3 Bioproses Pencernaan Karbohidrat

Karbohidrat adalah senyawa organik yang terdiri dari unsur karbon, hidrogen, dan oksigen. Kini saya akan menjelaskan bioproses pencernaan karbohidrat. Karena bioproses adalah suatu proses yang kompleks dalam sistem biologi yang memperhatikan parameter kimia dan fisika pada suatu sel untuk menghasilkan suatu produk, maka saya hanya menjelaskan proses metabolisme karbohidrat di dalam sel yang menggunakan respiasi aerob. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Sistem Pencernaan Pada Manusia (Materi Lengkap Biologi)

3 Bioproses Pencernaan Karbohidrat

1. Glikolisis

Glikolisis adalah proses penguraian satu molekul glukosa menjadi dua molekul asam piruvat tanpa menggunakan oksigen. Glikolisis terjadi di dalam sitoplasma. Karena tidak memerlukan oksigen, proses ini sering dianggap anaerobik. Pada hewan yang mengunakan respirasi anaerob, glikolisis adalah satu-satunya metode menghasilkan energi.

2. Siklus Krebs

Siklus krebs adalah reaksi antara asetil KoA dengan asam oksaloasetat yang menghasilkan asam sitrat sehingga disebut juga siklus asam sitrat. Siklus krebs terjadi di dalam mitokondria. Hasil akhir siklus krebs adalah 2 ATP, 6 NADH, 2 FADH2(Flavin Adenine Dinucleotide H2), dan 4 CO2. Molekul NADH dan FADH2 akan masuk ke sistem transpor elektron.

3. Sistem Transpor Elektron

Baca juga: Sistem Pernapasan Pada Manusia (Artikel Lengkap)

Sistem transpor elektron atau rantai transpor elektron adalah proses dimana NADH dan FADH2 memberikan elektron dan H+ sehingga elektron bergerak dan H+ keluar dan masuk lagi ke dalam membran melalui ATP sintase sehingga memacu pembentukan ATP dan fosfat. 1 molekul glukosa akan menghasilkan 32 ATP.


Sumber:

Judul

Alamat

1. PENGERTIAN KARBOHIDRAT, KLASIFIKASI KARBOHIDRAT DAN METABOLISME KARBOHIDRAT http://habibana.staff.ub.ac.id/2014/06/30/pengertian-karbohidrat-klasifikasi-karbohidrat-dan-metabolisme-karbohidrat/
2. Pengertian Tahapan Glikolisis http://www.sridianti.com/pengertian-tahapan-glikolisis.html
3. siklus krebs https://gharenk10.wordpress.com/siklus-krebs/
4. Pengertian Sistem Transpor Electron http://hikmat.web.id/biologi-klas-x/pengertian-electron-transport-system/


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

No comments:

Post a Comment