Memulai Blogging: Menulis Sebanyak2nya

MenulisSalah satu elemen terpenting dan dicari-cari di blog adalah artikelnya. Sama seperti hewan yang elemen yang paling dicari adalah dagingnya. Jadi, alangkah baiknya saat kita memulai blogging adalah dengan menulis artikel sebanyak yang kita mampu. ‘mampu’ yang saya maksud adalah mampu waktu, mampu tenaga, mampu pikiran, dan mampu uang (untuk biaya listrik dan data internet). Terus, bagaimana caranya menulis artikel sebanyak mungkin? Langsung saja kita simak selengkapnya.

Cobalah memulai menulis 2 artikel pertama anda. Dan lakukan itu dalam waktu 1 hari. Selanjutnya(besok) tulis 3 artikel dan seterusnya sampai anda mampu menulis 10 artikel per hari. Jika anda bisa mencapai target maksimal. Maka sangat mudah anda untuk mencapai kesuksesan di dunia blogging. Tapi ingat, jangan sekali-kali anda menyalin artikel dari blog lain mentah-mentah dan langsung ditempel ke blog anda. Itu hanya membuat blog anda tersingkir dari search engine.

“sukses didapat dari awal yang baik dan selalu baik untuk seterusnya”

mencatatLalu, bagaimana jika anda belum memiliki ide untuk menulis? Ide itu datangnya selalu tiba-tiba disaat yang tidak tepat. Jadi, bila kita memiliki sebuah ide, jangan diingat, langsung ketik. Tetapi, bagaimana bila anda berada di luar sehingga komputer/laptop anda tidak dapat dijangkau? Itulah gunanya notebook(buku catatan kecil) atau handphone. Anda bisa membeli buku catatan kecil yang berukuran saku lengkap dengan alat tulisnya atau anda bisa menggunakan fitur catatan pada handphone anda. Jadi, bila anda tiba-tiba memiliki ide, anda bisa langsung menulisnya sebagai catatan dan diteruskan ke blog anda. Ini bertujuan agar anda tidak lupa dengan ide itu. Karena ide mudah datang, mudah pergi.

“Membaca adalah salah satu cara untuk membuka ide”

membacaTapi, bagaimana jika anda sama sekali tidak memiliki ide? Cobalah dengan membaca buku atau blog yang setema dengan anda. Membaca adalah salah satu cara untuk membuka ide. Setelah anda membaca(lebih baik lagi jika anda membaca dan memahaminya), baru anda akan menemukan inspirasi untuk menulis atau menulis ulang bahan bacaan tersebut di blog anda. Tentunya tanpa melihat bacaan tersebut, tujuannya untuk menghindari kesamaan isi artikel. Ingat, awal dari menulis yang baik adalah membaca dengan benar(‘benar’ yang dimaksud adalah membaca dengan memahaminya).

“awal dari menulis yang baik adalah membaca dengan benar”

Jika cara/teknik untuk mendapatkan ide menulis artikel blog sudah anda dapatkan. Sekarang, anda bisa memulai untuk menulis artikel sebanyak-banyaknya dan jika anda melakukannya secara rutin dan tekun, niscaya anda akan sukses di bulan pertama blog anda diluncurkan. Tapi satu yang terpenting, jangan terlalu menghabiskan waktu anda di blog, berbagilah waktu untuk keluarga anda, teman anda, pekerjaan anda, dan kewajiban anda di sekolah. Itu akan membawa ‘double’ kesuksesan bagi anda.

 

Tetap Semangat!

HdS

loading...

4 comments:

  1. "Tapi ingat, jangan sekali-kali anda menyalin artikel dari blog lain mentah-mentah dan langsung ditempel ke blog anda. Itu hanya membuat blog anda tersingkir dari search engine."

    bener bngt niih gan, kalo terpaksanya copaspun, minimal wajib menyertakan sumbernya. yang ngenes dan parah tuh copas abis, link sumbernya dihapus semua, dan diakui punya dia.

    btw tulisannya cukup menginspirasi, jadi nambah semngt buat nulis ni #sayang blm mampu 10 artikel perhari ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali. Terkadang, masih banyak Blogger yang suka mencopas mentah2 artikel dari blog lain tanpa menghargai hasil karyanya.

      Hehe.. Maaf, dulu blog saya rutin 10 artikel per hari. Tapi karena saya sangat sibuk menghadapi TPA SMA, terpaksa saya lebih mengutamakan tugas saya sebagai siswa.

      Terima kasih | Tetap Semangat!
      Hedi Sasrawan

      Delete
  2. ap gag di anggap spam gan tuh artikel banyak banget dalam sehari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gini tipsnya:

      jika blog Anda masih berusia 1 minggu. Sebaiknya hanya tulis 1 atau 2 artikel saja per hari. Tujuannya supaya Google lebih mudah mengenal blog kita. Nanti kalo blognya udah lebih dari 2 minggu baru bisa bikin 10 artikel per hari :)

      nggak ada yang namanya nyepam di search engine. Kecuali jika copas mentah-mentah baru tidak dibaca oleh Google :)

      Delete