10 Cara Belajar yang Baik dan Benar

cara belajar yang baik dan benarMau pintar yaa harus rajin belajar. Namun dari banyak kasus, banyak juga orang yang rajin belajar tetapi tidak pintar. Hmm sepertinya ada yang salah dari cara belajar nya. Walaupun bagaimanapun rajinnya belajar, tetapi jika cara belajar sudah salah maka orang tersebut tetap saja tidak pintar. Lalu, bagaimana cara belajar yang baik dan benar? langsung saja kita simak yang pertama:

1. Mulailah dengan berdoa

(Selengkapnya baca artikel tentang 7 Manfaat Berdoa Saat Belajar)
Selalu dan selalu. Mungkin ini hal yang paling sering dilupakan oleh sebagian besar para pelajar. Padahal segala sesuatu yang akan kita lakukan harus kita awali dan kita akhiri dengan berdoa. Dengan berdoa, kita akan berserah diri kepada Tuhan dan Beliau akan membantu kita supaya hasil belajar kita menjadi maksimal.

2. Pilih tempat belajar Anda

(Selengkapnya baca artikel tentang 5 Cara Memilih Tempat Belajar yang Baik dan Benar)
Tempat belajar juga sangat mempengaruhi konsentrasi belajar Anda. Pilihlah tempat yang nyaman tetapi tidak membuat Anda mengantuk dan tidak membuat Anda merasa boring atau bosan. Seperti di teras rumah atau di lantai. Jika Anda mudah terganggu oleh suara dari luar, cobalah untuk belajar di tempat yang sunyi tetapi tidak membuat Anda merasa kesepian.

3. Musik

(Selengkapnya baca artikel tentang Mendengarkan Musik Saat Belajar: Baik atau Buruk?)
Jika perlu, hidupkan juga lagu-lagu klasik atau lembut tetapi tidak membuat Anda bad mood. Juga jangan juga mendengarkan musik rock karena itu akan mengganggu otak Anda sehingga belajar menjadi tidak maksimal.

4. Latihan soal

(Selengkapnya baca artikel tentang 6 Tips Belajar dengan Latihan Soal)
latihan soalBelajar dengan membaca materinya terlebih dahulu, latihan soal, kemudian evaluasi dengan melihat pembahasan di setiap soalnya adalah cara belajar yang terbaik. Untuk itu, sangat diperlukan untuk membeli buku-buku dengan materi pelajaran dan soal-soal yang berkualitas. Materi pelajaran yang berkualitas itu adalah materi yang ringkas, mudah dipahami, dan mengandung konsep yang tersirat. Sedangkan soal-soal yang berkualitas adalah soal yang berbobot, sesuai dengan materi pelajaran, dan mengandung pembahasan tentang cara menjawab soal tersebut jika Anda tidak memahami cara menjawab soal tersebut. Tentu saja sesuaikan juga dengan uang yang Anda miliki.

5. Belajar kelompok

belajar kelompokBelajar bersama teman-teman memang sangat mengasyikan dan seru. Namun, sebaiknya anggota kelompok belajar Anda maksimal 5 orang saja karena jika terlalu banyak, maka akan mengganggu proses belajar Anda. Usahakan juga supaya ada satu dari anggota kelompok belajar Anda yang pintar atau memahami sebuah materi pelajaran yang akan dipelajari. Kelebihan dari belajar kelompok adalah bisa sharing secara langsung dengan teman-teman tentang hal yang belum dipahami. kekurangan belajar kelompok adalah konsentrasi belajar kita bisa saja terganggu jika teman Anda mengajak Anda mengobrol.

6. Pembimbing

Pembimbing bisa saja diperlukan untuk menemani Anda belajar. Anda bisa bertanya-tanya kepadanya. Pembimbing itu tidak selalu guru atau orangtua. Teman pun bisa Anda jadikan pembimbing. Tapi yang pasti teman Anda yaa harus pintar supaya bisa ditanya-tanya. Gunakan pembimbing Anda secara maksimal. Tanyakan segala hal yang belum Anda pahami berkaitan tentang materi pelajaran yang Anda pelajari.

7. Belajar dari internet

Internet memang memberikan wahana belajar yang sangat luas dan biasanya gratis. Gunakan juga internet sebagai sarana bantu untuk belajar dan bertanya kepada orang-orang di dunia maya. Coba gunakan kode diskon Ruang Guru berikut yang memberikan beragam materi pelajaran yang lengkap dan mudah dipahami. Check this out!

