Tips Menghadapi UN: Belajar Sebelum Ujian

untuk menghadapi UN dengan baik, kita harus belajar jauh-jauh hari sebelumnya. Setidaknya darii 4 bulan sebelum ujianAkhirnya Ujian Nasional SMP 2012 telah selesai. Saya patut bersantai sejenak. Tetapi sekarang gilirannya adik-adik kelas 5 SD, kelas 8 SMP, dan kakak-kakak kelas 11 SMA akan beranjak naik kelas dan bersiap-siap menghadapi Ujian Nasional 2013 . Salah satu pertanyaan yang paling umum ditanya saat mendekati ujian adalah 'Bagaimana yaa cara untuk menghadapi ujian dengan santai dan tenang tapi menguasai semua materi yang diujikan?'. Ada banyak tipsnya, salah satunya adalah mempersiapkan diri sejak bulan Januari atau sekitar 4 bulan sebelum ujian. Sekarang, saya yang telah mulai mengisi blog ini sejak 28 April 2012 akan menuntun anda mulai dari 4 bulan sebelum ujian hingga sehari sebelum ujian berlangsung. Langsung saja kita simak yang pertama:

4-2 Bulan Menjelang UN

bentuklah kelompok belajar anda saat menghadapi UN. Tapi harus tetap fokus dengan tujuan anda belajar kelompok. Yaitu lulus UN dengan nilai memuaskanIni adalah masa saat awal semester 2. Yaitu pada bulan Januari dan Februari. Manfaatkan waktu yang baik ini untuk belajar materi yang akan diujikan. Tapi tetap mempelajari materi-materi yang pokok dimasukkan di rapor seperti IPS, PKn, pendidikan agama, bahasa daerah, seni budaya, dan lain sebagainya. Akan lebih baik lagi jika selama 2 bulan ini anda lebih fokus kepada materi pokok. Ini bertujuan supaya saat ujian sekolah nanti akan lancar dan nilai rapor juga besar. Mulailah mengikuti kegiatan belajar dengan kelompok belajar anda atau mengikuti bimbingan belajar jika memungkinkan di segi biaya. Cara belajar yang terbaik selama bulan-bulan awal ini adalah dengan santai dan rutin melakukan latihan soal / try out setidaknya dua minggu sekali.

2 Bulan-3 Hari Jelang UN

ushakanlah untuk fokus saat belajar menghadapi UNSekarang saatnya memulai persiapan yang lebih matang! Pindahkanlah fokus anda dari fokus belajar materi umum menjadi belajar materi yang diujikan apalagi setelah ujian sekolah berakhir. Belajarlah dengan lebih serius tapi tetap santai. Sekarang alokasikan waktu untuk melakukan simulasi UN. Contohnya adalah: Lakukan simulasi UN menggunakan hari dan jadwal yang sama seperti jadwal UN yang sesungguhnya misalnya Senin dapat Bahasa Indonesia, Selasa dapat Bahasa Inggris, dan seterusnya. Juga kerjakan itu selama 2 jam dan anda akan berhenti mengerjakan soal tepat setelah 2 jam. Belajar lebih serius, kurangi waktu bermain / santai anda dan menentukan waktu santai yang tepat seperti Malam Minggu dan hari Minggu kecuali Minggu Malam. Kurangi juga menekuni hobi anda. Dan selanjutnya sama seperti tips saat 4-2 bulan jelang UN.

3-1 Hari Jelang UN

Peralatan UN yang terdiri dari pensil, pulpen, penajam pensil, alas, penghapus, dan penggaris UN

3-1 hari jelang UN. Berarti tinggal 3 hari tersisa sebelum UN. Yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Sekarang, kita gunakan hari Jumat untuk mengingat sedikit(sekali) apa yang telah anda pelajari dan gunakan hari Sabtu dan Minggu untuk bersenang-senang atau tidak melakukan aktivitas(tentunya aktivitas selain belajar yang tidak membutuhkan banyak pikiran). Pahami juga aturan dan jadwal UN. Lengkapi segera alat-alat tulis untuk menunjang UN. Buatlah check list tentang daftar alat tulis yang harus anda bawa saat UN. Ini dia:

2 buah pensil 2B

1 buah pulpen/bolpoin

1 buah penghapus

1 buah sharpener atau penajam pensil

1 buah alas(sebaiknya yang berbahan aryclic karena tidak licin seperti kaca dan tidak mudah pecah atau rusak seperti plastik)

1 buah penggaris yang ada lubang untuk membantu menghitamkan jawaban di LJUN(Lembar Jawaban Ujian Nasional) dengan rapi

tisu(jika diijinkan) untuk membersihkan LJUN secara lebih halus setelah menghitamkan jawaban dan menghapus. Ini lebih baik ketimbang meniupnya atau menyapunya dengan tangan karena debu bekas penghapus / pensil pasti akan mudah menempel di kertas dan membuat LJUN kotor. Tapi jangan gunakan tisu ini untuk berbuat curang yaa…


Itulah tips belajar sebelum ujian. Semoga sukses dan semua lulus dengan NEM yang baik di tahun 2013 juga 2012. Ingat, kerja keras ditambah kejujuran akan menghasilkan suatu hasil yang dahsyat!

tidak ada yang tidak mungkin jika anda berusaha. Mulailah dari sekarang!

Tetap Semangat!

Catatan Harian Hedi Sasrawan

tetap kunjungi hedisasrawan.blogspot.com yaa

loading...

1 comment: