Welcoming 2014

welcoming 2014

Tetap Sabar dan Tidak Selingkuh, Kunci Kelanggengan

Tetap Sabar dan Tidak Selingkuh

Selama pengamatan saya selama lebih dari satu tahun melalui curhat pembaca blog saya lewat hedisasrawan@gmail.com maupun melalui kiriman orang lain di jejaring sosial, saya menyimpulkan bahwa tips langgeng dengan pacar hanya ada dua yaitu tetap sabar dan tidak selingkuh. Ini dilatarbelakangi karena penyebab utama putus adalah karena pertengkaran hebat. Selingkuh adalah penyebab utama pertengkaran. Sedangkan kesabaran adalah cara jitu untuk menghentikan pertengkaran supaya cepat damai.

Selingkuh memang menjadi permasalahan utama dalam pacaran. Selingkuh ataupun “diduga selingkuh” selalu memicu pertengkaran dan diakhiri dengan putus. Selingkuh disebabkan karena kebosanan. Selingkuh tidak hanya kerap dilakukan oleh pria, tetapi juga oleh wanita. Namun perbedaannya ketika wanita terindikasi selingkuh, dia akan meminta putus dengan pacarnya dengan alasan “bosan” atau beragam alasan lainnya. Sedangkan pria tidak akan meminta putus dengan pacarnya walaupun dia sedang selingkuh.

Kesabaran adalah pereda amarah dan pertengkaran. Apapun yang diselesaikan dengan amarah, pastilah masalah itu tidak akan pernah selesai. Begitu juga ketika kita bertengkar dengan pacar kita. Dia marah-marah dengan kita, biarkanlah. Karena dia hendak meluapkan segala emosinya kepada kita. Mungkin saja karena dia tengah dirundung masalah baik di rumah maupun di luar rumah, dia akan menjadi cepat marah. Masalahnya itu diibaratkan sebuah balon (pacar kita) yang terus diisi angin (tekanan atau masalah), maka balon itu akan mudah meledak (mudah marah). Jangan sekali-kali berpikiran bahwa dia tidak sayang kepada kita. Bahkan kita harus berpikir positif dan menganggap bahwa dia sayang pada kita. Dia sayang kepada kita sehingga Anda digunakan untuk meluapkan emosinya. Eits, jangan tersinggung dulu. Cobalah tunggu sebentar sampai dia puas. Pasti dia akan meminta maaf dan akan berakhir dengan kata sayang.

Inilah salah satu resolusi tahun 2014 yang harus Anda lakukan demi mendapatkan pacar yang setia tahun depan. Selamat tahun baru 2014.


Layanan curhat dan request artikel: hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermafaat, Tetap Semangat! | Tips Cinta

7 Faktor Penyebab Perubahan Sosial

Jika ditinjau dari aspek sosiologi, perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam masyarakat baik dalam segi norma maupun kebudayaan. Perubahan bisa terjadi karena keinginan untuk hidup yang lebih baik dan bisa juga secara terpaksa karena keadaan. Perubahan pasti akan selalu terjadi, baik secara disadari maupun tidak. Berikut adalah beberapa faktor penyebab perubahan sosial. Kami mengelompokannya menjadi dua faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Langsung saja kita simak yang pertama:

18 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada kehidupan sosial masyarakat. Perubahan sosial merupakan salah satu kajian ilmu sosiologi. Perubahan sosial mencakup perubahan pada norma-norma sosial, nilai-nilai sosial, interaksi sosial, pola-pola perilaku, organisasi sosial, lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan masyarakat, susunan kekuasaan, dan wewenang. Karena luasnya bidang-bidang perubahan sosial tersebut, maka diperlukan suatu pengertian perubahan sosial yang mampu mencakup seluruh bidang tersebut. Nah, berikut adalah beberapa pengertian perubahan sosial menurut para ahli sosiologi. Langsung saja kita simak yang pertama:

10 Tips Cara Membaca yang Baik dan Benar

10 Tips Cara Membaca yang Baik dan BenarMembaca tidak hanya melisankan sebuah tulisan. Membaca adalah proses memahami suatu bacaan supaya bisa dipahami, diingat, dan diaplikasikan. Jadi, dalam hidup kita perlu dua kali belajar membaca. Pertama kita belajar untuk membunyikan tulisan. Yang kedua kita belajar untuk memahami suatu bacaan. Nah, banyak yang melewatkan belajar memahami bacaan ini. Kita harus tahu bagaimana cara membaca yang baik dan benar supaya kita bisa memahami seluruh isi bacaan. Apa sajakah? Langsung saja kita simak yang pertama:

3 Susunan Saraf Pusat (Artikel Lengkap)

Susunan saraf pusat adalah penyusun utama sistem saraf pusat. Susunan saraf pusat tidak memiliki jaringan ikat sehingga relatif lunak seperti agar-agar. Susunan saraf pusat terdiri dari meninges, substansi kelabu, dan substansi putih.

Serebrum terdiri dari dua belahan (hemisfer) yaitu substansi kelabu dan substansi putih. Sistem saraf pusat memiliki tiga pelindung utama yaitu kulit kepala, tulang tengkorak, dan meninges (lapisan pelindung otak). Namun diantara ketiga pelindung tadi, hanya meninges yang merupakan bagian dari susunan saraf pusat.

1. Meninges

Meninges adalah selaput jaringan ikat yang melindungi sistem saraf pusat. Meninges merupakan susunan saraf pusat yang terluar. Terdapat tiga selaput yang menyusun meninges yaitu duramater, arachnoid, dan piamater.

