Alur Kesuksesan

loading...

alur kesuksesanAdeehh.. Capeknya setelah menghadapi ujian praktek SMP. Tapi walau bagaimanapun, harus Tetap Semangat! kan? Winking smile

Nah, setelah saya menghadapi ujian praktek SMP, saya jadi mendapatkan ide untuk kembali menulis artikel baru lagi. Kali ini tentang Alur Kesuksesan. Alur, dalam pelajaran Bahasa Indonesia ada alur maju dan alur mundur(selengkapnya akan segera hadir di Materi Pelajaran). Tidak seperti drama, novel, dan yang lainnya. Kesuksesan itu selalu memiliki alur maju, tidak pernah alur mundur. Jadi, kita tidak memikirkan apapun masa lalu kita dalam mencapai kesuksesan, baik kalo masa lalu anda baik ataupun buruk. Kita harus berfikir maju, menetapkan langkah jitu untuk mencapai kesuksesan. Apa sajakah itu? Saya memiliki 7 langkah yang kalo dilaksanakan dengan benar dan penuh semangat, niscaya anda pasti akan mempermudah anda untuk sukses. Baiklah, langsung saja kita simak yang pertama:

1. Mimpi

MimpiMimpi yang baik akan menghasilkan keinginan yang baik dan pribadi yang baik. Anda bisa memimpikan seperti menjadi milyarder di usia muda, menjadi pengusaha sukses, atau yang lebih sederhana lagi yaitu ‘menjalani hari esok dengan sangat baik’. Impikanlah yang peluang untuk suksesnya tinggi atau masuk akal, jangan memimpikan hal yang mustahil seperti menghidupkan yang sudah mati. Hahaha.. Open-mouthed smile  Mimpi itu sebenarnya bisa diatur dengan berfikir positif supaya anda tidak mimpi buruk terus dan akan melemahkan anda keesokan harinya. Berbuat yang baik, berfikir yang positif, dan selalu ingat berdoa kepada Tuhan pada siang hari maka mimpi anda akan indah pada malam hari.

2. Keinginan

saya ingin...Di setiap impian pasti ada keinginan. Setelah anda bangun tidur, jika anda bermimpi dan mimpi itu indah, pasti anda akan memiliki keinginan yang tinggi untuk mencapai impian itu dan akan bersemangat untuk menjalani awal hari. Tapi seringkali kita melupakan keinginan itu karena rutinitas yang cukup bahkan sangat sibuk. Lalu, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Caranya dengan mencatat semua keinginan kita dan menjelaskannya di catatan itu. Anda bisa mencatatnya dimanapun(paling bagus di blog/catatan khusus) dan kapanpun(lebih baik saat keinginan muncul, saat itu juga dicatat).

Survei membuktikan, bahwa dari sekitar 100 orang yang ditanya apa keinginannya. Lebih dari setengahnya mengatakan '”tidak tahu”(sebenarnya mereka tahu tapi mungkin mereka jawab gitu karena alasan malu, takut, atau malah benar-benar tidak tahu), sisanya hanya menjawab singkat dan hanya 2 orang yang menjawab dengan sangat lengkap apa keinginannya. 10 tahun kemudian, mereka ditanya lagi, ternyata hanya 2 orang yang menjawab dengan langkap tadi yang sukses menggapai keinginannya. Jadi, sebut/tuliskanlah semua keinginan anda dan jelaskanlah.

3. Rencana

rencanaDibalik kesuksesan pasti ada rencana yang baik dan matang. Rencana yang baik pasti membawa hasil yang baik pula. Jadi, buatlah rencana untuk mewujudkan keinginan anda. Anda bisa membuatnya berdasarkan catatan keinginan anda yang sudah lengkap itu. Rencanakanlah dari yang pertama sampai yang terakhir. Selipkan juga doa diantaranya karena yang akan menjadi penuntun utama kita adalah Tuhan. Buatlah orak-orek dan berfikir matang-matang saat membuat rencana supaya tidak gagal dan menyesal dikemudian hari. Rencana adalah penunjuk arah utama menuju kesuksesan. Jadi, buatlah rencana yang matang.

4. Persiapan

persiapanPersiapan yang baik akan membantu dan mempermudah anda untuk melewati jalur menuju kesuksesan. Siapkanlah segala yang dibutuhkan baik persiapan dari dalam(termasuk mental dan skill) maupun luar dengan sangat siap jika memungkinkan. Lebih baik juga jika anda tidak terlalu memaksakan diri anda untuk memenuhi segala persiapan. Gunakanlah apa adanya dan bersyukur juga. Karena jika anda stress karena belum siap maka itu hanyalah akan menjadi penghalang anda dalam menuju kesuksesan. Jadi, siapkan segala yang dibutuhkan sesuai kemampuan anda.

5. Percaya Diri

percaya diriJika anda tidak percaya diri, maka semua rencana dan persiapan anda hanyalah sia-sia saja. Beranilah karena tidak ada seorangpun yang berani membunuh anda hanya karena anda gagal(karena sudah ada HAM). Janganlah terlalu memikirkan resiko dan hasil akhirnya, yaa bagus kalo anda memikirkan yang baik, tapi kalo buruk terus gimana? Pastinya semangat menuju kesuksesan akan hilang hanya karena anda tidak percaya diri. Padahal lagi sedikit aja anda akan sukses. Janganlah takut gagal karena gagal itu adalah anugerah untuk membenahi apa yang membuat kita gagal.

6. Yakin

yakinMasih ingatkah anda dengan prinsip 5Y saya yang belum pernah gagal itu? Apa sajakah 5Y itu? yaitu Yakin, Yakin, Yakin, Yakn, dan Yakin. Pegang teguh prinsip itu setelah anda selesai mengerjakan apa yang seharusnya anda kerjakan. Berdoa dan yakinlah bahwa hasil kerja kita akan baik dan membawa kita pada kesuksesan. Jika anda yakin, maka perasaan ‘deg2an’ itu akan hilang.

7. Bersyukur

bersyukurIni yang terakhir, bersyukurlah kepada Tuhan terhadap apapun hasil kerja anda(walaupun itu baik maupun buruk). Sebenarnya yang patut kita syukuri bukan hasilnya, melainkan cara kita untuk mencapai posisi(langkah ketujuh) ini. Bersyukurlah walau anda gagal dan jangan sombong saat berhasil(lebih baik lagi kalo kita berbagi cara sukses kita). Yakinlah jika anda gagal maka penyebab kegagalan itu akan hilang jika anda berusaha sekali lagi.


Itulah ‘mungkin’ langkah-langkah yuang terbaik untuk mencapai kesuksesan. Lagi satu, ingatlah untuk selalu bersabar karena orang sabar disayang tuhan. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Tetap Semangat! Open-mouthed smile

 

HdS Smile

loading...

2 comments:

close