkenal cukup galak dalam mengajarnya. Karena gurunya galak membuat saya dan teman-teman saya agak takut saat ada pelajaran bahasa inggris, apalagi dia mengajar murid kelas 1 sampai kelas 3. Tapi, dibalik kegalakannya itu ada maksud dan tujuan agar kita lebih disiplin dalam belajar.

Ayahku bercerita dulu sewaktu dia masih di bangku SMP. Ada guru bahasa inggris yang sangat galak yang juga mengajar siswa 1, 2, dan 3 di sekolahnya. Setiap gurunya datang, dia lalu mengambil sebuah benda dan para muridnya harus menjawabnya dengan tegas. Misalnya, gurunya mengambil buku maka muridnya harus menjawab dengan tegas 'this is a book'. Karena jika tidak tegas apalagi tidak menjawab maka guru itu akan memukul murid yang tidak tegas itu dengan penggarisnya dan disuruh keluar. Setelah itu salah satu muridnya ditanya ''nama murid'! Ada pertanyaan?' jika murid yang ditanya itu tidak bertanya maka guru itu akan mengatakan 'ooo... Kamu sudah pintar ya? Keluar dari kelas ini!' sambil memukulkan penggarisnya kepada murid itu. Dan kalau murid itu bertanya, maka guru itu akan menjelaskan secara mendetail apa yang ditanyakan muridnya dan murid yang bertanya itu akan ditanya kembali pada pertemuan mendatang. Mengapa guru memaksa muridnya untuk bertanya? Karena jika muridnya bertanya. Artinya murid itu telah belajar dan pasti ada hal yang perlu ditanyakan.

Tapi karena kegalakan itu. Justru membuat nilai rapor ayah saya tinggi, terutama pada pelajaran bahasa inggris. Pada awalnya ayahku sangat benci pada gurunya dan bahkan ingin balas dendam kepada gurunya. Tapi saat SMA, ayahku merupakan salah satu dari 4 siswa di sekolahnya yang dapat sekolah di SMA Negeri 1 Negara yang merupakan sekolah paling favorit pada waktu itu. Makanya setiap ayahku bertemu dengan guru bahasa inggrisnya, dia minta terima kasih kepada gurunya.

Sekarang saya telah sadar bahwa guru galak bukan karena marah, tapi dia menginginkan agar muridnya disiplin dalam belajar dan sangat peduli kepada muridnya 'guru itu tegas bukan galak'. Coba bandingkan dengan guru yang tidak galak. Guru itu kurang peduli kepada muridnya. Misalnya ada PR banyak yang tidak mengerjakan tapi tidak diperiksa oleh gurunya dan ada yang ribut tidak ditegur. Dan mulai sekarang saya bangga punya guru yang tegas seperti guru bahasa inggris saya. Saya juga agak menyesal kepada sikap saya pada kelas 1 dan 2 yang takut pada guru.

Sekian saja artikel saya yang saya buat berdasarkan pengalaman saya. Saya meminta maaf jika ada salah ketik dan eja, ada yang tersinggung, maupun ada yang kurang atau tidak setuju dengan pengalaman saya. Salahkan kirim pendapat anda di kotak komentar dibawah ini.

Sibuk Selama Menunggu

Tadi (Minggu, 29/05/11) malam saya menonton salah satu acara favorit saya yaitu Mario Teguh, Golden Ways yang bertema 'sibuk selama menunggu'.

Sibuk selama menunggu. Artinya selama menunggu sesuatu misalnya, menunggu pesanan barang yang kita beli, atau bahkan menunggu ayah kita pulang dari kerja kita melakukan / mengerjakan sesuatu yang membuat hidup kita lebih berguna.

Jika kita menunggu sesuatu janganlah kita diam saja tanpa melakukan hal yang berguna. Gunakanlah waktu menunggu itu untuk melakukan hal-hal yang berguna dan tidak terasa waktu menunggu kita telah habis. Jadi tujuan kita melakukan sesuatu selama menunggu adalah bukan hanya agar waktu menunggu itu menjadi lebih cepat, juga agar waktu menunggu kita lebih berguna dan berharga bagi diri kita sendiri maupun orang lain.

Ada salah satu penonton acara Mario Teguh bertanya bahwa dia setiap menonton acara Mario Teguh dia merasa lebih semangat dalam menjalani hari esoknya tapi keesokan harinya dia lupa dan kurang semangat menjalani apa yang dia renungkan kemarin. Jadi pertanyaanya bagaimana cara agar semangat yang kemarin masih sampai sekarang? Mario Teguh menjawab itu seperti semangat '45 bertahan 45 menit. Cobalah menjaga semangat bukan membesar-besarkan semangat. Semangat dihitung bukan dari besar semangatnya, tetapi cara dia menjaga semangatnya. Meskipun dia semangatnya sangat tinggi seperti semangat '45' akan tetapi pada keesokan harinya semangat 45nya berkurang bahkan tidak ada. Jadi jagalah semangat agar semangat itu bertahan lama.

Tapi bagaimana jika anda ditunggu, apa yang harus anda lakukan? Siapa diantara pembaca saya yang telah menikah? Pastinya istri anda mau menikah dengan anda karena janji besar anda. Jika anda tidak memiliki janji yang cukup menjanjikan. Jadi istri anda sekarang menunggu janji anda. Jangan membuat istri anda menunggu lebih lama. Bertindaklah segera, penuhi janji yang anda janjikan kepada istri anda.

Saya menggunakan waktu menunggu saya untuk melakukan hal-hal yang berguna, misalnya dalam menunggu jangka pendek saya menunggu ayah saya pulang saya mengisinya dengan membersihkan rumah dan dalam jangka panjang misalnya menunggu (mungkin menghadapi maksudnya) ujian nasional tiba saya mengisinya dengan belajar dengan sangat giat. Dan itu akan membuat waktu menunggu memiliki nilai tambah yang menguntungkan anda. Jadi sibuklah selama anda menunggu sesuatu. Terima kasih. Bila ada pertanyaan dan ada kata-kata yang kurang mengerti silahkan berkomentar dibawah ini karena saya sangat menghargai komentar anda tapi jangan nyepam ya....

Dilanjutkan ke artikel Sibuk Selama Menunggu 2

Ulangan Umum Telah Usai

Kemarin (Sabtu, 28/05/11) adalah hari terakhir ulangan umum saya. Dan sekarang saya tinggal menunggu hasil belajar saya selama setahun tanggal 11 Juni nanti.

Apakah saya yakin hasil ulangan umum saya bagus? Tentu saja yakin karena saya sudah mempersiapkan semua ini sejak 3 bulan yang lalu dengan metode yang sudah saya berikan sebelumya dan apapun yang terjadi biarlah berlalu jika nilai rapor saya rendah.

Jika nilai rapot saya rendah. Saya tidak akan menyesal apalagi menangis. Saya akan menjadikan hal tersebut menjadi salah satu pelajaran agar saya lebih giat belajar. Dan nanti jika saya naik ke kelas 3 saya akan belajar lebih giat, mengurangi waktu bermain (termasuk juga blogging) dan juga lebih rajin berolahraga. Itu semua saya lakukan untuk menghadapi ujian nasional nanti.

Jelang Ulangan Umum

Ulangan umum sudah dekat! Banyak teman-teman SD saya yang takut menghadapi ulangan umum (sebenarnya saya juga agak takut sih). Tapi saya tidak menyerah karena saya sudah belajar dengan sangat giat sejak 3 bulan sebelumya dan sekarang saya tinggal belajar beberapa mata pelajaran yang kurang saya pahami sebelum hari yang menakutkan itu tiba. Saya belajar 1 jam per mata pelajaran dan istirahat sebentar 15 menit sekali tapi sepulang sekolah saya mengerjakan PR dan tugas yang diberikan tadi di sekolah dulu baru saya belajar. Mengapa setiap 15 menit saya istirahat sejenak? Karena setahu saya kemampuan kosentrasi manusia rata-rata hanya 15 menit setelah itu langsung buyar pikirannya, jadi saya berfikir kalau istirahat 1 sampai 2 menit bisa mengembalikan konsentrasi saya. Dan mengapa saya belajar 1 jam per mata pelajaran? Karena saya pikir dengan belajar 1 jam per mata pelajaran saya lebih fokus dan mantap dalam memahami mata pelajaran yang saya pelajari itu.

Saya mulai belajar tidak menentu. Kadang jam 6, 7, bahkan jam 8 dan berakhir pada jam 10 malam. Mengapa? Masih ingatkah anda dengan 1 jam per pelajaran dan istirahat 1 menit per 15 menit belajar? Nah jika ada 4 pelajaran besok, maka 10-4 =6. Maksudnya adalah 10 itu adalah jam kita selesai belajar dan 4 adalah jumlah pelajaran besok. Jadi dengan 10 dikurangi 4 sama dengan 6 maka kita tahu jam berapa kita harus mulai belajar. Nah kalo besok ada 3 pelajaran tinggal 10-3 =7. Kalo 2 tinggal 10-2 =8. Kalo tidak ada pelajaran besok? Jangan belajar : ) tapi tetaplah ingat sistem 1 menit istirahat per 15 menit untuk menambah konsentrasimu. Jadi saya selesai belajar juga tidak tentu. Kadang jam 10 lebih 6, 7, 4 dst.

Semoga dengan cara belajar ini clam menambah prestasi saya dan para pembaca setia saya di sekolah. Kalau ada kata-kata yang tidak dimengerti, silahkan berkomentar di bawah ini yah.... Nantikan artikel saya yang lain ya....

7 Pertanyaan yang Membuat Blog Anda Dibanjiri Pengunjung

Pasti anda tahu kan cara membuat blog? Kita sering membuat blog dan kita tulis artikel yang banyak, lalu mengapa blog yang anda buat sepi pengunjung dan bahkan tidak ada pengunjungnya? Kalau begitu, anda perlu menjawab 7 pertanyaan yang perlu anda terapkan di blog anda yang akhirnya akan membuat blog anda diserbu banyak pengunjung. Nah, tanpa basa-basi lagi mari kita simak ketujuh pertanyaan berikut:

  1. Apakah tampilan blog anda professional/menarik?
  2. Apakah anda tidak memasang widget yang tidak dibutuhkan & berlebihan oleh pembaca anda?
  3. Apakah anda sudah menerapkan teknik SEO?
  4. Apakah navigasi di blog anda bagus?
  5. Apakah isi artikel anda dibutuhkan oleh pembaca?
  6. Apakah loading blog anda cepat?
  7. Apakah anda tidak memasang iklan di blog anda secara berlebihan?

Setelah itu yuk, kita simak semua pertanyaan itu:

1. Apakah blog anda professional/menarik?

Nah, inilah hal yang utama dalam sebuah blog. Yaitu tampilan, jika kita memilih template jangan terlalu mencolok misalnya menggunakan background merah atau background hitam dan warna fontnya putih. Jika anda menggunakan backgroundnya seperti yang telah saya sebutkan tadi pasti pengunjung anda langsung kabur. Juga jangan menggunakan template professional tapi loadingnya berat. Hal yang perlu diperhatikan saat memilih template blog adalah:

  1. Background
  2. Tata letak
  3. Navigasi
  4. Paduan warna
  5. Dan yang terpenting ukuran loading templatenya

2. Apakah anda tidak memasang widget yang tidak dibutuhkan & berlebihan oleh pembaca anda?

Ini juga lumayan penting. Memang dengan memasang widget blog akan membuat tampilan blog anda menjadi lebih professional dan canggih. Tapi disarankan untuk memasang widget jangan berlebihan dan seperlunya saja. Memasang widget yang berlebihan dapat membuat loading blog anda menjadi lebih berat. Nah berikut adalah 4 jenis widget yang perlu dipertimbangkan sebelum dipasang di blog anda:

  1. Widget jam dan kalender, untuk apa memasang widget ini? Kan sudah ada jam di pojok kanan bawah Windows.
  2. Widget Alexa, PR dan statistik, jika blog anda memiliki Alexa, Page Rank dan statistik blog yang bagus silahkan pasang untuk membuktikan bahwa blog anda berkualitas namun jika tidak. Jangan dipasang karena akan membuat pengunjung blog anda berfikir bahwa blog anda ‘banyak hantunya’ alias tidak ada pengunjung.
  3. Widget IP Dan Negara asal pengunjung, sebaiknya jangan dipasang karena pengunjung akan merasa dimata-matai.
  4. Widget Shoutbox, mungkin jika blog anda memiliki komunitas besar. Sebaiknya pasang.