1.1. Duramater

(Artikel lengkap: Duramater)

Duramater adalah lapisan meninges yang terluar. Strukturnya padat dan keras karena mengandung serat kolagen. Duramater adalah selaput penyusun meninges yang paling tipis. Duramater terdiri dari dua lapisan yaitu lapisan luar yang melapisi tengkorak dan lapisan dalam yang bersatu dengan lapisan luar. Di antara tulang kepala dengan duramater terdapat rongga epidural. Lapisan luar dan dalam menempel dengan tengkorak sehingga tidak ada lapisan epidural antara tulang dengan membran seperti pada spinal. Lapisan dalam dura mater terdiri dari beberapa lapis fibrosit pipih dan sel-sel luar dari lapisan arachnoid.

1.2. Arachnoid

(Artikel lengkap: Arachnoid)

Arachnoid adalah penghubung antara duramater dan piamater. Disebut “arachnoid” karena bentuknya mirip sarang laba-laba. Di dalamnya terdapat cairan yang disebut liquor cerebrospinalis; semacam cairan limfa yang mengisi sela sela membran araknoid. Fungsi arachnoid adalah sebagai peredam getaran yang melindungi otak saat kepala terbentur.

1.3. Piamater

(Artikel lengkap: Piamater)

Piamater adalah lapisan meninges yang terdalam dan menyentuh otak. Bentuk piamater disesuaikan dengan lipatan-lipatan permukaan otak. Pia mater terdiri atas jaringan ikat longgar yang mengandung banyak pembuluh darah. Piamater dilapisi oleh sel gepeng yang berasal dari mesenkim. Fungsi piamater adalah sebagai penyuplai makanan bagi jaringan saraf karena mengandung banyak pembuluh darah. Pembuluh darah menembus susunan saraf pusat melalai torowongan yang dilapisi oleh ruang perivaskuler.

2. Substansi Kelabu

Substansi kelabu atau materi kelabu (substansi grissea) adalah kumpulan badan neuron. Pada otak, substansi kelabu terletak pada bagian luar dan membentuk korteks serebral dan serebelar. Namun pada sumsum tulang belakang, substansi kelabu terletak di bagian tengah. Kumpulan badan sel neuron yang membentuk pulau-pulau substansi kelabu yang dikelilingi oleh substansi putih disebut nuklei. Substansi kelabu terbentuk oleh badan sel. Substansi kelabu mengandung badan sel neuron, dendrit, dan bagian awal dari akson dan sel glia yang tidak bermielin, yang merupakan daerah di mana timbul sayap sinapsis.

Beberapa kelompok kecil substansi kelabu yang disebut ganglia atau nuklei basalis, terbenam dalam massa substansi putih pada setiap hemisfer otak. Dua dari antaranya dalah nukleus kaudatus dan nukleus lentiformis, dan kedua-duanya bersama membentuk korpus striatum. Struktur ini berhubungan erat dengan massa substansi kelabu yang lain, yaitu talamus yang terletak di tengah-tengah struktur itu.

3. Substansi Putih

Substansi putih atau materi putih (substansi alba) adalah kumpulan serabut saraf. Serabut saraf dislimuti oleh lemak yang berfungsi melindungi memberi makan dan memisahkan serabut-serabut saraf. Adanya perlindungan tersebut mengakibatkan warna putih pada substansi alba. Pada otak, substansi putih terletak pada bagian tengah. Namun, pada sumsum tulang belakang, substansi putih terletak di bagian luar. komponen utama dari substansi putih adalah akson yang bermielin dan oligodendrosit yang memproduksi mielin. Substansi putih tidak mengandung badan sel neuron.


Sumber:

Judul

Alamat

1. SUSUNAN SARAF PUSAT http://nounna-daphne.blogspot.com/2013/05/susunan-saraf-pusat.html
2. 9. SUSUNAN SARAF PUSAT http://histofkgsp.blogspot.com/2006/10/9-susunan-saraf-pusat.html
3. SUSUNAN SARAF PUSAT http://jundapakiringan.blogspot.com/2011/03/susunan-saraf-pusat.html
4. Definisi:Meninges http://kamuskesehatan.com/arti/meninges/
5. Lapisan Pelindung Otak (MENINGES) http://gustinerz.com/?p=1869
6. SUSUNAN SARAF PUSAT http://www.tugaskesehatan.com/2012/05/susunan-saraf-pusat.html
7. Meninges http://id.wikipedia.org/wiki/Meninges
8. Sistem saraf pusat http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_saraf_pusat
9. Anatomi Fisiologi Manusia_Organisasi system saraf pada manusia http://mahendrabio.blogspot.com/2011/10/anatomi-fisiologi-manusiaorganisasi.html


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

9 Bagian-Bagian Sel Saraf dan Fungsinya

Sel saraf adalah sel yang mengantarkan impuls (rangsangan) dari reseptor (panca indera) ke otak dan sebaliknya. Sel saraf juga bertanggung jawab atas gerak refleks. Sel-sel saraf disebut neuron. Neuron-neuron tersebut membentuk suatu sistem saraf pada manusia. Sel saraf berbeda dengan sel-sel pada umumnya karena terdapat akson (neurit) sehingga sel saraf terlihat seperti memiliki “ekor”. Sel saraf terdiri dari bagian-bagian yang umumnya terdapat pada sel hewan dan beberapa bagian lainnya. Nah, apa sajakah bagian-bagian saraf? Langsung saja kita simak yang pertama:

Mengapa Bahasa Indonesia Mirip Bahasa Melayu?

Mengapa Bahasa Indonesia Mirip Bahasa MelayuPernahkah Anda menyaksikan kartun animasi Upin-Ipin atau Boboi Boy? Kartun itu memang berasal dari Malaysia. Namun, tahukah Anda bahwa kartun tersebut menggunakan Bahasa Melayu? Memang terlihat seperti menggunakan Bahasa Indonesia dengan logat Melayu. Namun memang itulah kenyataannya, Bahasa Indonesia memang mirip dengan Bahasa Melayu karena berasal dari rumpun bahasa yang sama yaitu bahasa Austronesia. Lalu, mengapa Bahasa Indonesia mirip dengan Bahasa Melayu? Langsung saja kita simak selengkapnya.

Belajar Itu Perlu, Walaupun Tetap Menyontek

Belajar Itu Perlu, Walaupun Tetap MenyontekMenyontek adalah rahasia umum bagi seluruh siswa di Indonesia. Gengsi menjadi penyebab utamanya. Anda pasti akan merasa malu ketika nilai Anda kecil sementara nilai teman-teman Anda memuaskan. Walaupun Anda mengerjakannya dengan penuh kejujuran. Memang, hasil ulangan dari menyontek umumnya jauh lebih memuaskan daripada dengan berusaha mengerjakannya sendiri.

Tetapi, walaupun pada akhirnya kita tetap akan menyontek, belajar itu tetap perlu lho! Loh, kenapa? padahal menyontek itu tinggal menyontek dan sangat santai. Nah, ada beberapa alasan untuk menjawab pertanyaan itu.

Yang pertama: Jika kita belajar, kita akan pintar, pintar itulah yang membedakan kita dari teman-teman kita yang umumnya suka menyontek. Guru memang menilai kita bukan hanya berdasarkan nilai ulangannya saja. Tetapi dari aspek sikap sehari-hari. Jika kita pintar, jangan pernah mengira bahwa guru tidak akan mengetahui kepintaran kita. Walaupun nilai rata-rata siswa di satu kelas “rata”. Maka, jika kita ingin terlihat beda di mata guru, maka belajarlah.

Yang kedua: Orang yang kita contek tidak selalu dapat dipercaya. Terkadang dia memberikan jawaban yang salah atau sengaja disalahkan. Tentu saja kita tidak mau diberikan jawaban yang salah, kan? Nah, jika kita belajar, maka kita bisa menyeleksi jawaban dari teman apakah layak di[ercaya apa tidak. Ujilah mereka dengan menanyakan beberapa jawaban. Jika jawaban itu benar, berarti dia jujur. Dengan begitu, Anda tidak akan terjebak dengan jawaban yang salah.

Selain itu, kita juga akan menjadi bintang kelas jika kita menjadi orang yang pintar. Dan kita akan memiliki teman yang lebih banyak lagi.

Nah, sudah siap belajar?

Oh ya, sekarang kan masih liburan. Hehehe :D


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

Pengertian Tata Surya (Artikel Lengkap)

Tata surya adalah susunan benda langit yang terdiri dari Matahari dan delapan planet yang mengitarinya serta beberapa planet kerdil, satelit, dan objek lain yang mengitari Matahari seperti meteor, asteroid, komet, dll. Kedelapan planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Pluto telah dikeluarkan dari daftar planet dan disebut planet kerdil. Semua benda-benda langit yang mengitari Matahari memiliki orbit atau jalurnya. Benda-benda langit ini mengitari Matahari akibat dari pengaruh gravitasi Matahari. Terdapat sekitar 173 satelit alami yang telah teridentifikasi.

Pengertian Atom (Artikel Lengkap)

Atom adalah unit dasar dari semua benda yang terdiri dari nukleus (inti atom) dan dikelilingi oleh awan elektron bermuatan negatif. Inti atom terdiri dari proton bermuatan positif dan neutron yang netral (kecuali pada atom hidrogen yang tidak terdapat neutron). Jari-jari atom sekitar 3 – 15 nm.Elektron yang terdapat pada atom terikat dengan inti atom oleh gaya elektromagnetik. Dengan gaya itu pula atom dapat berikatan dengan atom lainnya dan membentuk sebuah molekul. Hingga kini, atom tidak dapat dilihat dengan alat optik manapun termasuk mikroskop.

3 Perbedaan Perubahan Fisika dan Kimia

Perubahan fisika dan kimia terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat kita membakar kertas dan saat kita membuat es batu. Membakar kertas membuat kertas menjadi abu. Itu merupakan perubahan kimia. Sedangkan saat kita membuat es batu, air akan berubah wujud dari cair menjadi padat. Itu adalah perubahan fisika. Nah, apa perbedaan perubahan fisika dan kimia? Langsung saja kita simak yang pertama:

7 Prosedur Keselamatan Kerja di Laboratorium

Prosedur keselamatan kerja di laboratorium sangat penting untuk diperhatikan mengingat hasil penelitian menunjukkan telah terjadi kecelakaan kerja dengan intensitas yang mengkhawatirkan yaitu 9 orang/hari. Keselamatan semua pihak merupakan tanggung jawab semua pengguna laboratorium. Namun, banyak pekerja yang meremehkan risiko kerja, sehingga tidak menggunakan alat-alat pengaman walaupun sudah tersedia. Laboratorium merupakan ruangan yang memiliki risiko yang cukup besar. Disana banyak terdapat bahan kimia yang merupakan bahan mudah meledak, mudah terbakar, beracun, dll. Selain itu terdapat juga benda mudah pecah dan menggunakan listrik. Maka dari itu, kita harus sangat berhati-hati dalam menggunakan laboratorium. Berikut adalah prosedur keselamatan kerja di laboratorium. Langsung saja kita simak yang pertama:

5 Cara Agar Cowok Tertarik pada Kita

5 Cara Agar Cowok Tertarik pada KitaIngat, artikel ini khusus untuk cewek. Tentu saja, kalau cowok yang membutuhkan artikel ini, berarti dia maho! Hahaha mari kita lanjutkan. Membuat cowok tertarik sama cewek lebih mudah ketimbang membuat cewek tertarik sama cowok. Cowok itu sangat suka bila cewek itu lucu, menjadi dirinya sendiri, tidak terlalu bersikap berlebihan, dan cantik. Walaupun cowok memiliki hasrat secksual yang tinggi, bukan berarti kita harus tampil secksi. Cowok tidak terlalu tertarik dengan cewek itu. Nah, bagaimana cara agar cowok tertarik pada kita? Langsung saja kita simak yang pertama:

5 Cara Memperkuat Daya Ingat

5 Cara Memperkuat Daya IngatSebagai pelajar, sudah tentu kita harus memiliki daya ingat yang bagus untuk memahami setiap pelajaran. Terutama dalam menghadapi ujian nasional. Daya ingat dapat dilatih dan diperkuat. Daya ingat ibaratkan “pisau” yang harus terus diasah dan digunakan. Nah, bagaimana cara memperkuat daya ingat? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Beri Nutrisi untuk Otak

Makanan adalah hal yang terpenting bagi remaja dalam masa pertumbuhannya. Namun, seringkali ini diabaikan. Ingin terliat langsing menjadi alasan mereka untuk melakukan diet yang tidak dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya. Mereka seringkali menganggap bahwa semua makanan dapat menyebabkan kegemukan. Padahal makanan memberikan nutrisi bagi tubuh kita terutama otak. Jika kita tidak memberikan nutrisi kepada otak kita, maka daya pikir dan daya ingat kita akan melemah. Sehingga kita tidak dapat belajar dengan baik. Tips saat Anda berada di sekolah sementara perut Anda merasa sangat lapar adalah dengan kunyahlah permen yang manis. Mengapa demikian? Permen itu manis karena mengandung glukosa. Dan glukosa merupakan nutrisi utama bagi otak. Sehingga otak Anda tetap bisa konsentrasi belajar.

2. Makan Makanan yang dapat Meningkatkan Daya Ingat

Setiap hari, banyak sel-sel otak yang mati dan terus-menerus dapat menyebabkan penurunan daya ingat. Kita dapat mencegah penurunan jumlah sel dalam otak. Salah satu caranya adalah dengan makan makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan dapat mencegah daya rusak radikal bebas pada otak sehingga sel-sel otak tetap dapat berfungsi dengan baik. Banyak sekali buah-buahan yang mengandung antioksidan yang tinggi seperti strawberry, blueberry, bayam, tomat, alpukat, dll.

Namun, sebaiknya hindari makan makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi. Hal ini disebabkan karena ketika proses berpikir dimulai, antar sel di dalam otak mulai terhubung. Hal ini harus berjalan dengan sangat cepat sehingga kita dapat berpikir dengan baik. Jika kita mengonsumsi lemak jenuh dalam jumlah banyak dapat menghambat kegiatan tersebut dan bahkan dapat mematikan sel-sel otak. Hindari juga makanan yang mengandung omega 6.

3. Rajinlah Membaca dan Menyimak

Walaupun tidak semua isi buku yang kita baca dapat kita serap, namun sesungguhnya otak merekam apa yang kita baca. Dan setiap bacaan akan mempengaruhi cara berpikir kita. Semakin banyak kita membaca, maka tingkat pemahaman terhadap isi buku juga meningkat.

Saat guru atau pembimbing sedang berbicara, simaklah dengan baik. Karena isi buku akan tiga kali lebih mudah diserap ketika kita mendengarkan orang yang sedang menjelaskannya ketimbang kita yang membaca sendiri isi buku tersebut. Daya ingat juga akan meningkat ketika kita mencatat apa yang mereka katakan.

4. Tulis dan Ceritakan Kembali

Menulis apapun yang baru saja kita simak sangat membantu meningkatkan pemahaman hingga lima kali dibandingkan hanya membacanya. Sebenarnya saya sedang menuliskan apa yang saya dapat sesaat setelah membaca sebuah buku yang menerangkan tentang bagaimana cara memperkuat daya ingat.

Menceritakan apa yang baru saja kita simak bahkan dapat meningkatkan daya pemahaman hingga tujuh kali ketimbang kita hanya membacanya. Itu karena saat kita menceritakan kembali, segalanya yang kita dapat dari buku itu akan kita katakan dengan sendirinya. Bahkan itu belum terpikirkan oleh kita sebelumnya. Saat bercerita, otak kita akan bekerja lebih keras ketimbang saat kita menulis.

5. Praktekkan

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa setiap pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) harus dipraktekkan dan harus ada praktikum? Itu karena para pembuat kurikulum paham bahwa ketika kita mempraktekan apapun yang kita baca, maka itu akan meningkatkan pemahaman hingga sembilan kali daripada saat kita hanya membacanya saja. Selain itu, yang kita pelajari tersebut akan masuk ke Long Term Memory alias ingatan jangka panjang. Jadi, kita dapat mengingatnya dalam waktu yang lebih lama bahkan sulit untuk dilupakan. Oleh karena itu, kita harus mempraktekkan apapun yang baru saja kita pelajari dan kita baca.


Sumber:

Ridwan, Muhamad. 2006. Memperkuat Daya Ingat. Bandung: Fajar Publishing House


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

Pengertian Politik (Artikel Lengkap)

Politik adalah suatu teknik dan teori untuk mempengaruhi orang sipil atau individu. Politik juga dapat berarti cara seseorang untuk mendapatkan suatu kekuasaan atau posisi dalam pemerintahan atau organisasi lainnya.

1. Asal Mula Kata Politik

Kata “politik” berasal dari bahasa Yunani polis yang artinya “kota” atau “negara” dan teta yang berarti “urusan”. Kata “politik” pertama kali digunakan oleh Aristoteles yang awalnya disebut zoon politikon. Kemudian arti itu berkembang menjadi polites yang berarti warganegara, politeia yang berarti semua yang berhubungan dengan negara, politika yang berarti pemerintahan negara dan politikos yang berarti kewarganegaraan. Dengan demikian, politik berarti urusan negara atau pemerintahan. Secara konsep, kata politik itu sendiri masih berhubungan dengan kata polisi.

2. Pengertian Politik Menurut Para Ahli

Setiap ahli politik memiliki pengertian masing-masing tentang politik. Jadi, tentu saja pengertian politik menurut mereka juga berbeda-beda. Berbagai pengertian politik menurut para ahli ini dapat meningkatkan pemahaman tentang arti politik.

