Pendahuluan dan Pengertian Ekosistem (Materi Ringkasan)

loading...
Artikel ini merupakan bagian dari Materi Pelajaran biologi SMA kelas X semester 2 ‘Ekosistem’.

Pendahuluan dan Pengertian Ekosistem1. Pendahuluan

Kita tidak hidup sendiri. Di sekitar kita juga terdapat berbagai makhluk hidup. Kita hidup dalam suatu kelompok manusia. Masing-masing melakukan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Makhluk hidup yang lain pun melakukan aktivitas makan, bergerak, dan berkembang biak untuk kelangsungan hidupnya. Tumbuhan pun melakukan fotosintesis dan bernapas untuk mempertahankan hidupnya. Semua makhluk hidup yang tinggal di suatu tempat saling berinteraksi dan mempengaruhi. Manusia memelihara ternak untuk dimanfaatkan daging atau telurnya. Hewan ternak pun bergantung pada manusia dalam hal penyediaan makanannya. Manusia dan hewan ternak saling menguntungkan.

Selain makhluk hidup, kita juga memerlukan cahaya, air, dan udara. Semua ini merupakan benda tak hidup, tetapi sangat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup yang tinggal di suatu tempat. Air dan udara merupakan kebutuhan utama manusia, hewan, dan tumbuhan. Cahaya, air, dan udara merupakan kebutuhan pokok bagi tumbuhan untuk fotosintesis.

Berbagai makhluk hidup dan benda tak hidup yang ada disekitar kita saling mempengaruhi sehingga terbentuklah suatu hubungan timbal balik. Mengapa kita perlu mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan benda tak hidup di sekitar kita? Kita perlu mempelajarinya agar kita dapat menempatkan diri kita sebagai makhluk yang dapat menjaga keseimbangan terhadap keberadaan makhluk hidup lain dan benda tak hidup di sekitar kita.

2. Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan benda tak hidup di lingkungannya. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut ekologi. Berdasarkan definisi tersebut, lingkup kajian ekologi adalah makhluk hidup, lingkungan, dan hubungan timbal balik atau interaksi antara keduanya. Hal ini menunjukkan bahwa ekologi berkaitan dengan ilmu-ilmu lainnya seperti morfologi, fisiologi, genetika, evolusi, biologi molekuler, dan biologi perkembangan. Dengan ekologi diharapkan interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya dapat lebih dipahami. Jika dikaitkan dengan manusia, pemahaman yang lebih baik diharapkan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan manusia tanpa merusak lingkungan.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

No comments:

Post a Comment

close