3. Apakah anda sudah menerapkan teknik SEO?

Ini yang terpenting dalam meningkatkan pengunjung blog. SEO, ya jika anda telah menguasai tips SEO maka otomatis anda akan mendapatkan pengunjung yang berlipat ganda.

4. Apakah navigasi di blog anda bagus?

Navigasi juga mempengaruhi jumlah pengunjung, jika pengunjung menemukan sebuah artikel blog anda melalui Search Engine dan membacanya kemudian blog anda tidak memiliki related article (artikel yang berhubungan) maka pengunjung blog anda hanya mengunjungi artikel tersebut dan tidak membaca artikel lain.

5. Apakah isi artikel anda dibutuhkan oleh pembaca?

Content Is The King! Artinya isi artikel adalah elemen terpenting yang dibutuhkan oleh pengunjung. Maka dari itu buatlah artikel yang berguna bagi pengunjung blog anda.

6. Apakah loading blog anda cepat?

Saya sudah menjelaskannya tadi. Bahwa jika loading blog anda cepat plus artikel anda berguna/menarik, maka pengunjung blog itu pasti ingin mengunjungi blog anda lagi. Jika loading blog anda lemot/ukuran blognya gede. Pengunjung blog anda akan malas menunggu dan akan keluar dari blog anda untuk mencari artikel di blog lain.

7. Apakah anda tidak memasang iklan di blog anda secara berlebihan?

Ini yang terakhir. Pasanglah iklan jika pengunjung blog anda ramai dan disarankan jangan memasang iklan yang berupa gambar dan menggunakan Google Adsense. Karena para pengunjung blog anda pasti tahu bahwa gambar adalah elemen blog terberat dan akan diblokir menggunakan alat pemblokir iklan gambar (seperti AdBlock). Rugi khan jika anda memasang iklan tidak ada yang mengkliknya/diblok oleh pengunjung blog anda?

Nah itulah 7 Pertanyaan yang Membuat Blog Anda Dikunjungi Banyak Orang. Jika blog anda telah memenuhi kriteria itu tidak mungkin pengunjung anda sepi. Silahkan berkomentar tapi jangan nyepam ya….

Teknologi Sekarang Semakin Canggih

Saat saya membaca majalah Komputek saya melihat perubahan teknologi masa kini yang semakin pesat. Sebuah gadget yang canggih sekarang mudah didapatkan dengan harga terjangkau bagi kelas menengah.

Sekarang bentuk PC tidak seperti dulu (dengan CPU, keyboard, mouse, monitor, dan speaker yang terpisah) kini telah ada PC yang hanya berisi layar sentuh + keyboard dan mouse saja dengan spesifikasi gila-gilaan seperti HP TouchSmart 610 dan 9300 Elite. Dan ada flashdisk yang berkapasitas 256 Gb dengan harga hanya 400 ribu seperti DataTraveler 300. Dan posisi notebook / laptop telah digantikan oleh netbook dan tablet PC (sebuah gadget mirip laptop cuma hanya ada layarnya saja dengan layar sentuh) seperti iPad, Galaxy Tab, Blackbery tablet. Sebagian besar gadget saat ini menggunakan layar sentuh sebagai navigasinya. Tidak hanya tablet PC, juga handphone, MP3 Player, kamera, bahkan televisi pun ada yang dengan layar sentuh dan layar 3D.

Kalau menurut saya.... Saya dukung saja kemajuan teknologi yang sangat pesat ini. Tapi ingat, bagaikan pisau bermata dua (sangat berguna tapi jika disalahgunakan akan menghancurkan) kemajuan teknologi kerap disalahgunakan. Misalnya penipuan di Facebook, jualan online, pembobolan akun yang sangat merugikan kita semua. Jadi saran saya adalah tetaplah mengikuti jaman, tapi ambil yang positifnya saja, yang negatifnya buang jauh-jauh.

Majulah teknologi di Indonesia!