  1. Pengertian politik menurut aristoteles adalah upaya atau cara untuk memperoleh sesuatu yang dikehendaki.
  2. Pengertian politik menurut Joice Mitchel adalah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijaksanaan umum untuk masyarakat seluruhnya.
  3. Pengertian politik menurut Johan Kaspar Bluntschli adalah ilmu yang memerhatikan masalah kenegaraan, dengan memperjuangkan pengertian dan pemahaman tentang negara dan keadaannya, sifat-sifat dasarnya, dalam berbagai bentuk atau manifestasi pembangunannya.
  4. Pengertian politik menurut F. Soltau adalah ilmu yang mempelajari negara, tujuan-tujuan negara, dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan itu; hubungan antar negara dengan warganegaranya serta dengan negara-negara lain.
  5. Pengertian politik menurut Prof. Miriam Budiardjo adalah bermacam-macam kegiatan yang menyangkut penentuan tujuan-tujuan dan pelaksanaan tujuan itu.

3. Pengertian Politik Secara Umum

Pengertian politik secara lebih luas yaitu proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Untuk lebih memberikan pengertian tentang arti politik, berikut adalah beberapa arti politik dari segi kepentingan pengguna:

  1. Politik dalam arti kepentingan umum adalah segala usaha untuk kepentingan umum, baik yang berada dibawah kekuasaan negara di pusat maupun di daerah.
  2. Politik dalam arti kebijaksanaan adalah penggunaan pertimbangan-pertimbangan tertentu yang dianggap lebih menjamin terlaksananya suatu usaha, cita-cita/keinginan atau keadaan yang kita hendaki.

Jadi politik adalah tindakan dari suatu kelompok individu mengenai suatu masalah dari masyarakat atau negara. Dengan demikian, politik membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan negara, kekuasaan, pengambilan keputusan, kebijakan umum, dan distribusi kemakmuran.

Politik digunakan untuk menentukan kebijaksanaan-kebijaksanaan umum yang menyangkut pengaturan dan pembagian dari sumber-sumber yang ada dan untuk melaksanakannya perlu memiliki kekuasaan dan kewenangan yang berfungsi untuk membina kerjasama dan untuk menyelsaikan konflik yang timbul dalam proses ini.

4. Paradigma Arti Politik

Pengertian politik selalu dikonotasikan negatif oleh sejumlah pihak terutama orang awam (rakyat). Itu karena mereka selalu menonton televisi atau membaca koran dan melihat kegiatan politik adalah kegiatan yang kejam dan kotor. Sebenarnya bukan politiknya yang kotor atau kejam, tetapi pelaku politik tersebut yang menyalahgunakan kekuasaan politiknya.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Politics http://en.wikipedia.org/wiki/Politics
2. Pengertian Politik Secara Umum dan Menurut Para Ahli http://the-divider.blogspot.com/2013/08/pengertian-politik-secara-umum-dan.html
3. Politik http://id.wikipedia.org/wiki/Politik
4. Pengertian Politik | Kumpulan dan Macam-macam Pengertian Politik http://9triliun.com/artikel/866/pengertian-politik.html
5. Definisi Atau Pengertian Politik http://seputarpolitik.blogspot.com/2009/08/definisi-atau-pengertian-politik.html
6. apa sih arti politik? dan knpa ditakuti? http://politik.kompasiana.com/2011/07/01/apa-sih-arti-politik-dan-knpa-ditakuti-375534.html
7. Pengertian Politik dan Strategi Nasional http://politik.kompasiana.com/2013/08/25/pengertian-politik-dan-strategi-nasional-586310.html
8. Pengertian Politik http://ruhcitra.wordpress.com/2008/11/21/pengertian-politik/
9. Pengertian Politik dan Strategi Nasional http://nadillaikaputri.wordpress.com/2013/04/24/pengertian-politik-dan-strategi-nasional/


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

7 Peranan Virus (Artikel Lengkap)

Virus adalah parasit berukuran sangat kecil yang menginfeksi sel biologis. Virus hanya dapat bereproduksi di dalam sel hidup karena virus tidak dapat bereproduksi sendiri. Maka dari itu, virus sangat bergantung pada makhluk hidup. Sehingga virus tersebut dapat mempengaruhi inangnya. Biasanya virus merusak sel dan merugikan. Namun ada juga kegunaan dari virus. Berikut adalah peranan virus bagi kehidupan.

Pengertian Penalisasi (Kriminologi)

Penalisasi adalah suatu perbuatan yang semula tidak bisa di hukum pada suatu saat bisa menjadi bisa di hukum oleh UU. Penalisasi merupakan kebalikan dari depenalisasi.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

5 Perubahan Sosial Dibidang Pertanian

Dunia pertanian saat ini terus mengalami kemunduran. Hal ini disebabkan oleh banyak hal. Harga gabah rendah, pupuk mahal, sering gagal panen, kebutuhan meningkat, dan masih banyak lagi masalah yang dihadapi oleh para petani sehingga mereka terpaksa menjual lahan pertaniannya. Nah, apa lagi perubahan sosial dibidang pertanian? Langsung saja kita simak yang pertama:

5 Perubahan Sosial Dibidang Ekonomi

Perubahan sosial selalu terjadi dan mencakup semua bidang. Salah satunya adalah bidang ekonomi. Perubahan sosial dibidang ekonomi mencakup gaya hidup dan aktivitas ekonomi pada masyarakat. Perubahan ini tentu saja ada dampak baik dan buruknya. Nah, apa sajakah perubahan sosial dibidang ekonomi? Langsung saja kita simak yang pertama:

6 Perubahan Sosial Dibidang Industri

Industri berkembang pesat terutama setelah revolusi industri di Eropa antara tahun 1750-1850. Pada saat itu, penggunaan mesin uap sebagai pengganti tenaga manusia mulai marak digunakan sehingga menghemat banyak biaya. Namun, hal itu justru menimbulkan pengangguran dimana-mana karena jumlah tenaga kerja tidak sebanding dengan kebutuhan industri akan tenaga kerja. Selain itu, banyak sekali perubahan sosial dibidang industri. Apa sajakah? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Urbanisasi

Karena industri dikatakan sebagai sebuah kemajuan dan itu berada di daerah perkotaan. Maka banyak masyarakat desa berbondong-bondong ke kota untuk mencari kehidupan yang ‘katanya’ lebih layak. Meskipun tidak semuanya beruntung karena tidak semua industri memerlukan banyak tenaga kerja.

