Tentang Pelaksanaan.

loading...

tentang pelaksanaanAntara rencana dan pelaksanaan, pelaksanaan lah yang terpenting. Karena itulah cara yang terbaik untuk mewujudkan rencana kita. Tetapi, sering kali kita tidak pernah melaksanakan apa rencana yang telah kita buat dengan baik. Padahal jika semua rencana itu kita laksanakan, mungkin saja kita bisa meningkatkan kualitas hidup kita.

Memang membuat rencana yang bagus jauh lebih gampang dibandingkan melaksanakan rencana itu dengan baik. Membuat rencana seperti proyek (yang saya maksud disini bukan proyek membuat sebuah bangunan yang rumit) dan peraturan yang baik itu hanyalah membutuhkan pikiran yang tidak terlalu banyak. Yang saya maksud disini adalah proyek dan peraturan yang kita buat. Misalnya proyek membersihkan rumah atau kamar tidur dan peraturan jam belajar. Memang mudah membuat rencana tersebut, tetapi kita terkadang lupa atau malas untuk melaksanakan rencana tersebut.

Tidak hanya diri kita sendiri yang seperti itu. Organisasi bahkan sebuah negara seringkali melakukan hal seperti itu. Terkadang pelaksanaan hukum di Indonesia tidak sesuai dengan peraturan yang ada. Padahal peraturan-peraturan yang ada itu sudah dirancang dengan sangat baik. Tetapi rakyat bahkan pemerintah seringkali tidak sanggup untuk melaksanakan semua peraturan atau proyek di negaranya. Itulah yang membuat perkembangan sebuah negara tidak terlalu pesat padahal jika semua peraturan itu dilaksanakan atau seluruh proyek dikerjakan dengan baik, negara tersebut pastilah akan maju dan berdisiplin tinggi.

Memang peraturan dibuat cenderung untuk dilanggar. Mungkin pemikiran itu yang membuat kita semua tidak pernah mematuhi peraturan yang ada bahkan peraturan yang dibuat oleh diri kita sendiri. Tetapi, tak jarang orang yang melanggar peraturan cenderung memiliki kreativitas yang tinggi karena orang kreatif biasanya tidak mau ikut-ikutan orang lain. Ada juga orang yang melanggar peraturan karena alasan ‘malas’. Nah, orang yang bertipe seperti itu lah yang buruk. Sebaliknya, orang yang melanggar peraturan karena mereka telah memiliki aturan sendiri yang lebih baik dari peraturan yang ada, itu barulah orang yang akan sukses nantinya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERAContoh ‘peraturan’ itu adalah rumus-rumus matematika atau fisika. Orang yang tingkat kecerdasannya biasa selalu menggunakan rumus-rumus yang ada atau yang biasa dipakai banyak orang sehingga orang itu akan cepat jenuh dan cepat hilang semangat belajarnya. Tetapi orang cerdas biasanya selalu berusaha mencari rumus buatannya sendiri yang dianggapnya lebih mudah walaupun tidak banyak orang yang mengerti rumus yang dia buat. Nah, orang seperti itu biasanya semangat belajarnya sangat tinggi karena dia terus berusaha mencari rumus-rumus yang baru dan dia merasa puas dengan rumus-rumus yang telah dia buat. Terkadang ada saja guru yang tidak mengerti kemampuan siswanya yang cerdas tersebut dan bahkan memaksa siswa itu untuk menggunakan rumus yang ada. Apabila siswa itu menggunakan rumus yang berbeda saat mengerjakan soal ulangan harian, maka guru sering menganggapnya salah padahal jawabannya benar.

Saya juga seringkali tidak melaksanakan rencana atau peraturan dengan baik. Saya punya banyak sekali ‘plan’ yang sangat bagus untuk blog saya. Tetapi saya seringkali tidak melaksanakannya dengan baik. Padahal jika semua plan itu rampung, maka blog saya akan menjadi blog yang maju dan telah memiliki pendapatan sekarang. Mungkin semua itu dikarenakan kesibukan saya tidak hanya di blog saja, tetapi saya juga sibuk dalam pendidikan, rumah, hubungan antar teman, dll.

Membuat rencana yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu banyak bukanlah solusi yang baik karena itu akan menghambat kreativitas kita dan tidak akan membuat kita semangat dalam meraih cita-cita kita. Kita kan bisa menuliskan rencana itu dan menjualnya kepada orang lain dan biarkan orang itu melakukan rencana kita. Rencana dalam hidup kita itu bersumber dari cita-cita kita dan jika kita melaksanakan semua rencana kita dengan baik, maka cita-cita kita akan tercapai :)


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment