Liburan: Antara Santai dan Sibuk

Liburan Antara Santai dan SibukLiburan adalah saat dimana kita tidak belajar seperti biasa. Itu bukan berarti kita benar-benar bersantai. Ada beberapa sekolah yang menerapkan sistem piket bagi siswanya, ada guru yang memberikan tugas kepada siswa yang biasanya berupa membuat cerpen tentang liburan, ada beberapa tugas atau latihan yang tetap diadakan selama liburan oleh beberapa ekstrakurikuler, dan lain sebagainya. Jika kita benar-benar liburan, kita akan selalu merasa bosan di rumah. Saat liburan juga kita (terutama bagi yang belum punya SIM) tidak berani kemana-mana. Entah itu karena takut ada razia polisi, tidak punya uang, ataupun teman kita tidak bisa ikut bersama kita. Ada beberapa orangtua yang tidak memberikan uang jajan kepada bosan liburananaknya selama liburan (atau setidaknya dikurangi jumlahnya). Ada beberapa bimbingan belajar yang tetap memberikan bimbingan selama liburan. Ada yang masih memikirkan materi pelajaran yang semakin sulit di semester 2 nanti. Nah sekarang pertanyaannya: Liburan itu apa?

Saya telah memberikan pengertian tentang arti liburan yang sebenarnya, namun apakah semua yang saya syaratkan di artikel itu ada selama liburan panjang kali ini? Tidak semua. Kalaupun ada, pastilah itu hanyalah anak-anak SMP. Karena menurut pengalaman saya, liburan saat SMP lah yang paling santai. Jika saat SD, kita tetap disibukkan dengan piket setiap minggunya dan juga tugas membuat cerita pengalaman pribadi tentang liburan. Jika SMA, ekstrakurikuler dan kegiatan lainnya yang sibuk. Jika saya sih sekarang menikmati kegiatan sekolah selama liburan. Mengapa? Karena dengan itu saya bisa bertemu dengan teman-teman saya dan itu lebih menyenangkan dibandingkan hanya diam di rumah yang membuat kita ‘mati kebosanan’. Bagaimana dengan Anda?

Jika Anda ingin menikmati liburan yang sesungguhnya, silakan baca artikel tentang:


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

No comments:

Post a Comment