2. Persaingan Pendidikan

Karena industri memerlukan tenaga kerja yang sedikit. Persaingan untuk merebut pekerjaan menjadi meningkat. Mereka berupaya untuk mengejar pendidikan setinggi mungkin untuk dapat bekerja di tempat yang mereka idamkan.

3. Ketimpangan Antara Desa dan Kota

Karena urbanisasi, banyak warga desa yang meninggalkan pekerjaannya sebelumnya yaitu bertani. Itu membuat adanya ketimpangan antara agrikultural dengan industri.

4. Gaya Hidup

Gaya hidup yang berkembang akibat industri berkembang adalah gaya hidup praktis. Semuanya ingin supaya serpa praktis dan cepat. Sehingga banyak orang menjadi malas dalam melakukan sesuatu.

5. Kemajuan di Berbagai Bidang

Industri yang berkembang membuat kemajuan di berbagai bidang. Termasuk bidang tekstil, pertambangan, ilmu kimia, pangan, perumahan, transportasi, dll.

6. Kesejahteraan Tenaga Kerja Kurang

Revolusi industri membuat sesama industri menjadi semakin bersaing ketat. Hal ini menuntut industri untuk menghasilkan barang sebanyak-banyaknya dengan biaya yang serendah mungkin. Hal ini berimbas terhadap para tenaga kerja. Upah menjadi lebih rendah dan jam kerja menjadi diperpanjang. Para tenaga kerja tidak dapat lari dari industri itu karena mereka akan kesulitan mencari pekerjaan lain mengingat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangatlah ketat. Selain itu, wanita dan anak-anak juga dipekerjakan. Tentu saja ini berdampak pada kesejahteraan tenaga kerja.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

Bagaimana Cara Pacaran Lewat SMS?

Bagaimana Cara Pacaran Lewat SMSPacaran lewat SMS adalah salah satu cara berpacaran yang paling kuno setelah berkirim surat pos. Karena remaja sekarang lebih suka berpacaran lewat jejaring sosial. Selain karena biaya internet semakin murah dan aksesnya semakin cepat, jejaring sosial juga memiliki fitur yang jauh lebih banyak ketimbang SMS yang tentunya membuat pacaran menjadi lebih asik. Namun, jika dia masih gaptek atau Anda yang masih gaptek atau bahkan di daerah Anda belum terjamah koneksi internet yang baik. Tidak ada salahnya untuk tetap menggunakan SMS sebagai alat komunikasi. Nah, bagaimana cara pacaran lewat SMS? Langsung saja kita simak yang pertama:

5 Perubahan Sosial Dibidang Pendidikan

Perubahan sosial dapat terjadi dibidang pendidikan. Hal ini seiring dengan berkembangnya metode pengajaran dan kurikulum yang berlaku. Selain itu, perkembangan teknologi juga membuat perubahan pada pendidikan. Nah, apa sajakah contoh perubahan sosial dibidang pendidikan? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Cara Mengajar

Cara mengajar berubah seiring perkembangan jaman. Berbagai penelitian telah dilakukan terutama dalam bidang psikologi pada peserta didik. Tentu saja mereka menginginkan cara mengajar yang lebih baik sehingga mudah dipahami oleh peserta didik. Selain itu, perkembangan teknologi juga semakin memajukan cara mengajar. Seperti penggunaan proyektor dalam mengajar.

2. Kekerasan

Cobalah tanya pada orangtua Anda tentang bagaimana cara guru mereka mengajar. Dahulu, guru memperlakukan muridnya dengan sangat kasar hingga ada yang sampai terluka. Namun, saat ini telah ada undang-undang perlindungan anak. Sehingga guru jaman sekarang tidak bisa melakukan muridnya dengan kasar.

3. Metode Belajar

Di beberapa sekolah, metode belajar berubah menjadi lebih modern. Seperti penggunaan laptop dan tablet PC. Di sekolah pun sering disediakan WiFi untuk mempermudah siswa untuk mengakses internet dan mencari sumber belajar.

4. Membuat Tugas

Dahulu, siswa mengerjakan tugas dengan cara pergi ke perpustakaan lalu meneliti seluruh isi buku kemudian menuliskan tugasnya dalam secarik kertas. Sekarang sangat berbeda: cari di internet, salin, cetak, selesai.

5. Kurikulum

Kurikulum adalah perubahan terbesar di bidang pendidikan. Kurikulum mencakup cara belajar, cara mengajar, dan apa yang diajarkan. Ketika kurikulum berubah, guru dan siswa harus menyesuaikan segalanya dan seringkali itu sulit.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

Perubahan Sosial (Artikel Lengkap)

Perubahan sosial mengacu pada perubahan dalam tatanan sosial dalam masyarakat. Perubahan sosial termasuk perubahan dalam lingkungan, lembaga-lembaga sosial, perilaku sosial, dan hubungan sosial. Perubahan sosial juga dapat mengacu pada gagasan kemajuan sosial atau evolusi sosial budaya. Perubahan sosial dapat berlangsung dengan cepat ataupun dengan lambat dan pada umumnya tidak disadari oleh masyarakat. Orang hanya akan mengetahui perubahan sosial ketika dia membandingkan kehidupan sosial di masa lampau dengan masa kini.

7 Tips Supaya Kita Disayang Sama Gebetan

7 Tips Supaya Kita Disayang Sama GebetanApakah Anda ditolak oleh gebetan Anda? Jangan sedih, carilah yang lain. Namun, Anda tetap mencintai gebetan Anda? Kalau begitu, Anda bisa melakukan TTM (Teman Tapi Mesra) kepada gebetan Anda. Itupun kalau alasannya dia menolak Anda adalah karena dia sudah merasa bahwa Anda adalah ‘kakaknya’ sendiri dan bukan karena dia sudah punya pacar. Bisa saja dia ingin pacaran dengan Anda tetapi dia telah berkaca kepada pengalaman sebelumnya. Mungkin saja mantannya itu adalah sahabat yang telah menjadi pacar setelah itu dia menjadi kangen masa-masa sahabatan itu. Nah, berikut adalah tips supaya kita disayang sama gebetan supaya jadi TTM an. Langsung saja kita simak yang pertama:

6 Komplikasi Akibat dari Penyakit Ginjal

Berbagai penyakit ginjal bisa saja menyerang manusia. Penyakit tersebut bisa menyebabkan rasa sakit yang berkepanjangan bahkan dapat menyebabkan kematian. Selain itu, penyakit ginjal juga dapat menyebabkan komplikasi. Komplikasi adalah penyakit yang baru timbul kemudian sebagai tambahan pada penyakit yang sudah ada. Nah, apa sajakah komplikasi akibat dari penyakit ginjal? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Anemia

Anemia terjadi jika kita kekurangan sel darah merah. Akibatnya tubuh kita akan menjadi lemas dan mudah lelah. Komplikasi ini disebabkan karena berkurangnya produksi hormon eritropoietin (EPO). Hormon eritropoietin adalah hormon yang merangsang sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah. Sehingga apabila hormon ini berkurang, maka sel darah merah juga akan berkurang dan anemia pun terjadi.

2. Sindroma Uremia

Sindroma uremia adalah penyakit yang disebabkan oleh keracunan hasil pemecahan protein. Hasil pemecahan protein berupa urea dan nitrogen. Keracunan terjadi akibat berkurangnya fungsi ginjal dalam menahan protein darah. Gangguan ini ditandai dengan gejala mual dan muntah.

3. Gagal Jantung

Gagal jantung adalah keadaan dimana jantung berhenti berfungsi. Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian dengan segera. Beberapa penyakit ginjal seperti gagal ginjal dapat menyebabkankan gagal jantung. Namun, gagal jantung seringkali diawali oleh anemia yang tidak diobati. Itu karena jumlah sel darah merah yang terdapat di dalam tubuh sangat sedikit sehingga jantung bekerja lebih keras. Lama-kelamaan, otot jantung akan melemah sehingga terjadilah gagal jantung.

4. Serangan Jantung

Ginjal tidak bekerja sebagaimana mestinya sehingga racun dan kelebihan cairan yang seharusnya dibuang menjadi tertimbun di dalam tubuh. Cairan ini dapat tertimbun secara berlebihan di jantung. Peningkatan cairan membuat jantung bekerja secara berlebihan dan menyebabkan kerusakan pada jantung. Peningkatan cairan pada jantung akibat kerusakan fungsi ginjal juga dapat menyebabkan kemampuan tubuh mengontrol kadar potasium berkurang sehingga meningkatkan resiko serangan jantung.

5. Lemah Syahwat

Lemah syahwat adalah ketidakmampuan pada pria untuk mencapai ereksi dan mempertahankan ereksi yang diperlukan untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Penyakit ginjal dapat mengganggu sistem endoktron yang menyebabkan berkurangnya produksi testosteron. Hormon ini adalah hormon perangsang terbentuknya sperma dan sebagai fungsi seksual.

6. Osteodistrofi Renal

Osteodistrofi renal adalah kelainan tulang akibat gangguan metabolisme mineral. Hal ini disebabkan karena ginjal gagal mempertahankan keseimbangan kadar kalsium dan fosfat dalam darah. Dalam keadaan normal, ginjal membentuk vitamin D yang membantu menyerap kalsium. Jika ginjal mengalami kerusakan, maka kadar vitamin D akan menurun dan penyerapan kalsium juga rendah. Akibatnya, hormon paratiroid yang berfungsi mengambil kalsium dari tulang akan terus mengambilnya tanpa ada yang menggantikannya. Hormon paratiroid berfungsi untuk menjaga supaya tulang tidak kelebihan kalsium.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Definisi 'komplikasi' http://www.artikata.com/arti-335852-komplikasi.html
2. Gagal Ginjal Juga Merusak Jantung http://health.kompas.com/read/2013/08/13/1807280/Gagal.Ginjal.Juga.Merusak.Jantung
3. Komplikasi Penyakit Ginjal Kronik http://fajarcihapit.wordpress.com/2010/04/25/komplikasi-gagal-ginjal-kronik/
4. Komplikasi Gagal Ginjal Kronis http://gagalginjalkronis.com/komplikasi-gagal-ginjal-kronis/


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

10 Zat yang Terkandung dalam Keringat

Keringat merupakan hasil dari sistem ekskresi pada manusia yang terjadi di kulit. Tubuh kita mengeluarkan keringat saat beraktivitas atau saat cuaca panas. Hal itu dikarenakan fungsi keringat sebagai pengatur suhu tubuh. Keringat sebagian besar terdiri dari air. Namun, keringat juga mengandung beberapa zat. Berikut adalah kadar zat yang terkandung dalam keringat dihitung per liter keringat. Langsung saja kita simak yang pertama:

  1. Sodium (0,9 gram/liter)
  2. Potasium (0,2 gram/liter)
  3. Kalsium (0,015 gram/liter)
  4. Magnesium (0,0013 gram/liter)
  5. Seng (0,4 miligram/liter)
  6. Tembaga (0,3-0,8 miligram/liter)
  7. Zat besi (1 miligram/liter)
  8. Kromium (0,1 miligram/liter)
  9. Nikel (0,05 miligram/liter)
  10. Timbal (0,05 miligram/liter)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

5 Jaringan Pada Paru-Paru

Jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan pada paru-paru adalah jaringan epitelium yang merupakan jaringan yang melapisi permukaan organ. Paru-paru perlu dilindungi karena merupakan salah satu organ penting. Paru-paru merupakan bagian dari sistem ekskresi pada manusia dan sistem pernapasan pada manusia.

