Asap Kendaraan Menghasilkan Gas Apa?

Menggunakan kendaraan bermotor memang sangat mudah dan cepat. Namun, dibalik itu ada dampak negatif yang sangat mengancam. Yaitu gas buangannya. Selain menimbulkan pemanasan global, gas buangan kendaraan bermotor mengandung zat-zat yang beracun. Hal inilah yang membuat udara di perkotaan sangatlah kotor dan membuat sesak napas. Nah, apa sajakah yang dikeluarkan oleh asap kendaraan bermotor? Langsung saja kita simak yang pertama:

  1. Nitrogen (N | tidak berbahaya bagi kesehatan)

  2. Karbon dioksida (CO2 | tidak berbahaya bagi kesehatan)

  3. Uap air (H2O | tidak berbahaya bagi kesehatan)

  4. Karbon monoksida (CO | berbahaya bagi kesehatan)

  5. Nitrogen Oksida (NOx | berbahaya bagi kesehatan)

  6. Sulfur Oksida (SOx | berbahaya bagi kesehatan)

  7. Timbal (Pb | berbahaya bagi kesehatan)

  8. Belerang Oksida (SOx | berbahaya bagi kesehatan)

  9. Asbes (berbahaya bagi kesehatan)

  10. Dan berbagai macam logam berat yang berbahaya bagi kesehatan seperti kadmium, arsenik, mangan, nikel, dan zink.

Gas tersebut diakibatkan oleh pembakaran tidak sempurna. Jika terlalu sering dihirup, asap kendaraan dapat menimbulkan gangguan sistem pernapasan dan berujung pada kanker paru-paru.


Sumber:
1. Bahaya Gas Buang Kendaraan Bagi Manusia Dan Lingkungan (motorexs.blogspot.com)
2. Polusi Udara Akibat Pembakaran Bahan Bakar Fosil (vintama.blogspot.com)
3. Hindari Menghirup Asap Kendaraan (melindahospital.com)
4. WARNING!! (duniaunsur.blogspot.com)
5. Asap Berbahaya di Sekitar Kita (girls.kidnesia.com)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

6 Perkembangan Teori Atom Modern

Sebelumnya kita telah membahas tentang perkembangan teori atom secara keseluruhan. Sekarang kita akan membahas perkembangan teori atom modern terutama didasarkan pada pembahasan mengenai radiasi. Radiasi dibedakan menjadi radiasi partikel dan radiasi elektromagnetik. Radiasi partikel terdiri atas partikel, seperti sinar alfa, sinar beta, dan sinar katode. Partikel tersebut ada yang bermuatan dan ada yang tidak bermuatan. Radiasi elektromagnetik digambarkan sebagai peristiwa gelombang yang tidak mempunyai massa maupun muatan. Nah, berikut adalah perkembangan teori atom modern. Langsung saja kita simak yang pertama:

5 Permasalahan yang Terjadi di Negara Maju

Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang 10 Permasalahan yang terjadi di Negara Berkembang, kita sekarang akan membahas permasalahan yang terjadi di negara maju. Tidak hanya negara berkembang, negara maju pun mengalami permasalahan yang cukup kompleks dan berbeda dengan permasalahan di negara berkembang yang hanya disebabkan oleh kurangnya dana dan ketertiban di masyarakat. Nah, apa sajakah permasalahan yang terjadi di negara maju? Langsung saja kita simak yang pertama:

10 Permasalahan yang Terjadi di Negara Berkembang

Negara berkembang adalah sebuah negara dengan rata-rata pendapatan yang rendah, infrastruktur yang relatif terbelakang, dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan negara global. Sesuai namanya, negara berkembang pastilah memiliki berbagai macam permasalahan yang masih harus ditangani. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di negara berkembang. Nah, apa sajakah permasalahan yang terjadi di negara berkembang? Langsung saja kita simak yang pertama:

20 Penyakit pada Sistem Pernapasan Manusia

Sistem pernapasan pada manusia adalah salah satu sistem organ yang sangat penting. Karena jika manusia tidak bernapas selama beberapa menit, maka dia akan mati. Sama seperti sistem organ yang lain, sistem pernapasan pada manusia juga bisa mengalami gangguan atau kelainan yang mempengaruhi sistem itu sendiri. Nah, apa sajakah penyakit pada sistem pernapasan pada manusia? Langsung saja kita simak yang pertama:

Apa Itu Simpul Tawara?