8. Refreshing

Tidak ada manusia yang bisa belajar terus-menerus. Hasil penelitian menunjukan bahwa manusia hanya bisa konsentrasi terhadap satu hal selama 15 menit saja. Jadi, manusia hanya bisa belajar satu mata pelajaran selama 15 menit saja dan setelah itu konsentrasinya akan buyar. Maka dari ituberdoa, setiap 15 menit belajar dianjurkan untuk beristirahat selama 5 menit atau ganti dengan mata pelajaran lain. Setelah selesai belajar, hibur diri Anda dengan membeli makanan favorit atau jalan-jalan ke taman supaya Anda tidak stress.

9. Selalu tutup dengan doa

Sama seperti saat memulai belajar, mengakhiri belajar juga harus diakhiri dengan doa. Anda berdoa kepada Tuhan agar apa yang Anda pelajari telah Anda pahami dengan maksimal dan memberi manfaat ke depannya.

10. Yakin

Kunci kesuksesan berawal dari keyakinan. Yakinlah bahwa Anda bisa memahami materi pelajaran tersebut. Keyakinan membuat Anda tidak ragu saat menjawab soal ulangan atau ujian nasional.
Sukses Dalam Pelajaran


Dan admin juga merekomendasikan agar bisa memperoleh hasil maksimal dalam belajar yakni dengan belajar menggunakan Quipper Video. Quipper Video bimbingan belajar online yang memungkinkan kalian bisa belajar dimana saja dan kapan saja kalian suka. Di Quipper Video terdapat 7000 lebih Video pembelajaran selain itu juga terdapat 17.000 soal-sola latihan termasuk soal UN mulai dari tahun 2010-2016, juga terdapat soal-soal SBMPTN

Quipper video diperuntukkan untuk siswa kelas 9 SMP, kelas 10 SMA, kelas 11 SMA, kelas 12 SMA. Biaya berlangganan Quipper Video juga cukup terjangkau, apalagi jika kalian menggunakan kode promosi Quipper Video, maka akan mendapatkan diskon atau potongan harga sampai 20%. Jika kalian tertarik untuk mendaftar Quipper Video silakan petunjuk cara mendaftar Quipper Video di artikel berikut (Cara Mudah Mendaftar dan Berlangganan Quipper Video Terbaru 2018).



Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

32 comments:

  1. terimakasih gan atas infonya

    ikuti KOMPETISI CERDAS CERMAT ONLINE SEJATIM-2 ada banyak hadiah ada uang ratusan juta,piala,tablet PC dan masih banyak lagi

    ReplyDelete
  2. Makasi Infonya gan, Sgt Bermanfaat Senang Bisa berkunjung.
    Kunjung Balik yah.

    ReplyDelete
  3. poin nomor 10 mantab sekali, yakin adalah kunci sukses :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasii :)

      keyakinan memang bisa membuat kita percaya bahwa kita pasti berhasil. Maka dari itu, kita akan terus semangat untuk mencapainya :)

      Delete
  4. blognya mantep banget :D

    ReplyDelete
  5. bro gw lagi belajar buat blogg. bisa minta tolong bimbinganya gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan bertanya-tanya lewat hedisasrawan@gmail.com :)

      Delete
  6. Syarat guru pembimbing yang baik itu apa sih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas pertanyaannya. Mohon maaf karena saya terlalu lama membalasnya.

      Mungkin artikel ini bisa membantu: http://hedisasrawan.blogspot.com/2015/08/6-syarat-menjadi-guru-pembimbing-yang.html

      Delete
  7. sangat bermanfaat banget.. jadi makin semangat menghafal supaya makin sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya menghafal itu kurang tepat, tetapi cobah di pahami. kalau menghafal ilmunya hanya sebentar tinggal di otak tetapi kalau di pahami muda di inggat kapan aja

      Delete
  8. maksih informasinya gan.. jadi makin semangat untuk menghafal

    ReplyDelete
  9. Cara yang efektif untuk percaya diri

    ReplyDelete
  10. wah membantu sekali ka.
    ohiyah ka tlg bantu komen blog sya dong untuk penilaian sekolah. terima kasih :)

    ReplyDelete
  11. Blognya Menginspirasi Kita, Apalgi Saat kita Belajar Trs Tuhan Jg memberikan Hikmat ketika mulai dengan DOA, Thanks For Admin( Hedi Sasrawan) Semgat Berkarya.

    ReplyDelete
  12. Sangat membantu. Terima kasih Mas Hedi Sasrawan. Boleh tahu, kalau belajar sebaiknya berapa jam per hari?

    ReplyDelete
  13. bagus banget. makasih ya mas hedi

    ReplyDelete
  14. izin copy artikelnya ya.... makasih

    ReplyDelete