Artisteer (Software Pembuat Template Blog)

logo artisteerApa kabar semuannya….. Sekarang saya akan membahas sedikit tentang software pembuat template blog yaitu Artisteer.
Artisteer adalah software yang digunakan untuk membuat template blog dari Blogger, Joomla, Wordpress, Drupal, DotNetNuke bahkan juga bisa untuk HTML Page. Ada dua versi: Home & Academic Edition dan Standard Edition. Semuanya tidak gratis tapi ada trial editionnya. Kelemahan dari edisi trial adalah jika kita upload template di blog kita, maka akan terdapat tanda watermark di blog kita dan template yang telah kita buat tidak bisa disave.
“Versi terbaru Artisteer” (saat saya menulis artikel ini) adalah versi 2.5. Dan untuk review ini saya gunakan Artisteer 2.5 Standard Edition Full, jadi Artisteer yang saya gunakan adalah bukan trial dan tanpa crack/keygen (langsung beli di artisteer.com). Jika anda ingin mencari crack/keygen Artisteer anda bisa menghubungi Google….:) Karena blog ini sangat menghargai hak cipta orang lain.
Review ArtisteerSaya menemukan software ini dengan perjuangan yang cukup berat (saya mencarinya hampir 3 bulan). Awalnya saya mencari dimana-mana (search engine, forum, yahoo answer, download.com, dll) guna mencari bagaimana cara membuat template blog sendiri. Waktu itu kemampuan saya dalam mengutak-atik blog masih nol (tapi sekarang sudah bisa). Makanya saya mencari template blog gratis. Tapi template blog gratis tersebut tidak sesuai dengan keinginan kita. Terkadang kita cuma mengganti header, footer, icon, gambar, background, dan…. macam-macam lah keinginan saya. Yang paling parah adalah tampilan blog kita dengan blog preview template tersebut sangat berbeda alias amburadul.
Kembali ke Artisteer, artisteer memiliki tampilan mirip office 2007 dan sangat mudah dalam pengoperasikannya (penggunaanya). Tinggal pilih dan klik saja.
Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang fitur dan harga Artisteer. Silahkan baca review terlengkap di Info Komputer. Dan untuk tutorial lengkap Artisteer silahkan kunjungi pusaTTutorial.



Apa itu KOMeleTEK

Pembaca blog saya yang super (seperti sambutan Mario Teguh) tentu saja kenal dengan salah satu blog saya yang bernama KOMeleTEK (komeletek.blogspot.com) yang memberikan update “info komputer” dan ponsel. Tapi banyak teman, saudara, adik, tetangga, orang tua saya dan mungkin juga anda yang bertanya apa itu KOMeleTEK? Dan ada juga yang mengejek 'kal ngeleklek ('mau dimakan' dalam bahasa bali kasar(maafOpen-mouthed smile))'. Saya beritahu, KOMeleTEK adalah singkatan dari KOMputer, ELEktronik, dan TEKnologi yang artinya info seputar komputer, elektronik, dan teknologi. Saya mendapatkan nama itu karena terinspirasi dari majalah komputek, majalah favorit saya. Inginnya saya mengubah blog KOMeleTEK.blogspot.com menjadi tipsinfokomputer.blogspot.com. Tapi karena saya lebih mementingkan SEO, saya hanya mengubah judul blognya dari komeletek menjadi KOMeleTEK (agar tidak salah eja) dan bulan Maret ini berubah menjadi “Info Komputer”. Jika anda punya usul tentang judul “blog info komputer” (harus SEO friendly) silahkan anda berkomentar dibawah ini.

Habis Seminar di Sekolah

Tadi saya pulang sekolah tidak seperti biasa (12 siang) yaitu jam 2 siang. Mengapa? Karena saya mengikuti seminar gratis dari GO (Ganesha Operation) tentang ujian 2012 mendatang. Mereka memberikan prediksi nilai minimal kelulusan, jumlah orang yang tidak lulus ujian, bagian-bagian otak, tips menghafal dan menjawab soal matematika dengan cepat.

