Pengertian Musik (Artikel Lengkap)

Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan. Musik bisa berasal dari vokal, alat musik, atau elektronik. Saat ini musik merupakan salah satu media seni terpopuler (Selengkapnya baca: Seni Musik) dan merupakan salah satu hasil budaya manusia. Musik sering digunakan sebagai pengiring sebuah lagu, tarian, pertunjukan, dan segala jenis acara. Saat ini musik telah menjadi kebutuhan dan semacam gaya hidup tersendiri. Dalam bahasa Inggris, “musik” disebut music.
Artikel ini membahas pengertian musik secara umum. Untuk melihat pengertian musik sebagai media seni, baca Pengertian Seni Musik (Artikel Lengkap).
Pengertian Musik
Partitur musik Mozart


1. Asal Mula Kata Musik

Etimologi istilah “musik” merupakan kata serapan dari bahasa Inggris music yang bermakna sama. Etimologi kata music sendiri berasal dari bahasa Yunani μουσική (mousike) yang berarti “seni Muses”. Muses adalah dewi inspirasi literatur, sains, dan seni dalam mitologi Yunani.

2. Arti Kata Musik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 2008), musik adalah nomina (kata benda) dan memiliki dua makna yaitu:
  • Musik adalah ilmu atau seni penyusunan nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.
  • Musik adalah nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).
3. Pengertian Musik Menurut Para Ahli
  1. Menurut David Ewen, musik adalah ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal maupun instrumental, yang meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan terutama aspek emosional.
  2. Menurut Adjie Esa Poetra, musik adalah bunyi yang teratur, bukan saja bersifat moral normatif, melainkan juga diakui selaras berdasarkan penghitungan para ahli ilmu fisika.


Sumber:
  1. Musik (http://id.wikipedia.org/wiki/Musik)
  2. Pengertian Seni Musik (Artikel Lengkap) (http://hedisasrawan.blogspot.com/2014/11/pengertian-seni-musik-artikel-lengkap.html)
  3. Pengertian Musik Menurut Ahli (http://www.kajianteori.com/2013/02/pengertian-musik-definisi-musik.html)
  4. pengertian musik (http://musiktopan.blogspot.com/)
  5. Pengertian dan Definisi Musik (http://museummusik.blogspot.com/2014/01/pengertian-dan-definisi-musik.html)
  6. Music (http://en.wikipedia.org/wiki/Music)
  7. Muse (http://en.wikipedia.org/wiki/Muse)
  8. PENGERTIAN DAN DEFENISI MUSIK MENURUT PARA AHLI (http://fivelineband.blogspot.com/2014/03/pengertian-dan-defenisi-musik-menurut.html)



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

No comments:

Post a Comment