6 Struktur Tubuh Virus

6 Struktur Tubuh VirusVirus adalah parasit mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologi. Sampai sekarang masih diperdebatkan apakah virus termasuk makhluk hidup atau bukan. Karena struktur tubuh virus sangatlah berbeda jika dibandingkan dengan makhluk hidup lain. Virus tidak memiliki sitoplasma dan organel sehingga tidak dapat melakukan metabolisme. Virus adalah suatu sistem yang paling sederhana dari seluruh sistem genetika. Berikut adalah penjelasan tentang struktur tubuh virus yang pada umumnya terdapat di seluruh jenis virus. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Virus (Materi Lengkap Biologi)

1. Kepala

Kepala virus berisi DNA, RNA, dan diselubungi oleh kapsid. Kapsid tersusun oleh satu unit protein yang disebut kapsomer.

2. Isi Tubuh

Isi tubuh virus sering disebut virion, yang terdiri dari asam nukleat (DNA atau RNA). Virus hanya memiliki salah satu tipe asam nukleat. Terdapat beberapa jenis virus berdasarkan isi tubuhnya, antara lain:

Baca juga: 7 Peranan Virus (Artikel Lengkap)
  1. Virus yang isi tubuhnya RNA dan bentuknya menyerupai kubus antara lain, polyomyelitis, virus radang mulut dan kuku, dan virus influenza.
  2. Virus yang isi tubuhnya RNA, protein, lipida, dan polisakarida, contohnya paramixovirus.
  3. Virus yang isi tubuhnya terdiri atas RNA, protein, dan banyak lipida, contohnya virus cacar.

3. Ekor

Serabut ekor adalah bagian yang berupa jarum dan berfungsi untuk menempelkan tubuh virus pada sel inang. Ekor ini melekat pada kepala kapsid. Ekor virus terdiri atas tabung bersumbat yang dilengkapi benang atau serabut. Khusus untuk virus yang menginfeksi sel eukariotik tidak memiliki ekor.

Tiga bagian diatas adalah tiga struktur utama virus. Berikut adalah tiga tambahan struktur tubuh virus:

4. Kapsid

Kapsid adalah lapisan pembungkus DNA atau RNA yang ada pada tubuh virus. Kapsid terdiri dari rangkaian kapsomer. Bentuk kapsid bervariasi dan tergantung pada tipe virusnya. Fungsi kapsid adalah untuk memberi bentuk virus dan melindungi virus dari kondisi lingkungan yang merugikan virus.

5. Kapsomer

Kapsomer adalah bagian tubuh virus yang di dalamnya ada sedikit protein dan saling terangkai membentuk kapsid.

6. Sel Pembungkus

Sel pembungkus adalah pelindung yang tersusun dari lipoprotein yang merupakan membran plasma dan berfungsi untuk melapisi DNA atau RNA.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

No comments:

Post a Comment