14 Ciri Khusus Tumbuhan dan Manfaatnya

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang tergabung dalam kingdom plantae. Ciri khusus tumbuhan adalah autotrof (mampu menghasilkan makanan sendiri) dan mampu melakukan fotosintesis. Jenis-jenis tumbuhan sangatlah beragam. Terdapat sekitar 375.000 spesies tumbuhan yang telah diidentifikasi. Setiap spesies memiliki ciri khusus yang berbeda-beda dengan fungsi dan manfaat yang berbeda pula tergantung kondisi lingkungan tumbuhan tersebut tumbuh. Berikut adalah beberapa ciri khusus tumbuhan dan manfaatnya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Tumbuhan (Artikel Lengkap)
ciri khusus tumbuhan dan manfaatnya

Download Ebook pdf 10 Contoh Karya Seni Rupa Terapan

Kali ini saya akan membagikan kepada kalian ebook ke sekian saya yang berjudul “10 Contoh Karya Seni Rupa Terapan”. Ebook ini hanya terdiri dari empat halaman dan semua contoh berisi gambar ilustrasi. Ebook ini diharapkan bisa membuat proses belajar dan membuat tugas kalian menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Ukurannya tidak besar, hanya setengah MB. Berikut adalah tautan menuju tempat download:

Download Ebook 10 Contoh Karya Seni Rupa Terapan

Download Ebook pdf 10 Contoh Karya Seni Rupa Terapan


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

Pengertian dan 7 Macam Seni Grafis (Beserta Contoh Gambar)

Seni grafis adalah salah satu cabang dari seni rupa yang memanfaatkan teknologi komputer dan teknik cetak. Media pencetakan yang digunakan biasanya menggunakan kertas atau kain. Seni grafis dapat ditemukan di koran, majalah, papan reklame, dan pakaian. Berikut adalah pengertian dan macam-macam seni grafis lengkap dengan contoh gambar. Langsung saja kita simak yang pertama:

10 Contoh Barang Di Sekitar Kita dari Negara Maju (Beserta Asal Negara)

Negara maju sebagai negara industri tentunya punya banyak sekali barang-barang unggulan yang bisa diekspor ke luar negeri. Bahkan ada beberapa produk yang justru lebih dikenal di luar negeri ketimbang di negerinya sendiri. Itu dikarenakan tingkat penguasaan mereka akan ilmu pengetahuan dan teknologi sangatlah tinggi. Berikut adalah 10 contoh barang-barang di sekitar kita yang berasal dari negara maju lengkap dengan asal negaranya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Daftar Negara Maju dan Berkembang di Dunia

Pengertian dan Jenis-Jenis Proposal (Artikel Lengkap)

Proposal sering dijumpai pada perusahaan dan instansi pemerintah. Tujuan pembuatan proposal adalah supaya usulan yang diinginkan tersebut disetujui dan bahkan didanai. Berikut adalah pengertian dan jenis-jenis proposal. Langsung saja kita simak selengkapnya…..

pengertian dan jenis-jenis proposal

26 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Ideologi adalah kumpulan ide, cita-cita, pandangan, atau gagasan berupa konsep yang bisa dijadikan asas, pendapat, tujuan, dan penunjuk arah kelangsungan hidup. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan “ilmu tentang ide”. Secara etimologis, “ideologi” berasal dari bahasa Yunani idea yang berarti “ide” dan logos yang berarti “ilmu”. Untuk memahami lebih dalam pengertian ideologi, berikut adalah beberapa pengertian ideologi menurut para ahli filsafat. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Pengertian Ideologi (Artikel Lengkap)
pengertian ideologi menurut para ahli

Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara (Artikel Lengkap)

Pancasila sebagai dasar negara adalah pandangan hidup bangsa yang tertuang dalam Pancasila dan menjadi jati diri bangsa Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara berarti nilai-nilai Pancasila harus menjadi pedoman normatif bagi penyelenggaraan bernegara.

