5 Widget yang Sebaiknya Tidak Dipasang di Blog Anda

widget blog Memasang widget dalam rangka mempercantik blog memang sangat menyenangkan. Tapi sebaiknya pasang sesuai kebutuhan supaya tidak malah mejadi ‘senjata makan tuan’ seperti blog anda menjadi semakin berat untuk dimuat maupun pengunjung menjadi takut. Ada banyak sekali widget yang berguna untuk blog kita. Tapi ada juga beberapa widget yang sebaiknya tidak dipasang di blog anda. Apa sajakah widget yang sebaiknya tidak dipasang di blog anda? Kali ini tips blog akan membahasnya. Langsung saja kita simak yang pertama:
  • Hindari memasang widget jam atau kalender. Karena menurut saya, itu tidak ada gunanya sebab pembaca blog anda telah memiliki jam dan kalender di bagian pojok kanan bawah komputernya. Memasang widget seperti itu hanya akan menambah berat proses pemuatan blog anda. Tapi widget yang dimaksud disini adalah jam dan kalender umum. Bukan jam seperti timer mundur(biasanya untuk persiapan launching) atau kalender yang menampilkan jadwal posting yang biasanya terdapat di blog berflatform Wordpress.
Widget penghitung jumlah pengunjung sebaiknya tidak dipasang jika blog anda masih tergolong baru. Karena jika dipasang, pastilah jumlah pengunjungnya masih sedikit dan akan membawa penilaian buruk terhadap blog anda. Meski beberapa ada yang mampu memanipulasi jumlah pengunjung, Tapi sangat aneh, bukan? Masak blog baru yang hanya berisi beberapa artikel pengunjungnya hingga 100.000?
Widget str*aming l@gu sebenarnya hanya akan menambah berat loading blog anda dan membuat kesal pengunjung yang memiliki keterbatasan kuota internet. Sebenarnya blog ini berencana akan memasang widget seperti ini dan akan dimuat lagu-lagu klasik untuk menemani membaca artikel motivasi di blog saya. Tapi setelah pemikiran lebih matang, lebih baik saya urungkan niat itu karena saya lebih mengutamakan kenyamanan, kualitas, dan kecepatan dalam blog saya.
Widget pelacak IP pengunjung sebaiknya jangan dipasang jika blog anda bukan tentang spy karena akan membuat pembaca anda merasa dimata-matai dan takut mengunjungi blog anda kembali.
Widget slideshow. Memang sangat indah jika dipasang. Tapi itu bisa menghabiskan banyak kuota internet bagi pelanggan internet yang memiliki keterbatasan kuota.
Utamakanlah pengunjung. Buat mereka nyaman dengan blog anda. Jangan membuat mereka kesal karena loading blog anda sangat lambat. Buatlah blog menjadi lebih profesional maka para pengunjung akan ketagihan untuk kembali lagi ke blog anda.
Tetap Semangat! | Tips Blog

12 comments:

  1. wah, sangat bermanfaat buat pemula seperti saya kang.. btw tolong mampir juga di blog baru saya y : http://learn-and-entertainment.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah blog Anda tampilannya bagus sekali dan akan lebih bagus lagi jika alamat URL blog Anda tidak terlalu panjang :)

      Delete
  2. Wah bener sekali mas, saya setuju, karena widget yang peting itu hanya widget yang berisi link menuju postingan di blog kita, seperti populart post, recent post dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali. Sebaiknya kita pikir baik-baik terlebih dahulu sebelum kita memasang widget :)

      Delete
  3. numpang nanya and saran, kira kira widget apa yang harus saya hilangkna di web saya, mohon bantu saya, karna saya masih kelas 2 SMP,
    www.newcahyad.tk

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya widget visitor counter, musik, jam, dan online user harus dihilangkan karena tidak berguna bagi pengunjung blog Anda. Juga karena bisa memberatkan loading blog Anda.

      Makasii :)

      Delete
  4. Saya suka membaca blog anda. sistematis dan enak dibaca. Sepertinya saya perlu belajar banyak pada anda untuk memperbaiki blog saya. Apakah bisa n bagaimana caranya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga :) Makasii yaa komentarnya :D
      Anda bisa bertanya atau curhat kepada saya lewat hedisasrawan@gmail.com dan kunjungi http://hedisasrawan.blogspot.com/search/label/Tips%20Blog :)

      Samasama :)

      Delete
  5. Kasih Masukkan DOng Sama Blog saya... kira2 apa yg kurang dan apa yg harus di tambahin.. Aku Ingin Mengecilkan Judul Blog tp gmn caranya msh blm bisa http://ayomenghafal.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. tampilan blog Anda sudah bagus. Sebaiknya Anda tidak merubahnya karena berpengaruh pada indeks mesin pencari :)

      Delete