5 RAHASIA Supaya Buku Terbaca HABIS

buku terbaca habis Buku adalah salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan pengetahuan. Apalagi sekarang buku itu sangat mudah dicari dan semakin beragam jenisnya mulai dari hobi, edukasi, bisnis, dan motivasi. Kini dengan teknologi yang canggih, buku bisa terbit dalam jumlah besar dengan harga murah dan tentu saja isinya tetap menarik. Nah, apabila anda telah lama membeli sebuah buku dan sampai sekarang buku tersebut belum habis anda baca. Kini saya akan mencoba memberikan tipsnya sesuai pengalaman saya. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Belilah dua buku sekaligus

Ini adalah cara yang menurut saya sangat bagus. Usahakanlah agar saat anda ingin membeli buku, belilah juga sebuah buku lain dengan topik yang berbeda dari buku yang anda beli sebelumnya. Seperti saat anda membeli novel, belilah juga sebuah buku motivasi. Mengapa begitu? Karena menurut saya, membeli dua buku sekaligus itu bisa menghilangkan kejenuhan saat membaca sebuah buku. Hampir setiap orang tidak bisa fokus menghabiskan satu buku baru habiskan buku yang lain. Maka, banyak orang yang tidak menghabiskan bukunya karena bosan.

Dengan membeli dua buku sekaligus, anda bisa membacanya secara berselang setiap satu bab. Misalnya, anda telah membaca satu atau dua bab sebuah novel. Jika anda telah bosan, bacalah buku yang bertopik berbeda.

Catatan: Ini tidak berlaku untuk buku pelajaran sekolah

2. Bacalah sampai satu bab habis

Jika anda membaca buku, usahakan agar satu bab atau lebih habis dalam sekali duduk. Usahakan agar tidak berhenti di pertengahan bab. Kenapa? Karena jika anda hanya menyelesaikan separuh dari bab tersebut. Maka, anda akan lupa pada pembahasan di awal bab dan menyebakan anda harus mengulanginya lagi. Itulah yang membuat anda malas membaca dan pada akhirnya buku yang anda beli itu tidak habis terbaca.

Catatan: maaf bila paragraf di atas agak membingungkan

3. Agar lebih menarik, baca juga kata pengantar, daftar isi, bagian depan dan belakang buku.

Biasanya, seluruh elemen buku selain isi memuat kalimat yang menarik anda untuk membacanya. Jadi, saat anda membeli buku, usahakan supaya anda juga membaca setiap elemen pembuka buku itu. Karena, itu bisa ‘menggugah’ anda untuk menghabiskan buku itu.

4. Bacalah ditempat yang ternyaman: TEMPAT TIDUR! Open-mouthed smile

Tempat tidur adalah salah satu tempat terbaik saya untuk membaca buku. Apalagi situasi di tempat tidur saya itu tenang dan sejuk ditambah view persawahan yang sangat indah. Nyamannya tempat tidur dan hijaunya pemandangan membuat semangat dan konsentrasi saya untuk belajar dan membaca buku meningkat. Bagaimana dengan anda? Open-mouthed smile

5. Bacalah saat situasi tenang

Selain nyaman, salah satu syarat membaca yang baik adalah tenang. Tenang yang saya maksud disini adalah kondisi disekitar anda. Sebaiknya anda tidak membaca buku disaat kumpul-kumpul bersama teman atau keluarga. Selain lebih beretika, jika anda membaca disaat tersebut maka konsentrasi anda akan hilang dan terputus di tengah bab.

Itulah 5 tips saya agar buku terbaca habis. Untuk penulis buku, saya sarankan agar satu bab itu tidak terlalu panjang supaya para pembacanya tidak bosan membaca satu bab yang sangat panjang.

 

Tetap Semangat!

tetap kunjungi hedisasrawan.blogspot.com yaa

No comments:

Post a Comment