15 Pengertian Industri Menurut Para Ahli

Pengertian Industri Menurut Para AhliPengertian industri secara umum adalah suatu kegiatan mengolah bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Istilah “industri” berasal dari bahasa Latin industria yang berarti “tenaga kerja”. Negara maju identik dengan kegiatan perindustrian yang maju pula. Supaya kita lebih memahami arti kata industri, berikut adalah beberapa pengertian industri menurut para ahli. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1984 tentang Perindustrian

Industri adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan/atau barang jadi menjadi barang dengan nilai yang lebih tinggi untuk penggunaannya, termasuk kegiatan rancang bangun dan perekayasaan industri.

2. Bambang Utoyo

Pengertian industri secara sempit adalah semua kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia untuk mengolah bahan mentah yang ada menjadi bahan setengah jadi atau mengolah barang setengah jadi tersebut menjadi barang yang sudah benar-benar jadi sehingga memiliki berbagai kegunaan yang lebih bagi kepentingan manusia.

Pengertian industri secara luas adalah setiap kegiatan manusia yang bergerak dalam bidang ekonomi yang memiliki sifat produktif dan komersial dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

3. Tim Grasindo

Industri adalah segala macam pekerjaan yang menghasilkan uang.

4. Sukimo

Industri adalah perusahaan yang menjalankan kegiatan ekonomi yang tergolong dalam sektor sekunder.

5. Teguh S. Pamudi

Industri adalah sekelompok perusahaan yang menghasilkan produk yang dapat saling menggantikan satu sama lain.

6. Kartasapoetra

Industri adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi dan atau barang jadi menjadi barang dengan nilai yang lebih tinggi lagi penggunaannya, termasuk kegiatan rancang bangun industri dan perekayasaan industri.

7. Dra. Sri Milaningsih

Industri berasal dari bahasa latin, yaitu industria yang berarti buruh atau tenaga kerja.

8. I Made Sandi

Industri adalah usaha untuk memproduksi barang jadi dengan bahan baku atau bahan mentah melalui proses produksi penggarapan dalam jumlah besar sehingga barang tersebut dapat diperoleh dengan harga serendah mungkin tetapi dengan mutu setinggi-tingginya.

9. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Industri adalah kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misal mesin.

10. Badan Pusat Statistik

Industri adalah sebuah kesatuan unit usaha yang menjalankan kegiatan ekonomi dengan tujuan untuk menghasilkan barang atau jasa yang berdomisili pada sebuah tempat atau lokasi tertentu dan memiliki catatan administrasi sendiri.

11. Anto Pracoyo dan Tri Kurnawangsih

Industri adalah sebuah kumpulan dari beberapa perusahaan firma yang menghasilkan barang atau jasa yang sejenis yang ada dalam sebuah pasar.

12. Hinsa Sahaan

Industri adalah bagian dari proses yang mengelola bahan mentah menjadi bahan baku atau bahan baku menjadi barang jadi sehingga menjadi barang yang bernilai bagi masyarakat.

13. Wirastuti dan Dini Natalia

Industri adalah kegiatan mengolah bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang mendatangkan keuntungan.

14. Hasibuan

Pengertian industri sangat luas, dapat dalam lingkup makro maupun mikro. Secara mikro industri adalah kumpulan dari perusahaan-perusahaan yang menghasilkan barang-barang yang homogen, atau barang-barang yang mempunyai sifat yang saling mengganti sangat erat. Dari segi pembentukan pendapatan yakni cenderung bersifat makro. Industri adalah kegiatan ekonomi yang menciptakan nilai tambah. Jadi batasan industri yaitu secara mikro sebagai kumpulan perusahaan yang menghasilkan barang sedangkan secara makro dapat membentuk pendapatan.

15. Badan Perencanaan Pembangunan Sumatera Utara

Industri adalah suatu aktivitas untuk mengubah bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi dengan tujuan untuk dijual.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Pengertian Industri (Artikel Lengkap) http://hedisasrawan.blogspot.com/2014/01/pengertian-industri-artikel-lengkap.html
2. Pengertian Industri Serta Jenis-Jenisnya di Indonesia http://www.anneahira.com/pengertian-industri.htm
3. Pengertian dan Definisi Industri http://carapedia.com/pengertian_definisi_industri_info2063.html
4. Pengertian Definisi Industri Menurut Para Ahli http://definisipengertian.com/2012/pengertian-definisi-industri-menurut-para-ahli/
5. Pengertian Industri Menurut Beberapa Ahli http://www.lepank.com/2012/07/pengertian-industri-menurut-beberapa.html
6. Sektor Industri http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/21938/3/Chapter%20II.pdf
7. Pengertian Industri Secara Umum, Arti Luas dan Arti Sempit Industri http://agussiswoyo.net/ekonomi/pengertian-industri-secara-umum-arti-luas-dan-arti-sempit-industri/
8. Pengertian Industri http://digilib.ump.ac.id/files/disk1/9/jhptump-a-hedwinpram-401-2-babii.pdf
9. Industri http://kbbi.web.id/industri


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

1 comment: