3 Faktor yang Menentukan Kemajuan Desa

Faktor yang Menentukan Kemajuan DesaDesa tidak selalu miskin dan sederhana. Bahkan ada yang sangat maju dan makmur. Beberapa desa juga telah tersedia jaringan listrik, air, dan komunikasi. Ada beberapa sebutan yang menentukan kemajuan desa. Ada desa tradisional, desa swadaya, desa swakarya (sedang berkembang), dan desa swasembada (maju). Banyak faktor yang menentukan kemajuan desa seperti keadaan dan tata kehidupan penduduk desa. Berikut adalah faktor-faktor yang menentukan kemajuan desa. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 16 Pengertian Desa Menurut Para Ahli

1. Potensi Desa

Potensi desa terdiri dari sumber daya alam dan sumber daya manusia. Sumber daya alam kebanyakan berada di sektor agraris. Sedangkan sumber daya manusia mencakup kualitas pendidikan masyarakat dan aparat pemerintah desa. Selain itu, potensi di sektor pariwisata terkadang dapat memajukan desa.

2. Hubungan dengan Daerah Lain

Sama halnya dengan manusia, sebuah desa tidak dapat berdiri sendiri sepenuhnya tanpa kerjasama dengan daerah lain. Hubungan atau interaksi dapat terjadi antara sesama desa maupun desa dengan kota. Hubungan dapat dilakukan melalui jaringan komunikasi dan transportasi yang memadai.

3. Lokasi Desa

Letak desa juga menentukan kemajuan sebuah desa. Jika lokasinya berdekatan dengan daerah yang lebih maju, maka desa tersebut akan lebih berkembang. Tentu saja ini harus didukung dengan sarana transportasi yang memadai. Selain itu, lokasi desa juga menentukan potensi yang dimiliki desa.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

No comments:

Post a Comment