Cara Mendapatkan Inspirasi Artikel

inspirasiDiantara para pembaca setia HdSBlogTips pasti sudah memiliki minimal sebuah blog. Yang paling utama dan dicari-cari dari blog adalah artikelnya. Blog yang berkualitas adalah blog yang artikelnya juga berkualitas dan rajin diupdate. Sekarang kita akan berfokus pada kata 'rajin diupdate' dulu. Nah, agar blog kita rajin diupdate kita harus memiliki ide untuk menulis dan untuk mendapatkan ide menulis artikel kita harus mendapatkan inspirasi. Lantas, bagaimana cara untuk mendapatkan inspirasi itu? Sekarang saya akan membahas tentang cara mendapatkan inspirasi untuk menulis artikel. Langsung saja kita simak selengkapnya.....

 

Inspirasi memberi kita kemudahan untuk mendapatkan ide. Untuk mendapatkan inspirasi kita harus mencari sumber inspirasi. Beberapa diantaranya adalah:

1. Buku

membaca bukuBuku adalah gudang ilmu. Dengan membaca buku, kita mendapat banyak sekali inspirasi. Maka dari itu, rajinlah membaca buku. Terutama buku-buku yang berhubungan dengan tema/topik blog anda. Misalnya blog anda bertema otomotif, anda seharusnya lebih rajin membaca buku bertema otomotif. Jika tema blog anda tentang Photoshop, bacalah buku tentang tutorial Photoshop. Dan sebagainya. Dengan itu, kita mendapatkan inspirasi untuk membuat artikel baru dan semakin banyak membaca, semakin banyak kita mendapatkan inspirasi dan semakin banyak kita bisa membuat artikel.

“Dengan membaca buku, kita mendapat banyak sekali inspirasi. Maka dari itu, rajinlah membaca buku”

2. Blog dan website lainnya

internetanJangan sungkan atau merasa sok untuk mengunjungi blog orang lain yang setopik dengan kita. Meskipun mereka adalah saingan kita, tidak ada salahnya kan kita mengunjungi website mereka untuk sekedar mencari inspirasi dan blogwalking. Menjauhi pesaing hanya akan menjauhi kita dari perkembangan. Anda bisa membaca artikel mereka dan menulis ulang artikel tersebut tanpa membaca lagi artikel tersebut. Juga ingat, jangan sekali-kali anda mendapatkan artikel dari mencopy-paste dari blog/website lain. Lebih baik lagi jika anda menambahkan sedikit supaya artikel anda memiliki beberapa kelebihan daripada artikel di blog lain atau anda menulis ulang dari 2 atau lebih artikel di blog lain dan menggabungkan beberapa kelebihannya. Dengan itu, artikel anda akan lebih berkualitas dibandingkan dengan blog lain.

“Menjauhi pesaing hanya akan menjauhi kita dari perkembangan”

3. Narasumber

berwawancaraAnda bisa mewawancarai seorang narasumber yang ahli dibidang topik blog anda. Untuk itu, anda cukup memiliki pengetahuan dasar untuk mewawancarai seseorang. Anda bisa mendaptkan dasar-dasarnya di toko buku atau di internet. Dengan membuat artikel berdasarkan narasumber terpercaya dan ahli dibidangnya, artikel anda akan semakin berkualitas dan terpercaya. Semakin banyak artikel blog anda yang berkualitas dan terpercaya, maka semakin banyak juga para pengunjung blog anda yang percaya dengan isi blog anda. Itu akan membawa keuntungan tersendiri bagi anda.

“membaca yang baik adalah awal dari menulis yang benar”

Ingat kata ini saat ingin menulis 'membaca yang baik adalah awal dari menulis yang benar'. Silakan anda mengikuti ketiga tips tersebut. Semoga berhasil dan happy blogging! :D

Tetap Semangat!

HdSBlogTips

loading...

14 comments: