Pengertian Informasi (Artikel Lengkap)

pengertian informasiInformasi adalah data atau fakta yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang mempunyai arti dan bermanfaat membantu seseorang dalam mengambil keputusan. Ada juga yang mengatakan bahwa informasi adalah pengetahuan yang didapatkan dari belajar, pengalaman, atau instruksi. Informasi sangat berguna bagi setiap orang atau organisasi untuk mengambil suatu keputusan.

1. Asal Mula Kata Informasi

Etimologi informasi berasal dari kata bahasa Perancis kuno informacion yang diambil dari bahasa Latin informationem yang berarti “garis besar, konsep, ide”. Dalam bahasa Inggris, “informasi” disebut information.

2. Pengertian Informasi Menurut para Ahli

Pengertian informasi berbeda-beda tergantung pada orang yang membutuhkan informasi tersebut. Termasuk beberapa ahli berikut yang mencoba memberikan pengertian informasi menurut pandangan mereka.

  1. Joner Hasugian. Informasi adalah sebuah konsep yang universal dalam jumlah muatan yang besar, meliputi banyak hal dalam ruang lingkupnya masing-masing dan terekam pada sejumlah media.
  2. Husein dan Wibowo. Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang mempunyai arti dan bermanfaat bagi manusia.
  3. Raymond Mc.leod. Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.

3. Penggunaan Istilah Informasi

Banyak sekali orang yang menggunakan istilah informasi sebagai era jaman sekarang yang sering disebut “era informasi”. Era informasi berkembang karena perkembangan teknologi informasi yang kian pesat. Data yang dibuat atau diolah dengan menggunakan teknologi komputer sering disebut informasi.

4. Perbedaan Data dan Informasi

Seringkali istilah data dan infomasi dianggap sama. Pada berbeda. Data adalah bahan mentah yang belum diolah lebih lanjut. Sedangkan informasi adalah data yang telah diolah sehingga dapat digunakan oleh yang membutuhkannya. Data masih berupa angka-angka yang belum tentu mudah dipahami.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

No comments:

Post a Comment