Dimana Bagian Kulit yang Mengeluarkan Air Keringat?

Keringat merupakan salah satu hasil dari sistem ekskresi dimana keringat adalah air yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat pada kulit mamalia termasuk manusia. Kandungan utama keringat adalah natrium klorida (NaCl / garam dapur). Keringat dikeluarkan untuk mengatur suhu tubuh. Keringat keluar saat kita melakukan kerja berat (olahraga) atau saat kita gugup dan gelisah.

Keringat dihasilkan melalui kelenjar keringat. Manusia memiliki sekitar 3 juta kelenjar keringat. Kelenjar keringat dapat ditemukan di lapisan dermis yaitu lapisan yang berada di luar kulit. Kelenjar keringat tidak ada di bibir. Berikut ini adalah gambar anatomi kulit dan bagian-bagiannya. Bagian kulit yang mengeluarkan air keringat adalah kelenjar keringat (bahasa Inggris: sweat gland) seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah:

anatomi kulit Bahasa Indonesia


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

4 comments:

  1. makasih banget ini artikel nya...
    Mungkin minat blognya untuk dipasang google adsense saya siap bantu..
    Kunjungi http://adsensemurahterpercaya.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya sangat ingin supaya blog saya terdaftar di Google Adsense. Makasii pencerahannya yaa :)

      Delete
  2. mau tanya..
    kenapa kok di bibir tidak ada kelenjar keringat ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bibir tidak ada kelenjar keringat karena sudah ada sumber kelembaban alami untuk bibir yaitu air liur. Karena kelenjar keringat rasanya asin, bibir akan menjadi terasa asin dan aneh jika pada bibir terdapat kelenjar keringat :)

      Sumber: http://www.dailymail.co.uk/femail/article-64798/The-secret-life-lips.html

      Delete