Pengertian Fenomena Sosial dan Ekonomi (Beserta Contoh)

Fenomena adalah rangkaian peristiwa serta bentuk keadaan yang dapat diamati dan dinilai lewat kaca mata ilmiah atau lewat disiplin ilmu tertentu. Salah satu fenomena yang dapat terjadi adalah fenomena sosial dan fenomena ekonomi. Berikut adalah pengertian fenomena sosial dan ekonomi. Langsung saja kita simak yang pertama:

Pengertian Fenomena Sosial dan Ekonomi

1. Pengertian Fenomena Sosial

Baca juga: 18 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Fenomena sosial adalah gejala-gejala atau peristiwa-peristiwa yang terjadi dan dapat diamati dalam kehidupan sosial. Fenomena sosial terjadi ketika manusia menganggap segala sesuatu yang dialaminya adalah sebuah kebenaran absolut. Menurut Soerjono Soekanto, fenomena atau masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.

2. Pengertian Fenomena Ekonomi

Baca juga: 5 Perubahan Sosial Dibidang Ekonomi

Fenomena ekonomi adalah gejala bagaimana cara orang atau masyarakat memenuhi kebutuhan hidupnya atas barang dan jasa. Cara yang dimaksud adalah semua aktivitas orang atau masyarakat yang berkaitan dengan produksi, distribusi, pertukaran, konsumsi jasa, dan barang yang langka. Secara rinci, Swedbwerg menuliskan fenomena-fenomena ekonomi tersebut terdiri dari konsumsi dan produksi, produktivitas dan inovasi teknologi, pasar, kontrak, uang, tabungan, organisasi ekonomi (bank, koperasi) kehidupan dalam tempat kerja, pembagian kerja dan segregasi pekerjaaan, kelas ekonomi, ekonomi internasional, ekonomi dan masyarakat luas, dampak faktor gender dan etnik terhadap ekonomi, kekuatan ekonomi, dan ideologi ekonomi.

3. Contoh Fenomena Sosial dan Ekonomi

Contoh fenomena sosial dan ekonomi di Indonesia dapat dilihat saat mudik lebaran. Contoh fenomena sosial adalah kegiatan mudik saat lebaran. Sedangkan contoh fenomena ekonomi adalah pamer status dimana orang yang mudik ke kampung halaman akan menunjukkan status sosialnya kepada orang-orang di kampung halaman. Hal tersebut membuat masyarakat di kampung halaman beranggapan bahwa kota adalah tempat untuk memperbaiki nasib dan menuju pada kehidupan yang lebih baik.


Sumber:

Judul

Alamat

Fenomena adalah (Lebih dari 500 kata untuk FENOMENA) http://ririputriramadani.blogspot.com/2013/10/lebih-dari-500-kata-untuk-fenomena.html
fenomena sosial http://agusbudipendidikanips.blogspot.com/2013/06/fenomena-sosial.html
Apa pengertian fenomena sosial? https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20091004004327AA8mlfr
fenomena sosial dalam masyarakat http://galihpratama20.blogspot.com/2012/01/senomena-sosial-dalam-masyarakat.html
PENDEKATAN SOSIO EKONOMI https://parmadiseme.wordpress.com/2012/02/15/pendekatan-sosio-ekonomi/


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

1 comment:

  1. mau tax nih, kalau fenomena ekonomi yg terjadi sehari2 .. misalnya sama seorang mahasiswa/i sendiri gimana nih?
    makasih yaa ...

    ReplyDelete