Bagian dari: Pancasila Sebagai Dasar Negara (Artikel Lengkap)
Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara

15 Contoh Fenomena Sosial

Fenomena sosial adalah gejala-gejala atau peristiwa-peristiwa yang terjadi dan dapat diamati dalam kehidupan sosial. Banyak sekali fenomena sosial yang terjadi di sekitar kita. Fenomena sosial terjadi terutama di perkotaan dimana ada banyak sekali masyarakat dari beragam latar belakang ekonomi, tempat kelahiran, budaya, dan bahkan agama. Berikut adalah beberapa contoh fenomena sosial. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Pengertian Fenomena Sosial dan Ekonomi (Beserta Contoh)

contoh fenomena sosial

4 Contoh Cara Berpikir Sinkronis dalam Sejarah

Cara berpikir sinkronis dalam sejarah berarti berpikir yang meluas dalam ruang tetapi terbatas dalam waktu. Cara berpikir ini menganalisa suatu kejadian di satu atau beberapa tempat dalam satu waktu. Cara berpikir sinkronis penting dalam sejarah karena berfungsi untuk menganalisis keadaan suatu tempat pada waktu tertentu. Sifatnya horizontal dan menganalisis peristiwa sezaman. Berikut adalah beberapa contoh cara berpikir sinkronis dalam sejarah. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 5 Contoh Sejarah Bersifat Diakronik

Contoh Cara Berpikir Sinkronis dalam Sejarah

3 Cara Menghadapi Gebetan yang Suka Curi-Curi Pandang Ke Kita

Dari: “Seseorang”

Ke: hedisasrawan@gmail.com

(Isi email diubah agar sesuai EYD tanpa bermaksud mengubah maksud dari email tersebut)


Gimana ya kalau kita suka sama kakak kelas (cowok), dia berprilaku dingin, tapi sepertinya dia suka melihat kita diam-diam. Apa yang harus saya lakukan? Terima kasih sebelumnya :)


Terima kasih sudah bertanya melalui email saya.

Menurut apa yang kamu katakan, sepertinya dia juga tertarik dengan kamu. Ini adalah kesempatan yang sangat bagus. Mungkin dia juga ingin memastikan bahwa kamu memang pantas untuk diincar atau dia ingin meyakinkan dirinya bahwa kamu benar-benar suka sama dia. Kemungkinan terburuknya sih karena kamu GR. Hehe. Dia berperilaku dingin itu bertujuan untuk menjaga harga dirinya di depan adik kelas. Berikut adalah cara menghadapi gebetan yang suka curi-curi pandang ke kita. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 6 Arti Perasaan Cowok yang Susah Ditebak

Cara Menghadapi Gebetan yang Suka Curi-Curi Pandang Ke Kita

16 Macam Kepribadian Manusia Menurut 3 Para Ahli

Kepribadian adalah cara setiap individu tampil dan menampilkan kesan bagi individu-individu lainnya. Setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda tergantung pada sifat-sifat yang dimilikinya. Berikut adalah macam-macam kepribadian manusia menurut para ahli. Harap diingat bahwa tidak ada yang namanya kepribadian terbaik dan terburuk. Semuanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Langsung saja kita simak yang pertama:

Pelajari juga: Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian (Materi Ringkasan Sosiologi)

macam-macam kepribadian manusia

6 Syarat Menjadi Guru Pembimbing yang Baik

Guru pembimbing adalah guru yang bertugas di bagian BK (Bimbingan Konseling) di sekolah. Tugas pokok guru pembimbing adalah untuk membimbing para siswa di sekolah. Dengan adanya guru pembimbing, diharapkan siswa yang berkelakuan menyimpang dapat dibina sehingga dapat menjadi lebih baik lagi. Berikut adalah beberapa syarat untuk menjadi guru pembimbing yang baik di sekolah. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 10 Cara Belajar yang Baik dan Benar

syarat menjadi guru pembimbing yang baik

8 Macam Sumber Energi (Artikel Lengkap)

Sumber energi adalah segala sesuatu di sekitar kita yang mampu menghasilkan energi. Energi adalah kemampuan untuk melakukan suatu tindakan atau pekerjaan (usaha). Energi sangatlah bermanfaat bagi peradaban manusia. Energi yang bermanfaat dapat berupa energi listrik, gerak, pegas, dll. Tapi yang saya tekankan di artikel ini adalah sumber energi listrik dan mesin. Berikut adalah macam-macam sumber energi, baik yang terbarukan maupun tidak. Langsung saja kita simak yang pertama:

