Ekosistem (Materi Lengkap)

Direktori > Pendidikan > SMA Kelas X > Biologi > Ekosistem

Ekosistem

ekosistem

Materi Lengkap

Artikel Pelengkap

  1. Materi Ringkasan Ekosistem
  2. Pendahuluan dan Pengertian Ekosistem
  3. Lingkungan Makhluk Hidup
  4. Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya
  5. Tipe-Tipe Ekosistem
  6. Rantai Makanan
  7. Aliran Energi
  8. Daur Biogeokimia
  9. Suksesi
  10. Latihan Soal Ekosistem
  11. Pembahasan Soal Ekosistem

Semoga bermanfaat,
Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

Biologi SMA Kelas X

Direktori > Pendidikan > SMA Kelas X > Biologi

Biologi adalah mata pelajaran yang sangat mudah. Kunci sukses belajar biologi adalah rajin membaca. Karena biologi SMA mengandung konsep pengertian yang cukup rumit dan hanya bisa dipahami jika kamu rajin membacanya. Berikut adalah daftar materi pelajaran biologi berdasarkan KTSP:

  1. Biologi Sebagai Ilmu
  2. Klasifikasi Makhluk Hidup
  3. Virus
  4. Eubacteria dan Archaebacteria
  5. Protista
  6. Jamur
  7. Latihan Soal Biologi SMA Kelas X Semester 1
  8. Pembahasan Soal Biologi SMA Kelas X Semester 1
  9. Keanekaragaman Hayati
  10. Dunia Tumbuhan
  11. Dunia Hewan
  12. Ekosistem
  13. Pencemaran Lingkungan
  14. Latihan Soal Biologi SMA Kelas X Semester 2
  15. Pembahasan Soal Biologi SMA Kelas X Semester 2 
  16. Latihan Soal Biologi SMA Kelas X
  17. Pembahasan Soal Biologi SMA Kelas X

Lingkungan Makhluk Hidup (Materi Lengkap)

Artikel ini merupakan bagian dari Materi Pelajaran biologi SMA kelas X semester 2 ‘Ekosistem’.

Lingkungan Makhluk HidupMakhluk hidup dan lingkungan hidupnya tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain, keduanya saling mempengaruhi. Setiap kelompok makhluk hidup menetap di tampat tertentu. Tempat hidup suatu makhluk hidup disebut habitat. Misalnya habitat cacing tanah (Pheretima sp.) di tanah yang lembap. Tanah yang lembap memiliki ciri-ciri seperti suhu, kelembapan, dan kandungan zat organik yang sesuai dengan kebutuhan hidup cacing tanah.

Pendahuluan dan Pengertian Ekosistem (Materi Ringkasan)

Artikel ini merupakan bagian dari Materi Pelajaran biologi SMA kelas X semester 2 ‘Ekosistem’.

Pendahuluan dan Pengertian Ekosistem1. Pendahuluan

Kita tidak hidup sendiri. Di sekitar kita juga terdapat berbagai makhluk hidup. Kita hidup dalam suatu kelompok manusia. Masing-masing melakukan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Makhluk hidup yang lain pun melakukan aktivitas makan, bergerak, dan berkembang biak untuk kelangsungan hidupnya. Tumbuhan pun melakukan fotosintesis dan bernapas untuk mempertahankan hidupnya. Semua makhluk hidup yang tinggal di suatu tempat saling berinteraksi dan mempengaruhi. Manusia memelihara ternak untuk dimanfaatkan daging atau telurnya. Hewan ternak pun bergantung pada manusia dalam hal penyediaan makanannya. Manusia dan hewan ternak saling menguntungkan.

