Plastida (Artikel Lengkap)

Plastida adalah organel yang ditemukan di dalam sel tumbuhan dan sel ganggang. Plastida merupakan organel yang amat dinamis dan mampu membelah, tumbuh dan berubah menjadi berbagai bentuk. Plastida adalah tempat pembuatan dan penyimpanan senyawa kimia penting yang digunakan oleh sel. Organel ini paling dikenal dalam bentuknya yang paling umum, kloroplas, sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis. Plastida seringkali mengandung pigmen yang digunakan dalam proses fotosintesis dan menentukan warna sel. Plastida dapat dilihat dengan mikroskop cahaya biasa. Plastida memiliki molekul DNA beruntai ganda yang berbentuk bulat, mirip prokariot.

Plastida merupakan organel yang sangat penting dalam menunjang kehidupan umat manusia, karena peran plastida sangatlah penting. Karena disini plastida merupakan suatu organel yang berperan aktif dalam proses fotosintesis. Fotosintesis adalah suatu proses pengubahan zat anorganik H2O dan CO2  oleh klorofil dengan bantuan cahaya matahari menjadi zat organik. Dimana hasil dari fotosintesis salah satunya adalah oksigen dan glukosa yang selama ini kita hirup.

1. Plastida pada Tumbuhan

Plastida melakukan fotosintesis, menyimpan pati, dan mensintesis banyak molekul seperti asam lemak yang digunakan untuk menghasilkan energi dan untuk mensintesis molekul-moleku lain. Pada daun, plastida berwarna hijau dan disebut kroroplas, serta pada buah masak kadang-kadang kuning atau merah, disebut kromoplas. Semua plastida berasal dari proplastida yang terdapat di dalam jaringan meristem tumbuhan.

Pada tumbuhan, plastida dapat dibagi menjadi beberapa bagian menurut fungsinya di dalam sel seperti berikut:

  1. Kloroplas berisi zat hijau daun yang disebut klorofil. Kloroplas berperan penting dalam proses fotosintesis.
  2. Kromoplas adalah bagian plastida yang berwarna (biasanya kuning, jingga, atau merah) karena mengandung beta karoten. Kromoplas berfungsi untuk sintesis pigmen.
  3. Gerontoplas berfungsi untuk mengontrol pembongkaran hasil fotosintesis.
  4. Leukoplas adalah bagian plastida yang tidak berwarna. Leukoplas terkadang berubah menjadi bagian plastida yang lebih khusus seperti:
    1. Amiloplas untuk menyimpan pati dan mendeteksi gravitasi. Biasanya terdapat pada umbi tanaman.
    2. Elainoplas untuk menyimpan lemak.
    3. Proteinoplas untuk menyimpan dan memodifikasi protein.

Pada daun, plastida berwarna hijau dan disebut kroroplas, serta pada buah masak kadang-kadang kuning atau merah, disebut kromoplas. Plastida yang bertanggung jawab dalam proses fotosintesis, memiliki banyak lapisan membran internal. Dalam sel tumbuhan, terkadang tumbuh tonjolan panjang yang disebut stromulus di tubuh plastida ke sitosol dan beberapa plastida lainnya. Protein dan molekul kecil mungkin dapat bergerak melalui stromulus. Sel-sel yang relatif besar dibandingkan sel-sel tumbuhan lain memiliki stromulus yang sangat panjang bahkan sampai ke pinggiran sel.

2. Plastida pada Alga/Ganggang

Dalam ganggang atau alga, leukoplas digunakan di semua plastida tetapi fungsinya berbeda dengan leukoplas pada sel tumbuhan. Etioplas, amiloplas, dan kromoplas tidak terdapat dalam ganggang.

Alga glaucocystophytic mengandung muroplas yang mirip dengan kloroplas dan memiliki dinding sel yang mirip dengan prokariota. Alga rhydophytic mengandung rhydoplasts yang memungkinkan untuk melalukan fotosintesis hingga kedalaman 268 meter di bawah permukaan air.

3. Pewarisan Plastida

Kebanyakan tumbuhan mewarisi plastida hanya dari satu induknya. Secara umum, tumbuhan mewarisi plastida dari gamet betina sedangkan banyak gymnosperma yang mewarisi plastida dari serbuk sari jantan. Alga juga mewarisi plastida dari hanya satu induknya.

4. Evolusi Plastida

Secara evolusi plastid dianggap sebagai prokariota yang bersimbiosis ke dalam sel eukariota dan kemudian kehilangan sifat otonomi penuhnya. Simbiosis berkembang sekitar 1.500 juta tahun yang lalu dan diaktifkan oleh makhluk bersel satu untuk melakukan fotosintesis. Teori endosimbiosis ini mirip dengan yang terjadi terhadap mitokondria namun introduksi plastid dianggap terjadi lebih kemudian. Evolusi telah muncul di mana plastida dinamai berbeda seperti kloroplas pada ganggang hijau dan tumbuhan, rhodoplast dalam alga merah, dan muroplast di glaucophyta. Semua plastida ini dikelilingi oleh dua membran.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Plastid http://en.wikipedia.org/wiki/Plastid
2. PLASTIDA http://realgates.blogspot.com/2013/05/plastida.html
3. Plastid http://id.wikipedia.org/wiki/Plastid
4. Plastida http://biologi.blogsome.com/2007/06/25/plastida/
5. Makalah Plastida http://latifnazarudin.wordpress.com/2012/12/13/makalah-plastida/

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

No comments:

Post a Comment