Seni Murni

Seni murni adalah seni yang diciptakan hanya untuk dinikmati dan diutamakan keindahannya. Sementara fungsi atau nilai gunanya tidak diperhatikan. Seni murni hampir sama dengan seni rupa murni. Perbedaannya adalah seni rupa murni adalah seni yang berwujud. Contoh seni rupa murni adalah seperti patung, relief, dan lain-lain. Contoh seni murni adalah seperti seni yang ditampilkan di layar komputer.

Seni murni biasanya lebih mahal dan lebih berharga daripada seni terapan. mengapa? Coba bandingkan harga intan yang digunakan pada ujung mesin bor dengan intan yang digunakan sebagai perhiasan. Tentu saja harga intan yang digunakan sebagai perhiasan jauh lebih mahal. Pematokan harga ini dihitung berdasarkan kerumitan, keeksklusifan, dan keindahan karya seni murni tersebut.

Hal tersebut mungkin dikarenakan berdasarkan fungsi karya seni terapan tersebut. Misalnya pada HP atau jam tangan yang dibalut emas. Kebanyakan orang pasti berpikir untuk lebih mementingkan fungsi HP tersebut dibandingkan keindahannya. HP tersebut bisa saja tidak laku jika HP yang dibaluti emas itu adalah HP dengan fitur standar.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

No comments:

Post a Comment