Minyak Bumi (Materi Lengkap)

Direktori > Pendidikan > SMA Kelas X > Kimia > Minyak Bumi

Minyak Bumi

minyak bumi

Materi Lengkap

Artikel Pelengkap

  1. Materi Ringkasan Minyak Bumi
  2. Proses Pembentukan Minyak Bumi
  3. Komposisi Minyak Bumi
  4. Pengolahan Minyak Bumi
  5. Fraksi-Fraksi Minyak Bumi
  6. Kualitas Bensin
  7. Dampak Pembakaran Bahan Bakar
  8. Latihan Soal Minyak Bumi
  9. Pembahasan Soal Minyak Bumi
  1. Tugas Kimia: Makalah Fraksi-Fraksi Minyak Bumi

Semoga bermanfaat,
Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

Kimia SMA Kelas X

Direktori > Pendidikan > SMA Kelas X > Kimia

Kimia mungkin adalah mata pelajaran yang belum pernah kamu dapat saat SMP. Nah, kimia itu membahas tentang unsur-unsur dan reaksinya. Kimia itu gampang kok. Asal kamu sering berlatih soal-soal, pasti bisa! Berikut adalah daftar materi pelajaran kimia berdasarkan KTSP:

  1. Latihan Soal Kimia SMA Kelas X Semester 1
  2. Pembahasan Soal Kimia SMA Kelas X Semester 1
  3. Latihan Soal Kimia SMA Kelas X Semester 2
  4. Pembahasan Soal Kimia SMA Kelas X Semester 2
  5. Latihan Soal Kimia SMA Kelas X
  6. Pembahasan Soal Kimia SMA Kelas X

Materi SMA Kelas X

Direktori > Pendidikan > SMA Kelas X

Selamat, Anda telah lulus dari SMP dan mulai masuk SMA! Di SMA, ada beberapa mata pelajaran yang belum pernah Anda dapatkan di SMP. Selain itu, Anda mulai sekarang harus menentukan secara bijak apakah Anda nanti mau melanjutkan ke jurusan IPA, IPS, atau bahasa di kelas XI nanti. Nah, kami telah menyediakan referensi yang akan mempermudah Anda untuk belajar, berikut adalah mata pelajaran yang disajikan di SMA kelas X pada umumnya berdasarkan KTSP, mata pelajaran yang ada mungkin berbeda di beberapa sekolah:

  1. Akuntansi
  2. Bahasa Daerah
  3. Bahasa Indonesia
  4. Bahasa Inggris
  5. Bahasa Jepang
  6. Biologi
  7. BK / BP
  8. Ekonomi
  9. Fisika
  10. Geografi
  11. Kimia
  12. Matematika
  13. Pendidikan Agama
  14. Penjaskes
  15. PKn
  16. Sejarah
  17. Seni Budaya
  18. Sosiologi
  19. TIK

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

Uang dan Lembaga Perbankan (Materi Ringkasan)

Uang dan Lembaga PerbankanArtikel ini merupakan bagian dari Materi Pelajaran ekonomi SMA kelas X semester 2 ‘Uang dan Lembaga Perbankan’.

Uang adalah alat tukar atau standar ukur nilai (satuan hitung) yang sah, terbuat dari kertas, emas, perak, atau logam yang dicetak pemerintah suatu negara. Uang berfungsi sebagai perantara dalam pertukaran sekaligus menggantikan sistem barter. Uang terdiri dari uang kartal (uang kertas dan uang logam) dan uang giral (cek, giro, dan transfer telegrafis).

Ekosistem (Materi Ringkasan)

Artikel ini merupakan bagian dari Materi Pelajaran biologi SMA kelas X semester 2 ‘Ekosistem’.

Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut ekologi. Tempat hidup makhluk hidup disebut habitat.

Tentang Pelaksanaan.

tentang pelaksanaanAntara rencana dan pelaksanaan, pelaksanaan lah yang terpenting. Karena itulah cara yang terbaik untuk mewujudkan rencana kita. Tetapi, sering kali kita tidak pernah melaksanakan apa rencana yang telah kita buat dengan baik. Padahal jika semua rencana itu kita laksanakan, mungkin saja kita bisa meningkatkan kualitas hidup kita.

Memang membuat rencana yang bagus jauh lebih gampang dibandingkan melaksanakan rencana itu dengan baik. Membuat rencana seperti proyek (yang saya maksud disini bukan proyek membuat sebuah bangunan yang rumit) dan peraturan yang baik itu hanyalah membutuhkan pikiran yang tidak terlalu banyak. Yang saya maksud disini adalah proyek dan peraturan yang kita buat. Misalnya proyek membersihkan rumah atau kamar tidur dan peraturan jam belajar. Memang mudah membuat rencana tersebut, tetapi kita terkadang lupa atau malas untuk melaksanakan rencana tersebut.

