Tips Blogging: Ide Itu Tidak Terbatas!

ide bloggingHalo, sobat blogger! Sudah lama yaa saya tidak pernah membahas tentang tips blogging. Padahal penayangan blog saya saat ini sudah melebihi 15.000 penayangan/hari menurut statistik Blogger.com. Kali ini saya akan membahas tentang ide. Ya, ide. Ide yang seringkali membuat para blogger kesulitan mencari apa minat nulisnya.
Ide itu sebenarnya tidak terbatas. Jadi, Anda bisa menulis artikel tentang apapun di blog baru Anda. Apalagi Anda adalah seorang blogger baru yang belum tahu apa topik yang paling Anda suka dan yang paling disukai oleh para pembaca blog Anda. Namun, tentu saja selama artikel itu tidak melanggar hukum yang berlaku. Jangan sekali-kali Anda menulis artikel tentang p0rnografi, S*RA, hasil pelanggaran hak cipta, dll yang tentu saja Anda sudah mengetahuinya.
Saya juga begitu saat pertama kali berkecimpung di dunia blogging. Saya menulis semua artikel yang bisa saya buat. Bahkan saya membuat artikel tentang cinta saat lagi galau setelah ditolak cewek dan memposting artikel tentang tugas seni rupa yang baru saja selesai dinilai guru. Nah, apa hasilnya? Saya melihat kedua artikel tersebut laris manis alias dilihat banyak orang. Otomatis penayangan blog saya meningkat pada saat itu. Kemudian saya juga membuat artikel yang sejenis dan tetap saja laris. Dan sampai sekarang blog saya berfokus terhadap dua topik utama tersebut.
Ide itu tidak terbatas. Anda bisa menjelaskan fenomena di sekitar Anda, tempat-tempat wisata di sekitar Anda, pengalaman Anda atau orang lain, tugas sekolah, materi pelajaran, isi buku yang baru Anda baca, film yang baru saja Anda tonton, dll. Wikipedia English saja bisa membuat lebih dari 4 juta artikel dan terus bertambah. Itu karena ide tidak terbatas dan selalu ada ratusan ide baru setiap harinya seiring perkembangan jaman.
Jadi, buat artikel tentang apa saja sebanyak-banyaknya, cari mana artikel yang paling banyak diminati orang, coba membuat artikel yang sejenis, dan jika itu tetap diminati banyak orang, maka Anda bisa memfokuskan blog Anda pada topik artikel tersebut.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com
Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

No comments:

Post a Comment