Metode Ilmiah dan Mikroskop (Materi Ringkasan)

Artikel ini merupakan bagian dari materi pelajaran biologi kelas VII semester 1 ‘Metode Ilmiah dan Mikroskop’.

Mempelajari segala sesuatu tentang makhluk hidup dan lingkungannya disebut biologi. Hasil-hasil penemuan yang dapat kita nikmati dan kita amati sekarang ini merupakan hasil kerja yang terarah, teratur, dan terencana dari seorang peneliti. Rangkaian kerja yang dilakukan seorang peneliti untuk memecahkan suatu masalah dilakukan dengan suatu kerja ilmiah. Untuk melatih dan mengembangkan kemampuan berpikir, kita perlu ditanamkan sikap ilmiah sebagai dasar untuk melakukan kerja ilmiah. Berikut adalah beberapa sikap ilmiah:

  1. Rasa ingin tahu
  2. Objektif, berarti berdasarkan objek yang diteliti dan sesuai dengan apa yang kita amati
  3. Jujur
  4. Tekun
  5. Teliti

Sebelum melakukan kegiatan kerja ilmiah terhadap suatu objek yang akan kita amati dan teliti, kita harus mempunyai suatu perencanaan penelitian. Perencanaan penelitian adalah salah satu pedoman kerja sebelum melakukan suatu penelitian untuk memecahkan masalah dengan metode ilmiah. Langkah-langkah metode ilmiah adalah sebagai berikut:

  1. Merumuskan masalah
  2. Mengumpulkan data dan keterangan
  3. Menyusun hipotesis (dugaan sementara jawaban permasalahan)
  4. Melakukan penelitian untuk membuktikan dugaan
  5. Mengumpulkan data dari hasil penelitian
  6. Mengolah dan menganalisis data
  7. Membuat kesimpulan

Setelah kita selesai melakukan sebuah penelitian, kita harus membuat laporan penelitian. Laporan penelitian adalah karya tulis ilmiah sehingga harus ditulis dengan aturan tertentu serta menggunakan bahasa dan kosakata ilmiah yang baku. Berikut adalah isi dari laporan penelitian:

  • Halaman Judul Penelitian. Biasanya berisi judul penelitian, nama peneliti, kelas, sekolah, alamat sekolah, serta tahun pembuatan laporan penelitian.
  • Pendahuluan. Biasanya berisi latar belakang penelitian dan gagasan yang dibuat beserta hipotesisnya.
  • Tujuan Penelitian. Berisi tujuan penelitian yang dilakukan.
  • Alat dan Bahan. Berisi alat dan bahan kimia yang digunakan.
  • Langkah Kerja. Berisi penjelasan dan langkah-langkah penelitian yang dilakukan.
  • Hasil Penelitian dan Pembahasan. Berisi hasil penelitian dan penjelasan dari hasil penelitian yang dilakukan.
  • Kesimpulan. Berisi kesimpulan yang kita dapatkan dari hasil percobaan.
  • Daftar Pustaka. Berisi referensi yang mendukung penelitian yang dilakukan.

Salah satu alat yang penting untuk melakukan kegiatan penelitian adalah mikroskop. Mikroskop adalah alat yang digunakan untuk memperbesar bayangan benda-benda berukuran sangat kecil yang tidak dapat dilihat oleh mata. Berikut adalah bagian-bagian mikroskop:

bagian-bagian mikroskop

Objek yang akan diamati dengan bantuan mikroskop harus dibuat dalam bentuk preparat, baik preparat kering maupun preparat basah.

Selain pengamatan objek melalui mikroskop, kita tentu saja melakukan pengamatan benda-benda berukuran besar. Bagian dalam tubuh diamati dengan melakukan pembedahan terlebih dahulu.


Bekerja di laboratorium harus memperhatikan tata tertib khusus laboratorium karena di ruang laboratorium kita bekerja dengan menggunakan alat dan bahan khusus. Alat dan bahan di laboratorium ada yang mudah terbakar, mudah meledak, efek beracun, mudah pecah, korosif, dan sebagainya.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

No comments:

Post a Comment