Tidak hanya diri kita sendiri yang seperti itu. Organisasi bahkan sebuah negara seringkali melakukan hal seperti itu. Terkadang pelaksanaan hukum di Indonesia tidak sesuai dengan peraturan yang ada. Padahal peraturan-peraturan yang ada itu sudah dirancang dengan sangat baik. Tetapi rakyat bahkan pemerintah seringkali tidak sanggup untuk melaksanakan semua peraturan atau proyek di negaranya. Itulah yang membuat perkembangan sebuah negara tidak terlalu pesat padahal jika semua peraturan itu dilaksanakan atau seluruh proyek dikerjakan dengan baik, negara tersebut pastilah akan maju dan berdisiplin tinggi.

Memang peraturan dibuat cenderung untuk dilanggar. Mungkin pemikiran itu yang membuat kita semua tidak pernah mematuhi peraturan yang ada bahkan peraturan yang dibuat oleh diri kita sendiri. Tetapi, tak jarang orang yang melanggar peraturan cenderung memiliki kreativitas yang tinggi karena orang kreatif biasanya tidak mau ikut-ikutan orang lain. Ada juga orang yang melanggar peraturan karena alasan ‘malas’. Nah, orang yang bertipe seperti itu lah yang buruk. Sebaliknya, orang yang melanggar peraturan karena mereka telah memiliki aturan sendiri yang lebih baik dari peraturan yang ada, itu barulah orang yang akan sukses nantinya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERAContoh ‘peraturan’ itu adalah rumus-rumus matematika atau fisika. Orang yang tingkat kecerdasannya biasa selalu menggunakan rumus-rumus yang ada atau yang biasa dipakai banyak orang sehingga orang itu akan cepat jenuh dan cepat hilang semangat belajarnya. Tetapi orang cerdas biasanya selalu berusaha mencari rumus buatannya sendiri yang dianggapnya lebih mudah walaupun tidak banyak orang yang mengerti rumus yang dia buat. Nah, orang seperti itu biasanya semangat belajarnya sangat tinggi karena dia terus berusaha mencari rumus-rumus yang baru dan dia merasa puas dengan rumus-rumus yang telah dia buat. Terkadang ada saja guru yang tidak mengerti kemampuan siswanya yang cerdas tersebut dan bahkan memaksa siswa itu untuk menggunakan rumus yang ada. Apabila siswa itu menggunakan rumus yang berbeda saat mengerjakan soal ulangan harian, maka guru sering menganggapnya salah padahal jawabannya benar.

Saya juga seringkali tidak melaksanakan rencana atau peraturan dengan baik. Saya punya banyak sekali ‘plan’ yang sangat bagus untuk blog saya. Tetapi saya seringkali tidak melaksanakannya dengan baik. Padahal jika semua plan itu rampung, maka blog saya akan menjadi blog yang maju dan telah memiliki pendapatan sekarang. Mungkin semua itu dikarenakan kesibukan saya tidak hanya di blog saja, tetapi saya juga sibuk dalam pendidikan, rumah, hubungan antar teman, dll.

Membuat rencana yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu banyak bukanlah solusi yang baik karena itu akan menghambat kreativitas kita dan tidak akan membuat kita semangat dalam meraih cita-cita kita. Kita kan bisa menuliskan rencana itu dan menjualnya kepada orang lain dan biarkan orang itu melakukan rencana kita. Rencana dalam hidup kita itu bersumber dari cita-cita kita dan jika kita melaksanakan semua rencana kita dengan baik, maka cita-cita kita akan tercapai :)


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

Tentang Persaingan.

Tentang PersainganKini adalah era modern dan era modernisasi. Dengan era baru ini, kita dituntut untuk lebih ‘sosial’ dan lebih kreatif. Karena dunia semakin luas dan mudah dijangkau, maka terdapatlah persaingan untuk merebut pangsa pasar dunia. Dengan persaingan (yang sehat tentunya), maka kita akan semakin dituntut untuk kreatif dan inovatif. Dengan persaingan, tentunya dunia ini akan berkembang dengan sangat pesat. Kali ini saya akan jelaskan seperti apa persaingan yang sehat itu. Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Persaingan yang sehat itu adalah persaingan dengan cara saling meningkatkan kualitas dan pelayanannya. Bukannya saling menjatuhkan dan saling mencaci-maki. Saya umpamakan saja seperti fenomena smartphone yang sangat berkembang dengan pesat sejak iPhone dirilis. iPhone adalah smartphone yang revolusioner pada saat itu, tetapi dia belum bisa menyaingi Nokia yang pada saat itu masih merajai pasar ponsel dunia. Lalu, iPhone terus meningkatkan kualitasnya dan pada akhirnya smartphone tersebut berhasil merebut hati konsumen.

iPhone memang sangat bagus pada saat itu, namun harganya sangat mahal sehingga belum dapat dijangkau bagi masyarakat menengah. Kemudian Samsung datang dengan ponsel Samsung Galaxy yang harganya murah dan dengan sistem operasi Android yang cukup menyerupai iPhone. Dengan cepat smartphone Samsung menguasai pangsa pasar dan semakin melemahkan Nokia.

Samsung Galaxy S4 iPhone 5 BlackBerry Z10 HTC One Lumia 920Kemudian Samsung mengeluarkan varian smartphone premiumnya yang diberi nama Galaxy S. Galaxy S menjadi pesaing utama iPhone. Mereka tidak pernah berupaya untuk saling menjatuhkan dengan cara saling meledek kelemahan masing-masing smartphone tersebut. Meskipun mereka masih saling menggugat dugaan pelanggaran hak paten. Mereka malah saling membuat inovasi yang lebih baik daripada kompetitornya. Sementara itu, Nokia dan Blackberry terus berinovasi untuk mengejar ketinggalannya. HTC juga berupaya untuk mengikuti jejak Samsung dengan smartphonenya. Kelima smartphone tersebut masing-masing memiliki penggemar setia dan mereka mempunyai kelebihannya masing-masing. Dengan persaingan tersebut, kita akan mendapati perkembangan smartphone yang jauh lebih pesat daripada sebelum ponsel full-touch populer. Dahulu, kita menganggap ponsel berkamera 5 MP adalah ponsel yang ‘luar biasa’. Tapi kini kita telah terbiasa melihat smartphone berkamera 8 MP atau bahkan melebihi khayalan kita. Seperti Nokia 808 PureView yang berkamera 42 MP!

Seandainya tidak ada persaingan dan Nokia menjadi satu-satunya ponsel yang digemari masyarakat, pasti perkembangan ponsel akan ‘itu-itu’ saja. Nah, dengan banyak pesaing, kita akan mendapati perkembangan teknologi ponsel yang semakin tidak terduga sebelumnya.

Nah, bagaimana dengan kita? Masyarakat Indonesia masih banyak yang menggunakan cara yang tidak sehat untuk bersaing dan sifat iri hatinya yang masih kental. Tak jarang ada kasus orang yang membunuh pesaingnya atau melakukan upaya untuk menjatuhkannya seperti dengan merampok, menghasut, dll. Ada juga orang yang telah mendominasi pasar tetapi tidak pernah mengembangkan produknya dan jarang berupaya untuk menguasai pasar internasional. Itulah yang membuat Indonesia kurang maju dalam sektor industri. Ayo kita tumbuhkan sikap kompetitif dan hindari sifat iri hati :)

persaingan meningkatkan semangat belajarDalam meraih prestasi juga butuh persaingan. Kita bersaing untuk meraih juara kelas. Tetapi, kita tidak boleh memusuhi atau menjauhi kompetitor kita. Justru kita ajak dia belajar bersama karena dia mungkin satu pandangan dengan kita yaitu lebih menyukai belajar. Kita juga tidak boleh terlalu sombong. Persaingan dalam meraih prestasi membuat siswa yang bersaing semakin giat belajar.

Kini saya tengah bersaing dengan beberapa blog pendidikan, cinta, dan bahkan website sejenis Wikipedia! Namun saya tidak pernah membenci, menghujat, dan memusuhi pesaing saya. Saya adalah pembaca setia Wikipedia dan masih menggunakan blog lain untuk referensi artikel saya. Bahkan saya juga gemar menyunting artikel di Wikipedia karena Wikipedia itu milik kita semua :)


Semoga bermanfaat,

Tetap Semangat! | Catatan Harian

12 Cara Mencari Inspirasi

7 Cara Mencari InspirasiKita sangat membutuhkan inspirasi. Terutama jika kita mengerjakan sesuatu yang membutuhkan kreativitas seperti menulis cerita, membuat puisi, menulis lagu, membuat artikel blog, melukis, dll. Selain itu, banyak hal yang bisa kita lakukan jika kita memiliki inspirasi. Inspirasi itu adalah ide atau gagasan yang secara mendadak keluar dari pikiran kita walaupun kita tidak menginginkannya. Nah, bagaimana cara mencari inspirasi dan bagaimana cara memaksimalkan inspirasi itu? Langsung saja kita simak yang pertama:

Sistem Politik Indonesia (Materi Ringkasan)

Artikel ini merupakan bagian dari Materi Pelajaran PKn SMA kelas X semester 2 ‘Sistem Politik Indonesia’.

Sistem politik terdiri atas dua kata, sistem dan politik. Sistem adalah suatu kesatuan yang terbentuk dari beberapa unsur dan elemen. Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Jadi, sistem politik adalah suatu tata cara untuk mengatur negara.

Proses Pembentukan Minyak Bumi (Materi Lengkap)

Artikel ini merupakan bagian dari Materi Pelajaran kimia SMA kelas X semester 2 ‘Minyak Bumi’.

Minyak bumi terbentuk dari penguraian senyawa-senyawa organik dari jasad mikroorganisme jutaan tahun yang lalu di dasar laut atau di darat. Sisa-sisa tumbuhan dan hewan tersebut tertimbun oleh endapan pasir, lumpur, dan zat-zat lain selama jutaan tahun dan mendapat tekanan serta panas bumi secara alami. Bersamaan dengan proses tersebut, bakteri pengurai merombak senyawa-senyawa kompleks dalam jasad organik menjadi senyawa-senyawa hidrokarbon. Proses penguraian ini berlangsung sangat lamban sehingga untuk membentuk minyak bumi dibutuhkan waktu yang sangat lama. Itulah sebabnya minyak bumi termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, sehingga dibutuhkan kebijaksanaan dalam eksplorasi dan pemakaiannya.

Tugas: Biografi Steve Jobs

Steve Jobs dikenal sebagai CEO Apple, sebuah perusahaan yang sangat inovatif dan kreatif. Jobs juga pernah menjabat sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios dan menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company pada tahun 2006. Beliau lahir di San Francisco, California pada tanggal 25 Februari 1955. Dia diangkat sejak lahir oleh Paul dan Clara Jobs. Mereka adalah bukan lulusan universitas.

Tugas: Pengertian Kelangkaan

1. Pengertian Kelangkaan

Kelangkaan adalah kondisi di mana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memuaskan semua kebutuhan kita. Dengan singkat kata kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan lebih banyak dari jumlah barang dan jasa yang tersedia. Kelangkaan bukan berarti segalanya sulit diperoleh atau ditemukan. Kelangkaan juga dapat diartikan alat yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan jumlahnya tidak seimbang dengan kebutuhan yang harus dipenuhi. Kelangkaan mengandung dua pengertian:

Tugas Kimia: Makalah Fraksi-Fraksi Minyak Bumi

Anggota kelompok:

  • I Putu Hedi Sasrawan (16)
  • Martina Carissa Dewi (20)
  • Kadek Diah Sri Pratiwi (23)
  • I Gede Wahyu Putra Winarta (35)

6 Macam Media Sosialisasi

Media sosialisasi sangat berperan dalam pembentukan kepribadian seorang individu. Macam-macam media sosialisasi adalah keluarga, kelompok bermain/teman sepermainan/teman sebaya, sekolah, lingkungan kerja, media massa, dan organisasi. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing media sosialisasi. Langsung saja kita simak yang pertama:
(Merupakan bagian dari materi tentang sosialisasi dan pembentukan kepribadian)

5 Tips Menghilangkan Galau Karena Ditolak

5 Tips Menghilangkan Galau Karena DitolakTips menghilangkan galau ini pengertiannya jauh lebih luas daripada sekedar galau karena cinta ditolak. Galau karena ditolak itu macam-macam. Mulai dari karena ditolak kerja, ditolak di sekolah favorit, atau bahkan ditolak dalam masyarakat. Tentu saja itu sangat menggalaukan bukan? Nah, berikut adalah tips menghilangkan galau karena ditolak. Langsung saja kita simak yang pertama:

6 Cara PDKT Kepada Teman

6 Cara PDKT Kepada TemanCara PDKT kepada teman memang terlihat mudah. Namun, ternyata sedikit susah. Jika kita menyukai teman yang satu ruang kelas dengan kita, maka akan rentan sekali cemburuan jika dia dekat dengan temannya yang lain. Nah, sebaiknya PDKT lah sama teman yang beda ruang kelas atau yang lebih baik lagi kalau beda sekolah. Supaya nanti jika Anda sudah berpacaran dengannya tidak akan ada masalah yang menyangkut tentang orang lain. Nah, bagaimana cara PDKT dengan teman? Langsung saja kita simak yang pertama:

Direktori > Urusan Pribadi > Cinta > PDKT > 6 Cara PDKT Kepada Teman

5 Ciri Pria Suka Isi SMS dari Kita

5 Ciri Pria Suka Isi SMS dari KitaJika seorang pria sedang mencintai kita, dia mungkin akan selalu menunggu-nunggu SMS dari kita. Walaupun kita SMS dia hanya pada saat penting saja seperti saat menanyakan sesuatu. Dia mungkin akan sangat senang jika kita SMS dia saat kita lagi ingin curhat sama dia. Itu karena dia merasa bahwa dia adalah orang yang dibutuhkan oleh kita. Nah, bagaimana ciri-ciri pria suka isi SMS dari kita? Langsung saja kita simak yang pertama:

Direktori > Urusan Pribadi > Cinta > Dicintai > 5 Ciri Pria Suka Isi SMS dari Kita

Artikel Tentang Dicintai

Direktori > Urusan Pribadi > Cinta > Dicintai

Berikut adalah berbagai artikel tentang dicintai. Yang bercetak tebal adalah artikel pilihan. Daftar ini akan terus berkembang.

Umpamakan Diri Kita Bagaikan Sebuah “Negara”

Umpamakan Diri Kita Bagaikan Sebuah “Negara”Jika dilihat lebih jauh, diri kita ini adalah bagaikan sebuah ‘negara’ dengan sekolah sebagai ‘PBB’ kita. Dengan kita sendiri yang menjadi ‘Presiden’ dan ‘Menterinya’. Kita yang memimpin ‘negara’ (tubuh) kita sendiri dan kita juga berperan sebagai ‘Menteri’ yang bertugas sebagai pengatur keuangan, hubungan ‘luar negeri’ (antar teman), agen rahasia, pendidikan, ‘BUMN’, dll. Cukup sulit dipahami, yaa? :D Hmm tapi saya kebetulan saja punya pemikiran seperti ini.

Sebagai ‘pemerintah’, kita juga harus menjaga baik ‘hubungan diplomatik dengan negara lain’ (hubungan antar teman) walaupun mereka berbeda ‘hukum dan dasar negaranya’ (agama, latar belakang, dan sifatnya). Kita juga harus mampu mengelola ‘sumber daya alam’ (peralatan tulis dan kantor), ‘sumber daya manusia’ (tenaga dan pikiran kita), dan ‘BUMN’ (sumber pendapatan dan usaha yang kita miliki). Kita sudah memiliki ‘Menteri Pendidikan dan Kebudayaan’ yang bertugas untuk mengelola alokasi waktu belajar dan berekreasi kita (karena bermain itu sudah terlalu mainstream). Kita juga punya ‘FBI’ yang bertugas memantau aktivitas ‘negara lain’ dan merahasiakan privasi kita.

Tentu saja dalam suatu negara, negara itu haruslah sangat bijak dalam mengelola seluruh kekayaannya dengan baik. Tentu saja itu memperlukan alokasi waktu yang baik dan dengan belajar yang cukup. Tengoklah sang Presiden Indonesia, dia bekerja hampir 24 jam sehari untuk mengurus negara kita tercinta ini.

Nah, ‘Presiden beneran’ saja bisa mengelola negaranya dengan sangat baik padahal negaranya sangat luas, berpulau-pulau, dan rakyatnya sangat banyak. Namun kita sebagai ‘Presiden’ dari ‘negara tubuh kita sendiri’ saja mengeluh dalam hal mengurus satu orang saja (yaitu kita. Mungkin ada beberapa orang lain, namun itu hanyalah sebatas teman), kita seringkali tidak bisa mengelola waktu belajar kita, mengelola keuangan kita, mengelola tugas, mengelola hubungan antar teman, dan lain sebagainya.

Umpamakan Diri Kita Bagaikan Sebuah “Negara”1Hmm saya sedikit cerita tentang ‘negara’ saya. ‘Negara’ saya dahulu (pas jaman SMP) sangatlah tertutup bagaikan Korea Utara (yang sampai saat saya tulis artikel ini masih tertutup). Dahulu saya memang mempunyai teman namun mereka sama sekali tidak mengetahui apa yang terjadi dalam ‘negara’ saya. Bahkan mereka baru mengetahui bahwa pada saat itu saya pernah menyukai teman kelas saya sejak 2,5 tahun lalu (sejak pernyataan tersebut diketahui mereka). Mereka juga baru mengetahui 3 minggu kemudian bahwa saya telah punya pacar. Tetapi sekarang (saat SMA), ‘negara’ saya terbuka sedikit. Bukti keterbukaan ‘negara’ saya adalah yaa blog ini. Namun, saya sangat jarang curhat lewat blog dan Twitter. Kalaupun ingin, itupun aku seleksi dengan sangat ketat kenetralannya. Blog adalah tempat saya berbagi isi otak dan pemikiran saya (tentunya dengan selektif dan netral) sedangkan Twitter adalah kata-kata motivasi yang saya dapatkan dari otak saya (terkadang copas dari akun Twitter lain). Tempat curhat saya adalah akun pribadi Facebook saya (bukan fanspagenya). Namun, sebagian besar data pribadi, biodata, foto, status, dan peristiwa saya atur privasinya menjadi khusus (hanya beberapa orang tertentu yang dapat melihatnya). Nah, itulah mengapa akun Facebook pribadi saya terlihat seperti tidak pernah diurus. Itu berarti sama saja ‘negara’ saya saat ini masih seperti Korea Utara tapi terbuka dalam hal pendidikan bukan dalam masalah pribadi atau masalah internal. Namun saat ini saya tengah berupaya membuat beragam ‘hubungan diplomatik’ dengan ‘negara lain’.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

Alat Ekskresi dan Hasil Ekskresi

Sistem ekskresi pada manusia terdiri dari 4 organ ekskresi. Yaitu ginjal, hati, paru-paru, dan kulit. Berikut ini adalah tabel alat ekskresi dan hasil akhir yang dikeluarkan dari tubuh oleh alat ekskresi:

Organ Ekskresi

Hasil Ekskresi

Ginjal Urea, kreatinin, dan amonia melalui urine
Hati Urea dan amonia dalam bentuk empedu dan keluar melalui urine
Paru-paru CO2 (karbon dioksida) dan H2O (uap air)
Kulit Keringat

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

Afinitas Elektron (Artikel Lengkap)

Afinitas elektron adalah besarnya energi yang dibebaskan satu atom netral dalam wujud gas pada waktu menerima satu elektron sehingga terbentuk ion negatif. Energi ionisasi selalu ditekankan pada pembentukan ion positif. Afinitas elektron ditekankan pada ion negatif, dan keduanya banyak dipakai untuk unsur-unsur pada golongan 6 dan 7 pada tabel periodik.

Akibat Orang Terlalu Berlebihan (Sifat)

Ingatlah bahwa segalanya yang terlalu berlebihan itu bukanlah hal yang baik walaupun tujuannya baik. Seperti berolahraga, makan, tidur, bekerja, belajar, bermain, dan lain sebagainya. Jika kita olahraga terlalu banyak, kita bisa terkena serangan jantung. Jika kita makan berlebihan, maka kita akan kegemukan atau kolestrol. Jika kita terlalu banyak tidur, maka tubuh kita akan lesu dan lemas. Jika kita terlalu lama bekerja, kita akan lelah dan pusing. Jika kita belajar terlalu lama, otak kita akan sakit. Jika kita bermain terlalu lama, kita akan lupa akan kewajiban kita. Dan sebagainya. Nah, bagaimana dan apa akibat orang yang sifatnya terlalu berlebihan? Langsung saja kita simak selengkapnya…..

close