Mengapa Gaji Orang Jepang Sangat Tinggi?

gaji Gaji rata-rata orang Jepang bisa mencapai puluhan juta Rupiah(bila dirupiahkan) per bulan. Padahal fisik dan tubuh orang Jepang sama saja dengan bangsa lain, bahkan rata-rata mereka kidal dan bertubuh pendek. Kekayaan alamnya juga tidak seberapa tidak seperti Indonesia yang sangat kaya akan SDM dan SDA. Jepang juga pernah mengalami keterpurukan terbesarnya saat Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki sehingga sejak itu negara Jepang mengalami kehancuran. Lalu, mengapa Jepang bangkit begitu cepat dan pendapatan perkapitanya saat ini merupakan salah satu yang tertinggi di dunia. Mengapa Indonesia dan bangsa lain, yang jauh lebih kaya, dan jauh lebih banyak penduduknya tidak bisa seperti Jepang? langsung saja kita simak selengkapnya…..

Kemampuan orang Jepang sama saja dengan kemampuan orang Indonesia. Bahkan setelah Jepang dibom atom, banyak penelitian yang mengungkap bahwa Jepang tidak akan mampu bangkit lagi dan akan menjadi negara gagal. Setelah itu, Jepang menjadi negara yang paling ‘dicuekin’ di dunia. Apalagi negara jajahannya yang sangat membenci Jepang. Namun, dunia dikagetkan dengan pertumbuhan ekonomi Jepang yang sangat baik bahkan pada tahun 1978, pendapatan per kapita orang Jepang lebih tinggi daripada pendapatan perkapita orang Amerika Serikat. Walaupun mata uangnya, Yen. Nilainya lebih rendah dibandingkan Dolar Amerika.

Pengeluaran di negara Jepang memang tergolong tinggi. Namum negara itu masih mampu mempertahankan kedudukan sebagai penguasa perekonomian dunia. Di saat produktivitas negara Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa mengalami penurunan. Produktivitas negara Jepang malah mengalami peningkatan yang signifikan. Orang Jepang dikenal sangat cepat, disiplin, cekatan, dan sangat menghargai waktu. Bahkan, 1 orang Jepang mampu membuat sebuah mobil dalam waktu satu hari. Padahal 1 orang Inggris hanya mampu memproduksi sebuah mobil bernilai sama dalam waktu 47 hari. Dengan begitu, Jepang bisa membangun kembali ekonominya dengan cepat setelah kekalahanya dalam Perang Dunia 2.

Orang Jepang rata-rata mampu mengerjakan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh 14 orang negara lain dengan hanya menggunakan 3 orang saja dalam waktu dan kualitas yang sama bahkan lebih bagus. Maka dari itu, biaya untuk menggaji orang yang seharusnya dibagi 14 orang hanya dibagi untuk 3 orang saja. Misalnya jika dana untuk mengupah buruh sebanyak 15 juta Rupiah. Jika dibagi 14 orang, maka masing-masing orang mendapatkan upah hanya sekitar 1 juta Rupiah. Sedangkan Jepang yang hanya memerlukan 3 orang pekerja saja, maka mereka masing-masing dibayar 5 juta Rupiah.

Itulah mengapa orang Jepang rata-rata mendapat gaji yang jauh lebih besar dibandingkan gaji di negara lain. Mereka tidak banyak bicara dan bertingkah saat bekerja. Yang terpenting bagi mereka adalah persiapan bahan dan instruksi yang telah jelas, setelah itu mereka langsung mengerjakan tugasnya.

Orang Jepang lebih mengutamakan kecepatan dan kualitas hasil kerjanya daripada gaji dan bonus yang diterima. Berbeda dengan kebanyakan negara di Asia, mereka rata-rata lebih mengejar gaji dan bonus sedangkan pekerjaannya saja kurang dikerjakan dengan baik.

Sebaiknya kita patut belajar dari Jepang dalam hal cara kerja. Walaupun awalnya gaji yang kita terima sedikit, lama-lama pasti ‘bos’ kita sadar bahwa anak buahnya bekerja dengan sangat bagus dan gaji juga bonus kita akan ditingkatkan.

 

Tetap Semangat!

Artikel Motivasi

loading...

19 comments:

  1. Oh itu alasannya orang jepang gajinya tinggi-tinggi
    kalau kita bisa bekerja seperti orang jepang, apakah kita juga digaji kaya mereka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja. Asal jika managernya juga peduli.

      Ini pendapat saya. Terima kasih sudah berkomentar.

      Tetap Semangat!

      Delete
  2. saya rasa, gaji orang jepang itu tinggi karena kebutuhan hiduo di sana juga tinggi. Gimana menurut agan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga kebutuhan disana tergantung oleh nilai mata uangnya. Jika rata-rata gaji/pendapatan tinggi di suatu negara, maka harga kebutuhan juga ikut naik sedikit demi sedikit. Tapi penduduk Jepang tidak mengeluh dengan kenaikan harga, yang terpenting bagi mereka adalah bagaimana cara agar gaji pokok tidak hanya cukup untuk membeli kebutuhan pokok.

      Terima kasih banyak atas tambahannya :)
      Tetap Semangat!

      Delete
    2. Kalau boleh nambahin Jepang dari 10 tahun ini malah mengalami deflasi(penurunan harga), jadi tidak ada kenaikan harga di yang signifikan di Jepang..
      CMIIW

      Delete
  3. nice artikel nih..
    semoga orang indonesia bisa seperti orang jepang.
    terima kasih udah sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya yakin Indonesia bisa seperti Jepang karena semangat gotong royong dan kerja keras orang Indonesia yang tinggi. Namun ini juga harus didukung oleh pemerintah dengan memberikan fasilitas yang memadai dan layak bagi rakyatnya :)

      Samasama. Makasii juga :)

      Delete
  4. hufh.. jepang memang negara yg menginspirasi saya :D

    ReplyDelete
  5. iya kalau bosnya nyadar mau nggaji. kebanyakan malah dimanfaatkan, tuh! kinerja orang indonesia selalu dikritik. gimana kerja bagus kalau gaji nggak bagus? orang yang kinerjanya buruk tapi beruntung gajinya naik terus. liat tuh, DPR! yang kerja bener ditindas terus.jangan kira buruh-buruh indonesia itu malas2!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tampaknya etos kerja para pemerintah dan pejabat harus diperbaiki deh supaya rakyatnya menjadikan mereka contoh yang baik.

      Delete
  6. yah betul sekali.. sdh 5 tahun saya bekerja dengan orang jepang walaupun kadang dongkol juga inget sejarah penjajahan di jaman jepang..... Mereka memang dalam bekerja tak kenal lelah dan sangat menghargai waktu.... Buat kita yang pribumi tetap semangat dan terus bersemangat......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka sejak jaman Restorasi Meiji memang begitu. Itulah yang membuatnya menjadi negara yang terkuat di Asia.

      Kita patut mencontoh Jepang. Jika Jepang bisa, kita pasti bisa! Karena dia dan kita sama-sama manusia :)

      Delete
  7. subhanallah, aku ingin bgtz kerja di jepang . Tapi buat ongkosnya mahal bgtzl 20-25 jt. Satu bulan gaji. . . Tapi semangat lah. Moga tercpai. Amiin ya allah.

    ReplyDelete
  8. Sampai saat ini sy masih bekerja di sebuah perusahaan Jepang.Klo sy perhatikan org Jepang memang sangat disiplin dlm hal bekerja.Kecepatan bekerja dlm mencapai Target dan kualitas sebuah produksi sangat di perhatikan.Mereka ingin org Indonesia minimal sama dlm hal bekerja.Ya klo gaji yg diterima oleh org Indonesia nilainya sama saja dengan org Jepang, sy rasa org Indonesia akan lebih hebat dari pada org Jepang itu sendiri.Lha wong utk minta kenaikan gaji pertahun + Bonus saja gak maksimal, gimana para pekerja Indonesia mau bersemangat dlm hal bekerja.

    ReplyDelete
  9. Sayapun sering bekerja dengan orang jepang, apabila anda juga mw brpenghasilan tinggi, yg terpenting perbaiki kualitas pekerjaan anda, kebanyakan seseorang itu bekerja hanya berusaha mengejar target, tetapi kualitas tidak di utamakan. Sekian.

    ReplyDelete