Mungkin Anda mencari: 3 Zat Makanan yang Berperan Sebagai Sumber Energi

Macam-Macam Sumber Energi

5 Proses Pembentukan Sperma (Spermatogenesis) (Artikel Lengkap)

Spermatogenesis adalah proses pembentukan spermatozoa pada sel spermatogonia melalui tahap mitosis dan meiosis. Sel tersebut terdapat pada dinding tubulus seminiferus yang terdapat pada testis. Selain sel spermatogonia, pada tubulus seminiferus juga terhadap sel sertoli dan sel leydig. Fungsi sel sertoli adalah untuk memberi makan spermatozoa sedangkan fungsi sel leydig berfungsi untuk menghasilkan testosteron.

Proses pembentukan sperma dipengaruhi oleh beberapa hormon yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisis yaitu LH dan FSH. Fungsi LH (Luteinizing Hormone) adalah untuk merangsang sel leydig untuk menghasilkan hormon testosteron. Sedangkan fungsi FSH (Folicle Stimulating Hormone) adalah untuk merangsang sel sertoli untuk menghasilkan ABP (Androgen Binding Protein). Fungsi ABP adalah untuk memacu spermatogonium untuk memulai proses spermatogenesis.

Berikut adalah 5 tahap pembentukan sperma. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Sistem Reproduksi pada Manusia (Artikel Lengkap)
proses pembentukan sperma

potongan melintang tubulus seminiferus

10 Gambar Seni Rupa Terapan Nusantara

Seni rupa terapan Nusantara adalah karya seni asli Nusantara atau Indonesia yang dapat digunakan untuk memanuhi kebutuhan praktis. Bentuk corak karya seni rupa terapan Nusantara di setiap daerah umumnya berbeda-beda. Ini disebabkan karena perbedaan budaya, adat istiadat, dan agama. Namun ciri-ciri umumnya hampir mirip yakni mengambil objek flora, fauna, atau alam sekitar sedangkan sifatnya dekoratif, lembut, kontras, klasik, dan penuh simbol. berikut adalah beberapa contoh gambar seni rupa terapan Nusantara. Langsung saja kita simak yang pertama:

Penjelasan: 10 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

1. Rumah adat Gadang, Minangkabau, Sumatera Barat.

rumah adat Gadang

2. Kendaraan tradisional Delman

delman

3. Batik

batik

4. Senjata tradisional Mandau, Kalimantan

mandau

5. Anyaman

anyaman

6. Sepatu Cibaduyut

sepatu cibaduyut

7. Gagang Pintu

gagang pintu

8. Cobek

cobek

9. Gerabah

gerabah

10. Kain tenun

kain-tenun


Referensi:

  1. 10 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara (http://hedisasrawan.blogspot.com/2015/01/10-contoh-karya-seni-rupa-terapan.html)
  2. Bentuk Corak Senirupa Terapan Nusantara (http://blog-senirupa.blogspot.com/2013/08/bentuk-corak-senirupa-terapan-nusantara.html)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

2 Macam Bentuk Negara (Artikel Lengkap)

Bentuk negara adalah pengelompokkan negara berdasarkan kriteria distribusi kekuasaan antara berbagai tingkat pemerintahan dalam suatu negara. Semua negara bebas menentukan bentuk negaranya masing-masing. Tidak ada yang bisa mengintervensi bahkan hukum internasional sekalipun. Penentuan bentuk negara dilatarbelakangi oleh aspirasi masyarakat, keinginan penguasa, masa lalu bangsa, dll. Dibawah ini adalah peta dunia negara-negara kesatuan (biru) dan federal (hijau).

macam-macam bentuk negara

Pengertian Wira (Artikel Lengkap)

Wira adalah sebuah kata dasar yang berarti “kepahlawanan”. Istilah ini menjadi kata dasar dari “wirausaha” dan “perwira”. Ada juga beberapa orang yang bernama Wira. Kata Wira dieja wi-ra.

