10 Jenis-Jenis Musik

Jenis musik yang dimaksud di sini adalah genre musik. Genre musik adalah pengelompokkan seni musik berdasarkan gaya dan tradisi. Beberapa lagu mungkin memiliki genre yang saling tumpang tindih. Sebenarnya ada ratusan jenis genre dan satu genre bisa terdiri dari beberapa cabang genre. Namun kami hanya menampilkan genre musik yang umum di dunia saja. Berikut adalah jenis-jenis musik berdasarkan genre. Langsung saja kita simak yang pertama:
10 Jenis-Jenis Musik

1. Blues

Blues adalah genre musik yang berasal dari masyarakat Afrika-Amerika dan lahir sekitar akhir abad ke-19. Ciri-ciri musik blues adalah lirik awalnya yang terdiri dari satu baris yang diulang empat kali. Meskipun ciri tersebut hanya ada pada dekade pertama abad ke-20. Pola musik blues sekarang disebut pola AAB. Musik ini juga berkaitan dengan musik keagamaan masyarkat Afro-Amerika yang kebanyakan merupakan rohaniawan. Sebelum abad ke-20, musik Blues hanya populer di kalangan orang Amerika berkulit hitam.

2. Country

Musik country adalah genre musik populer di Amerika yang berasal dari Amerika Serikat selatan tepatnya di Atlanta dan Georgia pada tahun 1920. Ciri khas musik country adalah sebagian besar menggunakan instrumen string seperti banjo, gitar akustik, gitar listrik, biola, dan harmonika. Istilah “country” baru populer pada tahun 1940-an. Musik ini juga identik dengan koboi. Musik ini enak didengar saat melakukan perjalanan jauh dan mengawali hari. Salah satu artis yang populer karena genre musik ini adalah Taylor Swift.

3. Electronic

Musik electronic adalah musik yang secara keseluruhan menggunakan alat musik elektronik dan teknologi musik elektronik. Contoh alat musik elektronik adalah telharmonium, organ hammond, dan gitar listrik. Pengolahan musik electronic dilakukan dengan menggunakan perangkat seperti theremin, synthesizer, dan komputer. Musik jenis ini sering dimainkan di diskotik atau saat berpesta.

4. Hip Hop

Musik hip hop adalah genre musik yang terdiri dari musik berirama dan bergaya yang biasanya terdapat rap dan vokal ritmis. Vokalis biasanya membaca lirik lagu seperti membaca biasa namun dengan ritme tertentu. Hip-hop biasanya dikaitkan dengan break dance, beat box, dan grafiti. Budaya musik hip hop dimulai pada tahun 1970-an.

5. Jazz

Jazz adalah aliran musik yang berasal dari masyarakat Afrika-Amerika pada akhir abad ke-19. Musik ini dikenal memiliki alunan yang merdu. Musik ini mendapatkan pengaruh besar dari budaya Afrika Barat dan Eropa.

6. Pop

Istilah “pop” berasal dari “populer” adalah bentuk modern dari rock and roll. Musik pop terbentuk pada tahun 1950-an. Musik ini lebih lembut dari rock and roll. Genre musik ini menjadi genre musik paling populer di dunia.

7. R & B

R & B (atau RnB) atau singkatan dari “rhythm & blues” adalah genre yang cukup populer yang berasal dari musik Afrika-Amerika pada tahun 1940-an. Satu band RnB biasanya terdiri dari pianis, satu atau dua gitaris, vokalis, bass, drum, dan saxophone. Lirik lagu ini sangat fokus pada tema-tema kemenangan dan kegagalan dalam hal hubungan, kebebasan, ekonomi, aspirasi, dan s3ksual.

8. Rock

Musik rock adalah genre musik populer yang berasal dari musik rock and roll di Amerika serikat pada tahun 1950-an. Musik ini mendapat pengaruh dari blues, jazz, klasik, dll. Musik rock fokus pada gitar listrik. Satu grup musik rock terdiri dari gitar bass, gitar listrik, dan drum. Liriknya sering menekankan tentang cinta romantis atau politik dalam tekanan. Kebanyakan pemainnya adalah laki-laki.

9. Klasik

Musik klasik adalah seni musik yang berakar pada tradisi musik Barat. Genre musik ini sudah ada sejak abad ke-11. Tokoh musik klasik yang terkenal seperti Johann Sebastian Bach dan Beethoven.

10. Reggae

Musik reggae adalah genre musik yang berasal dari Jamaika pada akhir tahun 1960-an. Musik ini dipengaruhi oleh jazz Amerika dan RnB. Gaya musik reggae menggabungkan beberapa unsur musik RnB, jazz, mento, calypso, musik Amerika Latin, dan musik Afrika. Salah satu elemen yang paling mudah dikenali dari musik reggae adalah ritme offbeat yang berasal dari gitar atau piano meskipun gitar bass sering berperan dominan dalam reggae.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

1 comment: