3 Kesalahan dalam Menabung

“Aku sudah mengikuti cara menabung yang benar, tapi kok tabunganku gak nambah-nambah terus yaa?”

Anda pasti sering bertanya seperti itu kan? Yap, saya juga. Hehe. Mungkin cara menabung anda salah sehingga jumlah tabungan anda segitu-segitu saja. Trus, apa saja kesalahan dalam menabung? Yuk, langsung saja kita simak selengkapnya…..

Pernahkah anda mengambil tabungan anda untuk belanja? Pasti sering bukan jika anda menyimpannya dalam dompet atau bank. Saya juga pernah begitu. Seringkali kita tidak pernah menyadari dan mengira bahwa tabungan kita banyak. Jadi, lama-kelamaan uang tabungan kita akan semakin menipis bahkan habis. Jika kita mengambil uang di bank, mungkin untuk beli gadget terbaru atau yang lain. Itu karena faktor godaan dan itu susah untuk dihindari.

Solusinya, cobalah untuk menabung di tempat yang agak susah untuk mengambilnya kembali. Seperti celengan, dijadikan emas, atau untuk diinvestasi. Atau dengan menahan diri dari gaya hidup mewah atau terlalu memaksakan diri untuk mengikut trend. Jika kita menabug tapi tetap ingin hidup mewah sekarang berarti sama saja bohong. Tabungan kita tidak akan bertambah dan jaminan masa depan menjadi tidak menentu.

Seringkali aksi pencurian membuat tabungan kita hilang. Seperti aksi bobol rekening yang membuat tabungan kita ditarik oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Atau celengan dan emas kita dibobol maling. Akibatnya uang yang telah kita kumpulkan akan habis sia-sia. Untuk itu, simpanlah celengan dan emas anda di tempat yang aman dan lindungi rekening anda sesuai prosedur keamanan dari bank.

Tapi, arti menabung yang sesungguhnya itu bukanlah pelit atau kikir. Kita harus tetap memenuhi kebutuhan pokok dan jasmani seperti refreshing dan lain-lain. Kita juga harus tetap bisa bersedekah karena bersedekah bisa menambah rejeki kita. Gunakanlah tabungan disaat benar-benar dibutuhkan dalam keadaan terdesak. Jika kita terus menerus menimbun kekayaan kita tanpa digunakan sama sekali, maka tidak ada gunanya kita kaya. Tapi, gunakanlah dengan bijak untuk kebaikan kita semua.

3 kesalahan dalam menabung yaitu:

  1. Godaan menggunakan tabungan kita untuk membeli kebutuhan tersier
  2. Tidak bisa menjaga dan melindungi tabungan dengan baik
  3. Tidak pernah menggunakan tabungan walaupun disaat penting dan terdesak atau terlalu kikir dan pelit.

Tetap Semangat! |

loading...

3 comments:

  1. yang aman nanbung di bank tapi gk usah pake atm gan.. kan susah plus malas tu klo harus ambil ke bank.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, tambahan yang sangat bagus. Makasi yaa... :)

      Tetap Semangat!

      Delete
  2. saya copy paste postingannya ya? buat tugas :D postingannya bagus-bagus semua :D

    ReplyDelete