Simpul tawara disebut juga Nodus Atrioventrikularis (Nodus A.V) adalah bagian dari simpul saraf jantung. Simpul pada jantung terdiri dari simpul keith-flack, simpul tawara, dan berkas his. Simpul tawara mengkoordinasi bagian atas jantung. Simpul tawara terdapat pada perbatasan antara serambi (atrium) dan bilik (ventrikel). Simpul tawara di daerah septum atreirorum dekat ostium sinus coronarius akan membentuk berkas atrioventrikular / moderator band bercabang kiri dan kanan menjadi berkas His. Fungsi simpul tawara adalah untuk mengkoordinasi aktivitas mekanik sel otot (khususnya otot jantung).


Sumber:
1. TUGAS LATIHAN SISTEM SIRKULASI (masihtertulis.blogspot.com)
2. Atrioventricular node (en.wikipedia.org)
3. SISTEM PEREDARAN DARAH (biologi.blogsome.com)
4. katup, vaskularisasi, pembuluh darah (berbagimanfaat.com)


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

Saraf Simpatik dan Parasimpatik (Artikel Lengkap)

Saraf simpatik dan parasimpatik adalah bagian dari sistem saraf otonom. Sistem saraf otonom mengatur kerja jaringan dan organ tubuh yang tidak disadari atau yang tidak dipengaruhi oleh kehendak kita. Sistem saraf otonom disusun oleh serabut saraf yang berasal dari otak maupun dari sumsum tulang belakang dan menuju organ yang bersangkutan. Jaringan dan organ tubuh diatur oleh sistem saraf otonom adalah pembuluh darah dan jantung. Dalam sistem ini terdapat beberapa jalur dan masing-masing jalur membentuk sinapsis yang kompleks dan juga membentuk ganglion. Urat saraf yang terdapat pada pangkal ganglion disebut urat saraf pra ganglion dan yang berada pada ujung ganglion disebut urat saraf post ganglion.

Artikel Tentang Yoga

Artikel Tentang YogaYoga berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “penyatuan” yang bermakna “penyatuan dengan alam atau Sang Pencipta”. Yoga bukanlah sesuatu yang berhubungan dengan agama dan kepercayaan tertentu. Pengertian yoga adalah suatu kumpulan praktek-praktek latihan rohani kuno yang pertama kali dikembangkan di India. Yoga dibagi menjadi empat yaitu Bhakti Yoga, Jnana Yoga, Karma Yoga, dan Raja Yoga. Yoga kini telah terdiri dari berbagai macam jenis seiring dengan semakin populernya Yoga di dunia.

Ajaran Yoga dibangun oleh Maharsi Patanjali, dan merupakan ajaran yang sangat populer di kalangan umat Hindu. Ajaran yoga merupakan ilmu yang bersifat praktis dari ajaran Veda. Yoga berakar dari kata Yuj yang berarti berhubungan, yaitu bertemunya roh individu (atman/purusa) dengan roh universal (Paramatman / Mahapurusa). Maharsi Patanjali mengartikan yoga sebagai Cittavrttinirodha yaitu penghentian gerak pikiran.

Sastra Yogasutra yang ditulis oleh Maharsi Patanjali, yang terbagi atas empat bagian dan secara keseluruhan mengandung 194 sutra. Bagian pertama disebut: Samadhipada, sedangkan bagian kedua disebut: Sadhanapada, bagian ketiga disebut: Vibhutipada, dan yang terakhir disebut: Kailvalyapada.

Tujuan dari Yoga adalah untuk menjaga tubuh supaya tetap sehat dan bugar. Kegiatan Yoga dituntun oleh seorang pelatih yang menuntun dan melatih teknik pernapasan. Meditasi merupakan bagian penting dalam yoga. Tujuan utama Yoga adalah untuk mencapai Samadhi. Semadhi adalah keadaan di mana pikiran menjadi terpusat.

Banyak orang di dunia tertarik dengan Yoga karena bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Maka dari itu, banyak orang yang tertarik mengikuti pelatihan Yoga walaupun mereka bukan agama Hindu. Karena Yoga berlaku bagi setiap umat.

Karena Yoga adalah latihan untuk memusatkan pikiran, maka ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan Yoga:

  1. Yoga sebaiknya dilakukan pada pukul 05.30 sampai 06.30 pagi.
  2. Sebaiknya tidak makan minimal 3 jam sebelum latihan Yoga dan mulai makan sekitar setengah jam setelah melakukan Yoga.
  3. Pada saat Yoga hendaknya tidak berbicara sampai selesai, apalagi tertawa.
  4. Yoga dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang usia, ras, agama, dan kepercayaan.

Bila kita mengenal Karate atau Kungfu sebagai sebagai suatu tehnik untuk membela diri, maka Yoga merupakan suatu tehnik untuk mengenal diri. “Siapa yang mengenal dirinya, maka dia mengenal Tuhannya”. Yoga menyelaraskan tubuh fisik, pikiran dan jiwa. Pada tubuh fisik, yoga memberi efek kesehatan, keseimbangan, kekuatan dan vitalitas. Pada pikiran, yoga meningkatkan daya ingat, konsentrasi, menajamkan tingkat intelektual, menyeimbangkan emosi sehingga membuat hidup lebih kaya dan bahagia. Pada jiwa, yoga membawa kesadaran, kebebasan dan pencerahan.

Sumber:
1. Yoga (id.wikipedia.org)
2. Artikel Yoga :: Fakta-fakta Tentang Yoga (artikelyoga.blogspot.com)
3. Pengertian Yoga (artshangkala.wordpress.com)
4. samadhi (semangatdharma.blogspot.com)
5. Hal Penting Seputar Yoga (kamissore.blogspot.com)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

6 Saraf pada Korpuskula

Saraf pada korpuskula adalah saraf yang berada di kulit. Dengan saraf tersebut, kita dapat merasakan panas, sentuhan, dingin, nyeri, dan tekanan. Dengan kemampuan merasakan tersebut, kita bisa mengetahui dan bisa menghindari bahaya secara refleks. Reseptor pada kulit bermacam-macam yaitu:

  1. Korpuskula paccini, merupakan saraf perasa tekanan kuat.
  2. Korpuskula ruffini, merupakan saraf perasa panas.
  3. Korpuskula meissner, merupakan saraf perasa sentuhan.
  4. Korpuskula Krause, yakni penerima respons rangsangan dingin
  5. Korpuskula ujung saraf terbuka: rasa nyeri
  6. Korpuskula lempeng merkel: sentuhan dan tekanan ringan
Sumber:
1. Indra Perasa dan Peraba (sentra-edukasi.com)
2. Pengertian Fungsi Reseptor Saraf Pada Kulit Manusia (perpustakaancyber.blogspot.com)
3. Sistem Koordinasi (asnani-biology.blogspot.com)
4. Macam macam syaraf yang ada pada kulit beserta fungsinya? (id.answers.yahoo.com)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

Jika Anda Sedang Mencintai Teman Sekelas…

Jika Anda Sedang Mencintai Teman Sekelas…Kita memang lebih mudah mencintai orang yang sering kita temui. Saya juga pernah mengalaminya waktu SMP dulu. Jika kita sedang mencintai teman sekelas, maka sangatlah susah untuk move on selama kita masih sekelas dengannya. Kita akan lebih rentan cemburu karena gerak-geriknya akan setiap hari kita lihat. Selain itu, kita akan cukup susah untuk menembaknya karena kita pasti mempunyai rasa malu dan takut yang tinggi.

Nah, cara yang harus Anda lakukan saat pertama kali merasa suka dengannya adalah dengan menjaga hati Anda supaya tidak mudah cemburu. Ingatlah bahwa dia belum milik Anda. Jangan sampai Anda cemburu baru Anda melihat dia duduk berdampingan dengan temannya yang berlawanan jenis dengannya. Dia belum tentu suka dengan temannya. Itu hanya bentuk keakraban saja. Jagalah hati Anda supaya tidak merasa sakit saat melihatnya sedang duduk di dekat orang lain padahal itu hanya sekedar menanyakan soal tugas sekolah.

Usahakan supaya tidak ada yang tahu siapa orang yang Anda suka (ini kesalahan saya yang terbesar dulu dan saya ulangi lagi) walaupun itu sahabat Anda. Karena itu akan membuat Anda akan merasa canggung ketika berbicara dengan orang tersebut karena selalu merasa akan dicie2in oleh teman Anda itu. Usahakan pula ketika sedang online di jejaring sosial, Anda tidak hanya mengobrol dengannya supaya tidak ada orang yang curiga.

Selalulah berbuat hal yang bisa membuatnya akrab dan nyaman dengan Anda. Jika sudah cukup akrab, maka Anda harus berani menembaknya sebelum dia sudah punya orang lain. Anda harus pede dan berani menerima kenyataan entah dia mau apa tidak jadi pacar Anda. Jika dia menolak, cobalah untuk terus menembaknya. Lebih baik lagi jika dia mau menatap mata Anda supaya dia tahu tingkat keseriusan Anda.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Tips Cinta

2 Cara Menghadapi Cowok yang Suka dengan Kita

2 Cara Menghadapi Cowok yang Suka dengan KitaCowok kalau lagi suka sama kita itu biasanya sering banget SMS kita atau membalas tweet kita sementara tweet orang lain kurang diurus oleh dia. Dia sudah suka dengan kita, sekarang tinggal kita saja yang juga suka sama dia atau tidak. Nah, saya akan memberikan tips bagaimana cara menghadapi cowok yang suka dengan kita jika kita suka juga sama dia atau tidak. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Jika Anda Menyukainya

Jika Anda juga menyukainya, ada baiknya Anda terus berkomunikasi dan dekat dengannya. Jika dia malu menembak Anda karena dia belum tahu apakah Anda suka apa tidak dengannya, maka yang Anda bisa lakukan adalah mengakui kepadanya bahwa Anda suka dengannya. Dijamin dia akan senang dan tidak lama lagi dia akan menembak Anda.

2. Jika Anda Tidak Menyukainya

Jika Anda tidak menyukainya, Anda tidak boleh cuek dengannya atau merasa jijik dengannya. Anda tidak boleh juga menjauhinya. Tetaplah seperti biasanya sebiasa Anda menganggapnya teman Anda. Jika Anda menjauhinya dan malah lebih suka dekat dengan cowok lain, kemungkinan hatinya akan merasa sakit dan bisa berujung bunuh diri yang malah akan merepotkan Anda sendiri. Walaupun Anda tidak menyukainya, pastikan juga dia merasa bahagia dan ceria. Ajak juga dia untuk move on atau lebih baik lagi kalau Anda membantunya untuk mencarikannya cewek yang lain.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Tips Cinta

Kelangkaan SDA dapat Disebabkan Oleh Manusia Karena?

Kelangkaan SDA dapat Disebabkan Oleh Manusia KarenaSDA ada yang dapat diperbarui dan ada juga yang tidak dapat diperbarui. Sumber daya alam yang dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui kebanyakan merupakan bahan tambang. Selain itu, ada juga sumber daya alam yang tidak akan habis (tepatnya sangat lama habis) seperti air, udara, dan sinar matahari. Nah, sumber daya alam baik yang dapat diperbarui maupun yang tidak dapat diperbarui bisa mengalami kelangkaan. Penyebab kelangkaan tersebut kebanyakan disebabkan oleh manusia salah satunya adalah sebagai berikut:

