Bagian-Bagian Mata (Artikel Ringkasan)

  1. Kornea adalah selaput (lapisan) luar bola mata yang tidak berwarna (bening). Kornea berfungsi sebagai pelindung bagian dalam mata. Kornea selalu dibasahi oleh air mata.
  2. Pupil adalah celah bundar di tengah iris. Pupil merupakan tempat lewatnya cahaya yang menuju ke retina dan berfungsi mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke dalam mata.
  3. Iris adalah lapisan di depan lensa mata yang berwarna. Iris berfungsi mengatur lebar pupil sehingga cahaya yang masuk ke mata bias dikendalikan.
  4. Lensa mata adalah lensa bening di dalam bola mata yang berbentuk cebung. Fungsinya adalah untuk memfokuskan cahaya atau bayangan benda agar tepat jatuh di retina. Apabila mata melihat benda-benda yang dekat, lensa mata menjadi cembung. Sebaliknya, jika mata melihat benda-benda yang jauh lensa mata akan menjadi pipih. Kemampuan lensa mata menjadi cembung dan pipih disebut daya akomodasi.
  5. Aqueous humour dan Vitreous humour adalah cairan mata. Aqueous humour adalah cairan yang terdapat di antara kornea dan lensa mata. Vitreous humour terdapat di antara lensa mata dan retina. Vitreous humour berfungsi untuk meneruskan cahaya dari lensa ke retina. Kedua cairan ini berfungsi untuk memberi bentuk dan kekokohan pada mata.
  6. Retina adalah lapisan mata yang berfungsi sebagai layar penerima cahaya atau bayangan benda. Lapisan mata mengandung sel-sel peka cahaya atau bintik kuning. Bintik kuning adalah bagian dari retina yang berfungsi sebagai tempat terbentuknya bayangan yang jelas. Sementara itu, sel-sel retina yang tidak peka cahaya disebut bintik buta. Apabila bayangan jatuh pada bintik buta, bayangan tampak tidak jelas atau kabur.
  7. Otot siliaris yaitu bagianmata yang mengatur panjang focus (kelengkungan) lensa.
  8. Saraf mata berfungsi untuk meneruskan rangsangan bayangan dari retina menuju ke otak.

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

No comments:

Post a Comment