Inti dari seminar ini adalah cara belajar sesuai kinerja otak. Otak ada satu dan terdiri dari dua bagian, yaitu oral kiri dan kanan. Otak kiri bertanggung jawab terhadap kemampuan matematis (menghitung, analisis, logis, sistematis) dan verbal (membaca, menulis, berbicara) dan tergolong short term memory (memori jangka pendek).

Otak kanan berurusan dengan irama, musik, imajinasi, emosi, warna, gambar, dan diagram. Bersifat kreatif, tidak teratur dan menyeluruh. Otak kanan tergolong long term memory (memori jangka panjang). Jadi saya diajarkan belajar sesuai cara kerja otak kanan dengan cara mengingat sesuatu dengan cara mengambil huruf depannya dan diubah menjadi kalimat yang mudah diingat.

Di seminar ini juga diberitahukan juga nilai batas kelulusan. Nilai kelulusan sekarang adalah 5,5 dan tahun 2012 nanti naik menjadi 6!

Tujuan utama dari seminar ini hanyalah untuk promosi bimbel GO. Apakah saya akan mengikuti bimbel tersebut? Mungkin saja kalau disetujui orang tua. Dukung saya ya agar saya dapat mengikuti les bimbel tersebut. Di GO cukup bagus lho! Gurunya baik dan professional. Ruangan ber-AC, ada hotspot gratis. Dan yang terpenting materinya yang berbobot dan ada tips mengerjakan soal dengan cepat. Jadi tidak akan rugi deh kalo anda ikut GO yang ada di seluruh Indonesia

Tujuan Hidup Saya

Saya sebagai pelajar dan penulis blog ini memiliki tujuan hidup. tujuan hidup saya adalah ingin menjadi orang yang baik dan berguna baik dalam dunia nyata maupun dunia maya dan tentunya dapat membahagiakan orang tua dan sukses dalam hidup saya kelak nanti. Serta cita-cita saya tercapai. Itulah tujuan hidup saya yang saya tulis di halaman blog ini (maaf terlalu pendek artikelnya).

Tujuan hidup anda bagaimana?

Tujuan Saya Membuat Blog Ini

Pada awalnya, tujuan saya membuat blog ini hanya untuk menshare daftar blog buatan saya serta penjelasannya. Tetapi setelah saya lihat blog ini tidak ada pengunjungnya dan mendapatkan inspirasi dari kerjakeras.com buatan Kusuma Putera. Akhirnya saya memutuskan untuk merubah fungsi blog ini menjadi:

  1. Untuk menshare pengalaman dan apa yang pernah aku kerjakan.
  2. Mereview software dan apapun yang pernah aku coba dengan bekerja sama dengan komeletek.blogspot.com dan pusaTTutorial.
  3. Berbagi dan bersahabat dengan para pembaca setia saya.
  4. Sebagai buku harian saya.

Jadi, sering-seringlah mengunjungi blog ini ya. Untuk mendapatkan update pengalaman saya dan tips yang saya berikan.

Tentang Saya

Nama lengkap saya I Putu Hedi Sasrawan. Saya akrab disapa Hedi. Saya adalah siswa kelas 2 SMP Negeri 5 Denpasar yang menyukai dunia blog, bisnis online, dan serba-serbi tentang komputer dan internet. Saya pertama kali mengenal dunia blogging pada Juli 2010 dan sampai sekarang. Saya lahir di kota Denpasar pada 26 Juli 1997 dari keluarga yang berkecukupan. Saya termasuk orang yang cerdas (kata ibu saya) dan cepat memahami hal apapun yang saya pelajari. Keinginan saya adalah menjadi orang yang berguna bagi warga dunia maya dan dunia nyata. Berikut ini adalah biodata saya:

Nama Lengkap I Putu Hedi Sasrawan
Nama Panggilan Hedi
Alamat Jl. Arjuna, Gang. Bima, No. 11, Br. Ujung Sari, Sading, Mengwi, Badung, Bali
No Telepon 081936247XXX
Email hedisasrawan@xxxxx.com
Hobi (masih dirahasiakan)
Cita-cita (masih dirahasiakan)
Tanggal Lahir 26 Juli 1997
Sekolah SMP Negeri 5 Denpasar
Untuk sementara cuma itu saja ya…. Nanti saya akan mengupdate terus biodata saya… Hanya di Hedi Sasrawan.