  1. Keserakahan manusia dalam mengambil hasil tambang dapat menyebabkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui cepat habis. Seperti minyak bumi yang penggunaannya semakin meningkat tetapi cadangan minyak bumi di perut bumi kian menipis.
  2. Melakukan penebangan hutan secara berlebihan tanpa melakukan upaya reboisasi dapat menyebabkan langkanya hutan lindung di dunia. Hal ini cukup memprihatinkan mengingat hutan adalah paru-paru dunia.
  3. Perburuan liar yang semakin marak menyebabkan beberapa jenis hewan terancam punah dan mengakibatkan tidak seimbangnya ekosistem. Hal ini juga diperparah oleh penebangan hutan yang menyebabkan hilangnya habitat berbagai jenis hewan.
  4. Populasi manusia meningkat tajam. Dengan populasi manusia yang semakin meningkat maka kebutuhan akan tempat tinggal dan pangan pun semakin meningkat. Hal inilah yang menyebabkan hutan harus direlakan untuk ditebang dan dijadikan perumahan.
  5. Peningkatan populasi manusia yang tidak diseimbangkan dengan peningkatan kualitas manusia tersebut menyebabkan banyak terdapat lingkungan yang kumuh dan sangat merusak lingkungan. Akibatnya, air bersih dan udara bersih menjadi semakin langka. Hal ini diperparah dengan pembangunan pabrik yang tidak sesuai standar dan penggunaan kendaraan bermotor yang semakin meningkat.

Nah, marilah kita semua ikut menjaga kelestarian sumber daya alam supaya tidak menjadi langka. Salah satunya adalah dengan ikut melakukan aksi penghijauan lingkungan, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, membuang sampah pada tempatnya, dan mendukung program KB.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

6 Ciri Orang yang Suka Kita dari Cara SMS

6 Ciri Orang yang Suka Kita dari Cara SMSMenebak orang yang suka sama kita itu gampang-gampang susah. Terutama jika melalui SMS. Biasanya ciri-cirinya terlihat melalui cara dia membalas SMS kita. Tetapi, hal ini tidak berlaku jika sifat orang tersebut adalah sangat akrab dan sangat ingin ditemani. Nah, apa sajakah ciri-ciri orang yang suka kita dari caranya dia SMS kita? Langsung saja kita simak yang pertama:

8 Organ Pernapasan Pada Manusia

8 Organ Pernapasan Pada ManusiaSemua hewan termasuk manusia membutuhkan udara untuk bernapas. Proses pernapasan pada manusia terdiri dari beberapa tahap dengan menggunakan berbagai macam organ. Nah berikut adalah organ-organ pernapasan pada manusia. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Hidung (Cavum Nasalis)

Rongga hidung termasuk alat pernapasan pada manusia paling luar, dan merupakan alat pernapasan paling awal. Udara keluar masuk melalui rongga hidung. Rongga hidung selalu lembap karena adanya selaput lendir. Di dalam rongga hidung juga terdapat rambut-rambut pendek dan halus. Selaput lendir dan rambut-rambut halus ini berfungsi menyaring debu dan kotoran yang masuk bersama udara, melekatkan kotoran pada rambut hidung, mengatur suhu udara pernapasan, dan mengenali adanya bau. Juga terdapat konka yang mempunyai banyak kapiler darah yang berfungsi menghangatkan udara yang masuk. Di sebelah belakang rongga hidung terhubung dengan nasofaring melalui dua lubang yang disebut choanae.

gambar hidungUdara bebas tidak hanya mengandung oksigen saja, namun juga gas-gas yang lain. Misalnya, karbon dioksida (CO2), belerang (S), dan nitrogen (N2). Gas-gas tersebut ikut terhirup, namun hanya oksigen saja yang dapat berikatan dengan darah. Selain sebagai organ pernapasan, hidung juga merupakan indra pembau yang sangat sensitif. Dengan kemampuan tersebut, manusia dapat terhindar dari menghirup gas-gas yang beracun atau berbau busuk yang mungkin mengandung bakteri dan bahan penyakit lainnya. Dari rongga hidung, udara selanjutnya akan mengalir ke tenggorokan.