  1. Jaringan yang melapisi paru-paru adalah jaringan epitel squamosa berlapis. Jaringan epitel squamosa berlapis adalah sel epitel pipih yang berlapis banyak Jaringan ini membentuk pleura.
  2. Jaringan lainnya yang terdapat pada paru-paru adalah jaringan epitel skuamosa sederhana yang merupakan sel epitel pipih selapis. Jaringan ini terdapat pada alveoli paru-paru.
  3. Pada bronkus terdapat tiga jaringan. Yang pertama jaringan epitelium bersilia yang terdapat pada lapisan terdalam bronkus. Jaringan ini menghasilkan banyak lendir yang berfungsi menangkap debu dan mikroorganisme yang masuk saat menghirup udara. Debu dan mikroorganisme akan dikeluarkan dengan cara batuk.
  4. Sedangkan yang kedua adalah cincin tulang rawan yang berbentuk huruf C. Tulang rawan termasuk jaringan ikat. Bagian belakang cincin tulang rawan tidak tersambung dan menempel pada esofagus. Fungsinya adalah untuk mempertahankan trakea agar tetap terbuka.
  5. Yang terakhir adalah otot polos yang termasuk jaringan otot. Otot polos memungkinkan paru-paru bekerja dibawah kesadaran kita.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Apa jaringan penyusun jantung, paru-paru, lambung, mata , hidung, mulut, telinga? http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20110921044414AAtyDTd
2. Jenis Fungsi Sel Epitel Skuamosa http://smabiologi.blogspot.com/2013/07/jenis-fungsi-sel-epitel-skuamosa.html
3. Jaringan http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan
4. Organ-Organ Pernapasan pada Manusia http://biosejati.wordpress.com/tag/bronkus/


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

10 Fungsi Ginjal dan Paru-Paru

Ginjal dan paru-paru memiliki banyak fungsi. Mereka berperan dalam sistem ekskresi pada manusia maupun sistem pernapasan pada manusia. Fungsi utama ginjal adalah untuk menyaring darah sedangkan paru-paru berfungsi sebagai alat pertukaran oksigen dan karbon dioksida di dalam darah. Namun, itu baru fungsi utamanya saja. Masih banyak lagi fungsi ginjal dan paru-paru yang akan kami ulas sekarang. Langsung saja kita simak yang pertama:

3 Hubungan Hati dengan Ginjal

Hati dan ginjal adalah salah satu organ manusia yang paling penting. Hati sebagai perombak darah dan ginjal sebagai penyaring darah. Mereka sama-sama merupakan bagian dari sistem ekskresi pada manusia dan sama-sama “mengolah” darah. Berikut adalah hubungan hati dan ginjal. Langsung saja kita simak yang pertama:

  1. Ginjal dan hati merupakan salah satu dari 4 organ ekskresi yaitu organ yang berfungsi untuk mengeluarkan zat-zat yang tidak digunakan oleh tubuh.
  2. Ginjal dan hati sama-sama mengolah darah. Seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa ginjal berfungsi untuk menyaring darah dan hati berfungsi untuk merombak darah. Selain itu, fungsi kedua organ tersebut bermacam-macam. Hati juga terlibat dalam sistem pencernaan pada manusia yaitu dalam proses menetralkan racun di dalam makanan.
  3. Hati merombak darah dan ginjal membuang hasil perombakan darah tersebut. Hasil perombakan darah oleh hati berupa empedu yang akan disalurkan menuju ginjal yang selanjutnya dibuang bersama urin.

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

3 Akibat Kelebihan Hormon Vasopresin

Hormon vasopresin adalah hormon yang berfungsi untuk mengatur kandungan air di dalam tubuh dan untuk menyempitkan pembuluh darah. Hormon vasopresin sering disebut ADH (antidiuretic hormone). Hormon inilah yang menentukan berapa banyak jumlah urine yang keluar melalui ginjal yang merupakan bagian dari sistem ekskresi pada manusia. Kelebihan atau kekurangan hormon vasopresin dapat menimbulkan penyakit. Berikut adalah akibat dari kelebihan hormon vasopresin. Langsung saja kita simak yang pertama:

  1. Timbulnya hiponatremia. Hiponatremia adalah gangguan yang diakibatkan oleh kekurangan konsentrasi ion sodium di dalam plasma darah.
  2. Hiponatremia lebih lanjut dapat menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, kebingungan, kelelahan, kehilangan nafsu makan, gelisah, emosional, kelemahan otot, kejang, kram, dan bahkan koma.
  3. Timbulnya penyakit SIADH (sindrom hormon antidiuretik). SIADH (syndrome of inappropriate antidiuretic hormone secretion) adalah penyakit yang ditandai dengan pelepasan hormon antidiuretik secara berlebihan.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Sistem Ekskresi Pada Manusia (Artikel Lengkap) http://hedisasrawan.blogspot.com/2012/07/sistem-ekskresi-pada-manusia-rangkuman.html
2. Vasopressin http://en.wikipedia.org/wiki/Vasopressin
3. Hyponatremia http://en.wikipedia.org/wiki/Hyponatremia
4. Syndrome of inappropriate antidiuretic hormone secretion http://en.wikipedia.org/wiki/Syndrome_of_inappropriate_antidiuretic_hormone

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian