Siklus Krebs (Artikel Lengkap)

siklus krebsSiklus krebs adalah reaksi metabolisme antara asetil ko-A dengan asam oksaloasetat yang terjadi setelah proses glikolisis. Reaksi ini juga disebut siklus asam sitrat dan merupakan pusat dari sekitar 500 reaksi metabolisme yang terjadi di dalam sel. Fase kedua respirasi aerob adalah siklus krebs. Hasilnya adalah karbon dioksida dan energi dalam bentuk adenosin trifosfat (ATP) yang berasal dari karbohidrat, lemak, dan protein. ATP adalah sumber utama energi tubuh. Jalur metabolisme ini berasal dari asam sitrat dan menghasilkan karbon dioksida sebagai limbah. Jalur ini dapat menghasilkan energi kimia yang dapat digunakan dalam bentuk ATP. Pada sel eukariotik, siklus krebs terjadi di dalam mitokondria. Pada sel prokariotik seperti bakteri yang tidak memiliki mitokondria, urutan reaksi dilakukan di dalam sitosol.

4 Proses Pembentukan Tanah

Hands Holding a Seedling and Soil ca. 2000Tanah adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari campuran mineral dan bahan organik. Campuran mineral dapat berupa batuan yang telah lapuk. Sementara bahan organik berasal dari tumbuhan atau hewan yang telah mati dan terurai. Tanah sangat bermanfaat terutama untuk keberlangsungan hidup tumbuhan. Tanah di bumi tidak langsung ada secara tiba-tiba. Melainkan melalui beberapa proses yang panjang dan memakan waktu lama sampai ratusan hingga ribuan tahun. Berikut adalah penjelasan tentang tahap-tahap pembentukan tanah. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Proses Pembentukan Minyak Bumi (Materi Lengkap)

5 Hal yang Bisa Kita Lakukan Untuk Mencegah Korupsi

hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah korupsiKorupsi di Indonesia semakin merajalela. Para koruptor selalu mendapatkan celah untuk korupsi. Indonesia menempati peringkat 114 dalam Indeks Persepsi Korupsi 2013. Namun penanganan korupsi di Indonesia semakin membaik sejak awal era Reformasi berkat ada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tetapi korupsi masih saja terjadi. Sebenarnya kita bisa ikut berpartisipasi dalam upaya pencegahan korupsi. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah korupsi. Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: Makalah: Peranan Pendidikan Anti Korupsi Dini Dalam Mencegah Terjadinya Tindak Korupsi

Sejarah Singkat Pancasila

Sejarah Singkat PancasilaJepang masuk dan menduduki Indonesia pada tanggal 9 Maret 1942. Begitu mudahnya Jepang mengalahkan Belanda dari Indonesia. Itu karena Jepang membawa semboyan 3A (Jepang cahaya Asia, Jepang pemimpin atau saudara tua Asia, dan Jepang pelindung Asia). Dengan semboyan itu, Jepang berpropaganda untuk menarik simpati bangsa Indonesia agar bersedia membantunya. Mereka menganggap kedatangan Jepang ke Indonesia untuk membebaskan bangsa dan tanah air Indonesia dari belenggu penjajahan Belanda. Untuk meyakinkan propaganda Jepang maka diberikanlah kebebasan mengibarkan bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Tipu muslihat Jepang berhasil menarik simpati bangsa Indonesia. Namun janji tinggal janji untuk memberi kebebasan bangsa Indonesia merdeka. Ternyata penjajahan Jepang jauh lebih kejam dari penjajahan sebelumnya, sehingga menimpulkan antipati seluruh rakyat Indonesia yang selanjutnya berbalik melawan Jepang.

Baca juga: Pancasila Sebagai Dasar Negara (Artikel Lengkap)

6 Kata Buat Pacar yang Sedang Sakit

Kata Buat Pacar yang Sedang SakitSangat menyedihkan ketika kita melihat pacar kita yang sedang sakit. Kita tidak dapat melihat senyum dan canda tawanya. Yang pacaran jarak dekat masih bisa ketemu dan menemaninya secara langsung. Sedangkan yang LDR hanya bisa menelpon atau SMS saja. Nah, apa kata-kata yang tepat untuk pacar yang sedang sakit? Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 2 Doa Untuk Pacar yang Lagi Sakit

3 Faktor yang Menentukan Kemajuan Desa

Faktor yang Menentukan Kemajuan DesaDesa tidak selalu miskin dan sederhana. Bahkan ada yang sangat maju dan makmur. Beberapa desa juga telah tersedia jaringan listrik, air, dan komunikasi. Ada beberapa sebutan yang menentukan kemajuan desa. Ada desa tradisional, desa swadaya, desa swakarya (sedang berkembang), dan desa swasembada (maju). Banyak faktor yang menentukan kemajuan desa seperti keadaan dan tata kehidupan penduduk desa. Berikut adalah faktor-faktor yang menentukan kemajuan desa. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 16 Pengertian Desa Menurut Para Ahli

20 Pengertian Kota Menurut Para Ahli

Pengertian Kota Menurut Para AhliKota merupakan hasil cipta, rasa, karsa, dan karya manusia yang paling rumit sepanjang peradaban. Kota bisa dibilang sebagai tempat yang padat dan dihuni oleh orang-orang yang heterogen (beraneka ragam). Pengertian kota secara umum adalah tempat bermukim, bekerja, dan kegiatan warga kota baik itu dalam bidang ekonomi, pemerintahan, dll. Para ahli memberikan pengertian kota sesuai dengan sudut pandang keilmuannya masing-masing. Berikut adalah beberapa pengertian kota menurut para ahli dan aneka referensi lainnya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 10 Kota Terindah di Dunia

Arti Kata Industri (Bahasa Indonesia)

Berikut adalah arti kata industri (bahasa Indonesia) menurut KBBI.

Industri (Dieja: in-dus-tri) n (noun/kata benda) kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misal mesin.

Bahasa Inggris: industry


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

3 Zat Makanan yang Berperan Sebagai Sumber Energi

Zat Makanan yang Berperan Sebagai Sumber EnergiMakanan merupakan sumber energi bagi tubuh manusia untuk melakukan berbagai aktivitas. Namun sebelum bisa dijadikan sebagai sumber energi, makanan tersebut harus melalui sistem pencernaan pada manusia. Makanan bisa menjadi sumber energi karena terdapat zat yang menjadi sumber kalori. Berikut adalah zat-zat makanan yang berperan sebagai sumber energi. Langsung saja kita simak yang pertama:

Pengertian Kebudayaan (Artikel Lengkap)

pengertian kebudayaanMenurut Koentjaraningrat, kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dari manusia dengan belajar. Istilah “kebudayaan” berasal dari bahasa Sansekerta buddayah yang merupakan bentuk jamak dari kata buddhi yang berarti “akal” atau “budi”. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture yang berarti “mengolah” atau “mengerjakan”. Terkadang, istilah culture merujuk pada pengolahan tanah atau pertanian.

3 Proses Pembentukan Urine

Proses Pembentukan UrineProses pembentukan urin terdiri dari tiga tahap yaitu filtrasi, reabsorpsi, dan augmentasi. Semuanya terbentuk di dalam ginjal tepatnya di bagian nefron. Urine adalah salah satu hasil dari sistem ekskresi pada manusia yang merupakan hasil penyaringan darah oleh ginjal. Urine mengandung zat-zat berbahaya yang harus dikeluarkan oleh tubuh. Berikut adalah 3 proses pembentukan urine. Langsung saja kita simak yang pertama:

5 Dampak Positif Perjanjian San Francisco

Dampak Positif Perjanjian San FranciscoPerjajian San Francisco adalah perjanjian antara Sekutu dan Jepang pada tanggal 8 September 1951. Perjanjian ini adalah perjanjian perdamaian dengan Jepang pasca Perang Dunia II. Banyak sekali dampak positif yang ditimbulkan oleh perjanjian ini. Namun Jepang justru mengalami banyak kerugian karena kalah perang. Berikut adalah beberapa dampak positif Peranjian San Francisco. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Pengaruh Perang Dunia & Pendudukan Jepang di Indonesia

13 Faktor dan Tujuan Sosialisasi

Faktor dan Tujuan SosialisasiPengertian sosialisasi dilihat dari ilmu sosiologi adalah semua faktor dan proses yang membuat setiap manusia menjadi selaras dalam hidupnya di tengah-tengah masyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu. Berikut adalah 13 faktor dan tujuan sosialisasi yang terdiri dari 2 faktor dan 11 tujuan sosialisasi. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian (Materi Ringkasan Sosiologi)

Pengertian Energi (Artikel Lengkap)

pengertian energiEnergi adalah kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan. Energi merupakan bagian dari suatu benda tetapi tidak terikat pada benda tersebut. Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi dapat dirubah bentuknya. Energi juga disebut tenaga. Satuan energi menurut Satuan Internasional (SI) adalah joule (J). Sedangkan satuan energi lain yaitu erg, kalori, dan kWh. Energi bersifat fleksible, artinya dapat berpindah dan berubah.

16 Pengertian Desa Menurut Para Ahli

Pengertian Desa Menurut Para AhliDesa berasal dari bahasa Sansekerta dhesi yang berarti “tanah kelahiran”. Desa identik dengan kehidupan agraris dan keseherhanaannya. Ada beberapa istilah desa, misalnya gampong (Aceh), kampung (Sunda), nagari (Padang), wanus (Sulawesi Utara), dan huta (Batak). Berikut adalah pengertian desa menurut para ahli kependudukan dan undang-undang. Langsung saja kita simak yang pertama:

4 Perbedaan Budaya Politik dengan Sistem Politik

Perbedaan Budaya Politik dengan Sistem PolitikDalam kehidupan sehari-hari, tentu kita tidak lepas dari politik. Entah karena pemilu, pilkada, pemilihan ketua OSIS, bahkan dalam kelompok ada politik. Nah, di dalam suatu pemerintahan, ada yang namanya budaya politik dan sistem politik. Keduanya berbeda namun saling berkaitan dan saling mempengaruhi satu sama lain.

Italia (Artikel Lengkap)

Italia

 

Republik Italia
Repubblica italiana

bendera Italia
Bendera

lambang negara Italia
Lambang

Lagu kebangsaan: Il Canto degli Italiani
(Lagu Rakyat Italia)

Ibu kota
(dan kota terbesar)
Roma
Bahasa resmi Bahasa Italia
Pemerintahan Kesatuan, Republik, Parlementer
Legislatif Parlemen

Pembentukan

  • Penyatuan
  • Republik


17 Maret 1861
2 Juni 1946
Luas 301,338 km2
Populasi 59.433.744 (sensus 2011)
Pendapatan per Kapita $33.828
Mata uang Euro (€) (sebelum 2002, lira)
Lajur kemudi Kanan
Ranah internet .it
Kode telepon 39

Italia adalah sebuah negara kesatuan republik parlementer di Eropa selatan. Letaknya di sebelah utara berbatasan dengan Perancis, Swiss, Austria, dan Slovenia serta di sebelah selatan terdapat laut Mediterania. Di dalam Italia terdapat dua negara kantong yaitu San Marino dan Vatikan serta terdapat Campione d’Italia yang merupakan eksklave Italia di Swiss. Luas Italia adalah seluas 301.338 km2 dan sebagian besar beriklim sedang. Jumlah penduduk mencapai 61 juta jiwa. Italia memiliki PDB terbesar ke-3 di Zona Eropa dan ke-9 di dunia.