2. Tenggorokan (Faring)

Udara dari rongga hidung masuk ke faring. Faring merupakan persimpangan antara 2 saluran, yaitu rongga hidung ke tenggorokan (saluran pernapasan / nasofarings)  pada bagian depan dan rongga mulut ke kerongkongan (saluran pencernaan / orofarings) pada bagian belakang. Pada bagian belakang faring terdapat laring. Laring disebut pula pangkal tenggorok. Pada laring terdapat pita suara (pita vocalis) dan epiglotis atau katup pangkal tenggorokan.

Masuknya udara melalui faring akan menyebabkan pita suara bergetar dan terdengar sebagai suara. Pada waktu menelan makanan epiglotis menutupi laring sehingga makanan tidak masuk ke dalam tenggorokan. Sebaliknya pada waktu bernapas epiglotis akan membuka sehingga udara masuk ke dalam laring kemudian menuju tenggorokan.

gambar laring, trakea, dan bronkusMakan sambil berbicara dapat mengakibatkan makanan masuk ke saluran pernapasan karena saluran pernapasan pada saat tersebut sedang terbuka. Walaupun demikian, saraf kita akan mengatur agar peristiwa menelan, bernapas, dan berbicara tidak terjadi bersamaan sehingga mengakibatkan gangguan kesehatan.

Fungsi utama faring adalah menyediakan saluran bagi udara yang keluar masuk dan juga sebagi jalan makanan dan minuman yang ditelan, faring juga menyediakan ruang dengung (resonansi) untuk suara percakapan.

3.  Batang Tenggorokan (Trakea)

Tenggorokan berbentuk seperti pipa dengan panjang kurang lebih 10 cm dan terletak sebagian di leher dan sebagian di rongga dada (torak). Dinding tenggorokan tipis dan kaku, dikelilingi oleh cincin tulang rawan, dan pada bagian dalam rongga bersilia. Silia-silia ini berfungsi menyaring benda-benda asing yang masuk ke saluran pernapasan. Di paru-paru trakea bercabang dua membentuk bronkus. Dinding tenggorokan terdiri atas tiga lapisan berikut.

  1. Lapisan paling luar terdiri atas jaringan ikat.
  2. Lapisan tengah terdiri atas otot polos dan cincin tulang rawan. Trakea tersusun atas 16–20 cincin tulang rawan yang berbentuk huruf C. Bagian belakang cincin tulang rawan ini tidak tersambung dan menempel pada esofagus. Hal ini berguna untuk mempertahankan trakea tetap terbuka.
  3. Lapisan terdalam terdiri atas jaringan epitelium bersilia yang menghasilkan banyak lendir. Lendir ini berfungsi menangkap debu dan mikroorganisme yang masuk saat menghirup udara.

Selanjutnya, debu dan mikroorganisme tersebut didorong oleh gerakan silia menuju bagian belakang mulut. Akhirnya, debu dan mikroorganisme tersebut dikeluarkan dengan cara batuk. Silia-silia ini berfungsi menyaring benda-benda asing yang masuk bersama udara pernapasan.

Batang tenggorok (trakea) terletak di sebelah depan kerongkongan. Di dalam rongga dada, batang tenggorok bercabang menjadi dua cabang tenggorok (bronkus). Di dalam paru-paru, cabang tenggorok bercabang-cabang lagi menjadi saluran yang sangat kecil disebut bronkiolus. Ujung bronkiolus berupa gelembung kecil yang disebut gelembung paru-paru (alveolus).

4. Pangkal Tenggorokan (Laring)

Laring merupakan suatu saluran yang dikelilingi oleh tulang rawan. Laring berada diantara orofaring dan trakea, didepan lariofaring. Salah satu tulang rawan pada laring disebut epiglotis. Epiglotis terletak di ujung bagian pangkal laring. Bagian dalam dindingnya digerakkan oleh otot untuk menutup serta membuka glotis. Glotis adalah lubang mirip celah yang menghubungkan faring dengan trakea.

Laring diselaputi oleh membrane mukosa yang terdiri dari epitel berlapis pipih yang cukup tebal sehingga kuat untuk menahan getaran-getaran suara pada laring. Fungsi utama laring adalah menghasilkan suara dan juga sebagai tempat keluar masuknya udara.