Pengertian Sejarah (Artikel Lengkap)

Sejarah adalah kejadian di masa lalu khususnya yang berhubungan dengan manusia yang disusun berdasarkan sumber sejarah yang ada. Sumber sejarah adalah peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa atau keadaan di masa lampau. Dengan demikian, kejadian yang baru terjadi kemarin pun bisa dikatakan sebagai sejarah. Sejarah merupakan studi tentang sebab dan akibat. Dalam sejarah, suatu peristiwa akan menjadi bermakna jika kita mengetahui mengapa peristiwa tersebut terjadi. Istilah “sejarah” berbeda dengan “ilmu sejarah”. Ilmu sejarah adalah ilmu yang mempelajari peristiwa penting manusia di masa lalu.

pengertian sejarah

Mengapa Persebaran Minyak Bumi Tidak Merata?

Ada yang bertanya, mengapa persebaran minyak bumi di bumi tidak merata? Mengapa ada negara yang memiliki banyak cadangan minyak bumi dan ada negara yang memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki cadangan minyak bumi? Sekarang saya akan mencoba untuk menjawabnya. Berikut adalah alasan mengapa persebaran minyak bumi tidak merata. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Proses Pembentukan Minyak Bumi
Mengapa Persebaran Minyak Bumi Tidak Merata?

6 Ciri Khusus Kalajengking

Kalajengking atau dalam bahasa Inggris scorpion adalah hewan arthropoda predator invertebrata berkaki enam. Ciri khusus kalajengking yang paling khas adalah sengat beracunnya. Sengat tersebut berada di belakang menyerupai ekor. Fungsi sengat adalah untuk melumpuhkan atau bahkan membunuh mangsa atau pengganggu. Berikut adalah beberapa ciri khusus kalajengking. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: 20 Ciri Khusus Hewan

ciri khusus kalajengking

  1. Memiliki sengat yang menggantung di bagian ekor yang disebut metasoma.
  2. Berkaki enam.
  3. Berbuku-buku.
  4. Semua jenis kalajengking memiliki bisa berupa neurotoksin (racun saraf). Ada juga yang memiliki bisa sitotoksik (racun sel). Meski demikian, sebagian besar jenis kalajengking tidak mematikan bagi manusia.
  5. Memiliki sepasang capit di bagian depan.
  6. Tubuhnya sedikit memanjang.


Referensi:

  1. Scorpion (https://en.wikipedia.org/wiki/Scorpion)
  2. Kalajengking (https://id.wikipedia.org/wiki/Kalajengking)
  3. Kalajengking (http://yusufsila-binatang.blogspot.com/2011/07/kalajengking.html)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

Apakah Kita Bisa Menciptakan Minyak Bumi Secara Buatan?

Ada beberapa yang bertanya soal ini setelah saya membuat artikel tentang proses pembentukan minyak bumi. Salah satunya adalah apakah kita bisa merekayasa proses tersebut untuk melakukan sintesis buatan minyak bumi sehingga minyak bumi menjadi energi terbarukan? Apakah kita bisa membentuk hidrokarbon (alkana) secara buatan? Kali ini saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Apakah Kita Bisa Menciptakan Minyak Bumi Secara Buatan?

Pengertian dan Anatomi Paru-Paru (Artikel Lengkap)

Paru-paru adalah organ yang sangat vital bagi hewan darat termasuk manusia. Organ ini terlibat langsung dalam tiga sistem organ sekaligus, yaitu sistem pernapasan pada manusia, sistem peredaran darah pada manusia, dan sistem ekskresi pada manusia. Fungsi paru-paru adalah untuk melakukan pernapasan atau pertukaran oksigen dan karbon dioksida dengan darah. Berikut adalah pengertian dan anatomi paru-paru. Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Bagian dari: Paru-Paru (Artikel Lengkap)

