Detail Ginjal (Dalam Bahasa Indonesia)

Detail Ginjal (Dalam Bahasa Indonesia)

Di materi tentang sistem ekskresi pada manusia, kita telah mempelajari tentang detail ginjal. Nah, kini kita akan mempelajarinya secara lebih mendalam seluruh bagian-bagiannya. Untuk mempermudah dalam belajar, kita akan menggunakan gambar yang telah kami terjemahkan bagian-bagiannya dalam Bahasa Indonesia. Disini, kami akan menjelaskan secara detail bagian-bagian serta fungsi dan penjelasannya. Langsung saja kita simak yang pertama:

(Perhatikan gambar detail ginjal di atas)

Korteks: Adalah bagian ginjal yang terdapat badan-bagan malpighi(glomerulus dan kapsula bowman), tubulus kontortus proksimal, dan tubulus kontortus distal.

Nefron: Adalah tempat penyaringan darah. Di dalam ginjal terdapat lebih dari 1 juta buah nefron. 1 nefron terdiri dari glomerulus, kapsula bowman, tubulus kontortus proksimal, lengkung henle, tubulus kontortus distal, dan tubulus kolektivus.

Medula: Terdiri dari 9 sampai 14 bagian yang berbentuk piramid. Di dalamnya terdapat lengkung henle dan tubulus kolektivus.

Pelvis: Merupakan tempat bermuaranya tubulus yaitu tempat penampungan urin sementara yang akan dialirkan menuju kandung kemih melalui ureter dan dikeluarkan dari tubuh melalui uretra.

Glomerulus: Tempat penyaringan darah yang akan menyaring air, garam, asam amino, glukosa, dan urea. Menghasilkan urin primer.

Kapsula bowman: Adalah semacam kantong/kapsul yang membungkus glomerulus. Kapsula bowman ditemukan oleh Sir William Bowman.

Tubulus kontortus proksimal: Adalah tempat penyerapan kembali/reabsorpsi urin primer yang menyerap glukosa, garam, air, dan asam amino. Menghasilkan urin sekunder.

Lengkung henle: Penghubung antara tubulus kontortus proksimal dengan tubulus kontortus distal.

Tubulus kontortus distal: Tempat untuk melepaskan zat-zat yang tidak berguna lagi atau berlebihan ke dalam urin sekunder. Menghasilkan urin sesungguhnya.

Tubulus kolektivus: Adalah tabung sempit panjang dalam ginjal yang menampung urin dari nefron, untuk disalurkan ke pelvis menuju kandung kemih.


Selamat belajar dan semoga bermanfaat. Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

19 comments:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    ReplyDelete
  2. mksh bgt ya.!!

    ReplyDelete
  3. wah, terimakasih, lumayan sbg referensi unas besok. do'akan saya ya tgl 5 mau berperang....

    ReplyDelete
  4. wah sangat bermanfaat ya,thx ya kak

    ReplyDelete
  5. Terimakasih, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. makasih ya kak:D bermanfaat banget

    ReplyDelete
  7. yes dapet nilai 100 thank infonya :)

    ReplyDelete
  8. wahahah ternyata guru saya ngambil materinya dari sini :D Terimakasih banyak :D

    ReplyDelete
  9. maksih yah atas infonya

    ReplyDelete
  10. Sangat membantu untuk tugas sekolah...

    ReplyDelete
  11. blog ini sangat membantu, izin copas ya....untuk ulangan :3

    ReplyDelete