Pangkal tenggorok disusun oleh beberapa tulang rawan yang membentuk jakun. Pangkal tenggorok dapat ditutup oleh katup pangkal tenggorok (epiglotis). Pada waktu menelan makanan, katup tersebut menutup pangkal tenggorok dan pada waktu bernapas katu membuka. Pada pangkal tenggorok terdapat selaput suara yang akan bergetar bila ada udara dari paru-paru, misalnya pada waktu kita bicara.

5. Cabang Tenggorokan (Bronkus)

Bronkus merupakan cabang batang tenggorokan. Jumlahnya sepasang, yang satu menuju paru-paru kanan dan yang satu menuju paru-paru kiri. Struktur lapisan mukosa bronkus sama dengan trakea, hanya tulang rawan bronkus bentuknya tidak teratur dan pada bagian bronkus yang lebih besar cincin tulang rawannya melingkari lumen dengan sempurna. Bronkus bercabang-cabang lagi menjadi bronkiolus.

Batang tenggorokan bercabang menjadi dua bronkus, yaitu bronkus sebelah kiri dan sebelah kanan. Kedua bronkus menuju paru-paru, bronkus bercabang lagi menjadi bronkiolus. Bronkus sebelah kanan(bronkus primer) bercabang menjadi tiga bronkus lobaris (bronkus sekunder), sedangkan bronkus sebelah kiri bercabang menjadi dua bronkiolus. Cabang-cabang yang paling kecil masuk ke dalam gelembung paru-paru atau alveolus. Dinding alveolus mengandung kapiler darah, melalui kapiler-kapiler darah dalam alveolus inilah oksigen dan udara berdifusi ke dalam darah. Fungsi utama bronkus adalah menyediakan jalan bagi udara yang masuk dan keluar paru-paru.

Bronkus yang ke arah kiri lebih panjang, sempit, dan mendatar daripada yang ke arah kanan. Hal inilah yang mengakibatkan paru-paru kanan lebih mudah terserang penyakit. Struktur dinding bronkus hampir sama dengan trakea. Perbedaannya dinding trakea lebih tebal daripada dinding bronkus. Bronkus akan bercabang menjadi bronkiolus. Bronkus kanan bercabang menjadi tiga bronkiolus sedangkan bronkus kiri bercabang menjadi dua bronkiolus.

6. Bronkiolus

Bronkiolus merupakan cabang dari bronkus. Bronkiolus bercabang-cabang menjadi saluran yang semakin halus, kecil, dan dindingnya semakin tipis. Bronkiolus tidak mempunyai tulang rawan tetapi rongganya bersilia. Setiap bronkiolus bermuara ke alveolus. Ciri khas bronkiolus adalah tidak adanya tulang rawan dan kelenjar pada mukosanya, pada bagian awal dari cabang bronkiolus hanya memiliki sebaran sel globet dan epitel. Fungsi bronkiolus adalah sebagai media yang menghubungkan oksigen yang kita hirup agar mencapai paru-paru.

7. Paru-Paru (Pulmo)

gambar paru-paruParu-paru terletak di dalam rongga dada bagian atas, di bagian samping dibatasi oleh otot dan rusuk dan di bagian bawah dibatasi oleh diafragma yang berotot kuat. Paru-paru ada dua bagian yaitu paru-paru kanan (pulmo dekster) yang terdiri atas 3 lobus dan paru-paru kiri (pulmo sinister) yang terdiri atas 2 lobus. Paru-paru dibungkus oleh dua selaput yang tipis, disebut pleura. Selaput bagian dalam yang langsung menyelaputi paru-paru disebut pleura dalam (pleura visceralis) dan selaput yang menyelaputi rongga dada yang bersebelahan dengan tulang rusuk disebut pleura luar (pleura parietalis).

Paru-paru tersusun oleh bronkiolus, alveolus, jaringan elastik, dan pembuluh darah. Bronkiolus tidak mempunyai tulang rawan,tetapi ronga bronkus masih bersilia dan dibagian ujungnya mempunyai epitelium berbentuk kubus bersilia. Setiap bronkiolus te  rminalis bercabang-cabang lagi menjadi bronkiolus respirasi, kemudian menjadi duktus alveolaris. Pada dinding duktus alveolaris mangandung gelembung-gelembung yang disebut alveolus.

8. Alveolus

gambar bronkiolus dan alveolusBronkiolus bermuara pada alveol (tunggal: alveolus), struktur berbentuk bola-bola mungil yang diliputi oleh pembuluh-pembuluh darah. Dindingnya tipis, lembap, dan berlekatan erat dengan kapiler-kapiler darah. Alveolus terdiri atas satu lapis sel epitelium pipih dan di sinilah darah hampir langsung bersentuhan dengan udara. Epitel pipih yang melapisi alveoli memudahkan darah di dalam kapiler-kapiler darah mengikat oksigen dari udara dalam rongga alveolus. Adanya alveolus memungkinkan terjadinya perluasan daerah permukaan yang berperan penting dalam pertukaran gas O2 dari udara bebas ke sel-sel darah dan CO2 dari sel-sel darah ke udara.

Sumber:
1. Organ-Organ Pernapasan pada Manusia (biosejati.wordpress.com)
2. Alat – Alat Pernapasan pada Manusia (psychologymania.com)
3. Fungsi Bronkiolus :: Pengertian Bronkiolus (dwi-jo.blogspot.com)
4. Struktur Dan Fungsi Alveolus (perpustakaancyber.blogspot.com)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

Putaran Roda: Ketika Sedang Berada di Bawah…

Putaran Roda Ketika Sedang Berada di Bawah…Kehidupan ini bagaikan putaran roda yang selalu berputar ke depan. Kita bagaikan sebuah titik di salah satu bagian roda. Terkadang kita berada di puncak roda, terkadang pula kita berada di bagian dasar roda. Jika kehidupan kita tidak demikian, berarti ada sesuatu yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Misalnya, jika ada orang yang sangat kaya dalam waktu yang sangat lama, berarti dia itu dalam kesehariannya tidak pernah sombong dan selalu dermawan. Jika ada orang yang miskin dan tidak pernah kaya, maka mungkin saja dia demikian karena dia sangat iri hati dengan orang kaya sehingga dia sangat berusaha untuk menyamainya walaupun dengan cara berhutang. Nah, ketika kita sedang berada di bawah atau di dasar roda, sebaiknya kita tidak boleh menyesal dan juga tidak memusuhi orang yang menyebabkan kita menjadi demikian. Siapa tahun bukan dia yang menyebabkan semua itu.

5 Tips Jika Pacar Mulai Bosan

5 Tips Jika Pacar Mulai BosanJika pacar Anda sudah mulai bosan, Anda tidak perlu seheboh mulai lapar yang terdapat di iklan salah satu produk snack bar. Dia wajar kalau bosan jika ‘gaya’ pacarannya itu-itu saja. Meskipun wajar, tetapi harus diwaspada karena kebosanan inilah yang menjadi pemicu utama berakhirnya suatu hubungan. Nah, saya punya tips jika pacar mulai bosan. Intinya cukup mudah, hanya selalu rajin mencari sesuatu yang baru (bukan gebetan atau pacar baru). Langsung saja kita simak yang pertama:

4 Cara Merebut Hati Cowok yang Sudah Punya Pacar

4 Cara Merebut Hati Cowok yang Sudah Punya PacarTerkadang saat kita sedang mencintai seorang cowok, hati kita merasa sakit karena mengetahui kalau dia sudah punya pacar ataupun sedang mencintai seseorang yang lain. Sebenarnya kita bisa merebut hati cowok tersebut. Tetapi kita harus bersabar dan sedikit demi sedikit supaya kita tidak menyinggung hati cowok tersebut. Apalagi dia sudah punya pacar. Jangan sekali-kali Anda memfitnah dia dengan berkata bahwa pacarnya selingkuh. Itu bisa membuat hubungan mereka rusak atau bisa saja dia akan membenci kita. Nah, bagaimana cara merebut hati cowok yang sudah punya pacar? Langsung saja kita simak yang pertama: