Bagaimana Membangun Relasi yang Bagus

salah satu cara untuk membangun relasi adalah dengan membentuk komunitasRelasi memang sangat penting untuk membangun sebuah bisnis. Dengan relasi, kita akan menjadi lebih terbantu. Tetapi banyak yang tidak tahu bagaimana cara membangun relasi yang bagus. Banyak yang memiliki relasi tetapi relasi itu tidak bisa diajak kerjasama. Lalu bacaimana mencari orang/teman yang bisa diajak kerjasama untuk bisnis anda? Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Relasi itu dibangun dari mencari teman yang diajak kerjasama kan? Teman yang sangat bisa diajak kerjasama seperti sahabat, teman kerja, dan teman sekelas. Tanyakanlah apa hobi atau kegemarannya dan coba hubungkan dengan bisnis kita. Jika ada hubungan yang saling menguntungkan, kita bisa mengajaknya bekerjasama. Berikan apapun yang dia mau, tentunya sesuai kemampuan kita dan dia juga bisa memberikan apa yang kita mau sesuai dengan kemampuannya. Bukanlah itu sangat menguntungkan?

Namun, mencari relasi di lingkungan sekitar kita saja tidak cukup. Kenapa? Karena relasi yang akan kita miliki hanya sedikit. Lalu bagaimana? Coba cari relasi di luar lingkungan anda. Seperti mencari teman baru dari jarak jauh. Caranya? Anda bisa memulainya dengan mencari teman melalui jejaring sosial. Jejaring sosial memberikan kemudahan kepada anda untuk mencari teman baru. Dengan jejaring sosial, anda bisa memiliki banyak teman dalam waktu singkat.

Tetapi, tidak semua manusia itu sama. Setiap manusia memiliki sifatnya masing-masing. Jadi, belum tentu semua teman di jejaring sosial yang kita miliki bisa kita ajak untuk bekerjasama. Maka dari itu, dibutuhkan suatu ‘tes’ untuk mengetahuinya. Salah satu caranya adalah dengan melihat status-statusnya. Jika statusnya terkesan ‘galau’, sering menggunakan bahasa kasar, mudah tersinggung, dan lain sebagainya. Itu tidak bisa anda jadikan teman yang baik. Namun jika statusnya ceria dan bersahabat, anda bisa mengajaknya mengobrol dan sesekali anda menanyakan hobi atau kegemarannya dan hubungkanlah dengan tujuan bisnis anda.

Selain itu, kita juga bisa mencari peluang untuk mendapatkan relasi dari pelanggan kita. Misalnya, jika kita menerbitkan sebuah buku atau membuat blog, kita bisa mengajak para pembaca buku/blog kita untuk bekerjasama dengan kita. Atau bisa juga dengan membagikan kartu nama.

Anda bisa memulainya dengan berrelasi dengan saya. Jika berminat, hubungi saya di 081936247197(hanya menerima SMS), email di hedisasrawan@yahoo.co.id atau hedisasrawan@gmail.com, Facebook ‘Hedi Sasrawan Blog’, atau Twitter @HediSasrawan

Sukses dimulai dengan relasi yang bagus, banyak, dan tersebar dimana-mana. Apakah anda siap?

Tetap Semangat! | Catatan Harian

2 comments:

  1. boleh deh jadi relasi bisnis saya bro, salam kenal sukses selalu. nice blog.



    http://cjmankeren.wordpress.com

    ReplyDelete