8 Cara Membuat Artikel Berseri yang Baik dan Benar

loading...

artikel Artikel berseri adalah artikel yang bersambung atau memiliki kelanjutan. Biasanya cirinya pada judul ada tulisan “bagian 1” atau “part 1”. Tulisan berseri punya fungsi untuk memelihara ketertarikan dan rasa penasaran pengunjung. Juga untuk menyambungkan artikel yang kita buat terlalu panjang. Pengunjung akan menanti kelanjutan artikel tersebut dan terus berkunjung ke blog anda. Dengan begitu bisa dipastikan traffic blog anda akan selalu berlimpah.

Bagi anda sebagai pemilik blog, menulis artikel berseri juga memudahkan. Karena anda tak harus langsung membuat artikel yang sangat panjang. Selain itu anda punya waktu lebih banyak untuk memperdalam dan mengembangkan materi yang akan anda tulis.

Apakah menulis artikel berseri sulit? Tidak juga. Berikut ini tips membuat artikel berseri yang baik dan benar. Langsung saja kita simak yang pertama:

  1. Pikirkanlah tema yang akan anda tulis. Pastikan tema tersebut bisa dijadikan artikel yang bisa di ‘seri’ kan.
  2. Rancang bagian-bagian artikel. Tentukanlah kira-kira yang akan anda isikan di seri 1, seri 2, dan seterusnya. Pastikan agar sesuai dengan tema yang telah anda tetapkan.
  3. Tetapkanlah waktu kapan anda akan memposting artikel seri 1 dan seterusnya. Tepailah janji waktu anda tersebut supaya para pembaca tidak merasa dibohongi. Biasanya 2-3 hari sekali.
  4. Penulisan judul harap sesuai dengan aturan penulisan judul dan pastikan anda telah menambahkan kata sejenis ‘part 1’ di belakang judul yang sesuai dengan bagiannya.
  5. Selain di dalam judul. Ingatkan juga para pembaca anda bahwa artikel anda memiliki seri di bagian artikel anda terutama bagian akhir. Isikan kata ‘lanjut ke part 2’ dan beri link ke artikel seri 2. Itu akan semakin membuat para pembaca anda penasaran dengan isi artikel selanjutnya.
  6. Boleh berubah dari ide awal? Boleh, tapi tentunya tanpa mengabaikan serial yang sudah anda publikasikan. Yang penting, jika anda rasa ide baru itu lebih bagus, silakan ubah rancangan kelanjutannya.
  7. Idealnya, kita membuat artikel dengan maksimal 5 seri. Karena jika terlalu panjang, para pembaca anda akan merasa bosan dan lari dari blog anda.
  8. Jangan lupa pasang link di menuju artikel sebelumnya. Pasang link dalam kata ‘sebelumnya’ atau ‘kembali ke seri 1’. Ini berguna untuk memudahkan pembaca untuk menemukan artikel anda yang sebelumnya. Ini bisa meningkatkan PageView blog anda jika pembaca anda mengklik artikel seri sebelumnya.

Itulah 8 cara membuat artikel berseri yang baik dan benar. Jika panjang artikel anda melebihi ideal panjang artikel, bagilah mereka menjadi beberapa seri. Tentunya dengan pembagian yang rata supaya nyambung dan membuat pembaca anda semakin penasaran. Semoga sukses.

 

Tetap Semangat! | Tips Blog

loading...

5 comments:

  1. siip (y) Terima kasih
    Tetap Semangat!

    ReplyDelete
  2. Terimakasih akhirnya ada yg share tips-tips menulis berseri :D

    ReplyDelete
  3. Sip deh.. kalo gitu saya ijin share ya gan :)

    ReplyDelete