7 Fungsi Bronkus

Bronkus adalah persimpangan antara tenggorokan dan paru-paru. Letaknya di bawah trakea. Bronkus memiliki 2 cabang. Yang satu menuju paru-paru kiri, dan yang satunya lagi menuju paru-paru kanan. Fungsi utama bronkus mirip seperti “pipa” yang membawa masuk dan keluar udara dari dan ke paru-paru. Bronkus tidak berfungsi sebagai tempat pertukaran gas. Berikut adalah beberapa fungsi bronkus. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Sistem Pernapasan pada Manusia (Artikel Lengkap)
fungsi bronkus

7 Fungsi Membran Sel

Membran sel atau membran plasma adalah membran yang dimiliki oleh semua jenis sel yang berupa lapisan yang disebut membran plasma yang memisahkan sel dengan lingkungan di luar sel. Tebalnya hanya 8 nm. Meskipun sangat tipis, fungsi membran sel sangat vital bagi sel karena ia menjadi “garda depan” atau pintu gerbang bagi sel. Berikut adalah beberapa fungsi membran sel. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Membran Sel (Artikel Lengkap)
fungsi membran sel

3 Cara Memilih Unsur Seni Rupa Nusantara untuk Dikembangkan Menjadi Karya Seni Rupa Murni

Indonesia yang memiliki berbagai macam suku, budaya, adat istiadat, dan agama tentu saja memiliki kekayaan unsur seni rupa yang sangat kaya. Semua unsur seni rupa tersebut tentunya bisa dikembangkan lagi menjadi sebuah karya seni rupa murni. Unsur-unsur tersebut berupa bahan, teknik, corak, dll. Berikut adalah cara memilih unsur seni rupa nusantara untuk dikembangkan menjadi karya seni rupa murni. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 6 Cara Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Rupa
Cara Memilih Unsur Seni Rupa Nusantara untuk Dikembangkan Menjadi Karya Seni Rupa Murni

6 Cara Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Rupa

Seni adalah proses penciptaan yang berdasarkan ekspresi manusia yang melibatkan keterampilan, imajinasi, atau teknik. Siapapun bisa mengekspresikan diri melalui karya seni termasuk seni rupa. Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan yakni dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. Dalam membuat karya seni rupa, mungkin membutuhkan beberapa teknik khusus. Berikut adalah 6 langkah mengekspresikan diri melalui salah satu karya seni rupa yaitu seni lukis. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Pengertian Seni (Artikel Lengkap)

Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Rupa

Makalah: Menampilkan Sikap Apresiatif Terhadap Keunikan Gagasan dan Teknik Seni Rupa Murni Asia

Apresiasi seni rupa murni adalah aktivitas mengindra karya seni rupa murni, merasakan, menikmati, menghayati, dan menghargai nilai-nilai keindahan dalam karya seni. Menurut Brent G. Wilson, apresiasi seni memiliki tiga domain yaitu perasaan (keindahan), penilaian (menilai seni), dan empati (hormat terhadap dunia seni rupa). Kegiatan apresiasi dapat ditunjukkan dengan sikap empati berupa ungkapan kata-kata atau tanggapan secara lisan atau tertulis.

Seni Rupa Murni Asia

Makalah: Mengidentifikasi Seni Rupa Murni yang Diciptakan di Indonesia dan Asia

Seni rupa murni adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. Sebelumnya kami telah mengidentifikasi karya seni rupa murni Bali. Saat ini kita akan mengidentifikasi karya seni rupa murni di Indonesia dan Asia. Ini adalah salah satu artikel request dari pembaca kami melalui hedisasrawan@gmail.com.

5 Cara Mendekati Cewek Alim Dengan Baik dan Benar

Ini adalah artikel berdasarkan request dari salah satu pembaca blog kami melalui hedisasrawan@gmail.com. Berikut isi emailnya:

Kalau cara mendekati cewek yang lembut, baik, sama suka sholat gimana tapi dia kakak kelas. Ada saran?


Wah cewek seperti itu sih idaman banget. Hanya saja, mengapa kamu lebih tertarik dengan kakak kelas? Padahal pasti banyak juga adik kelas yang sifatnya begitu. Mungkin disana adek kelasnya banyak yang sifatnya cabe sama kimcil yaa? Hehehe kalau mendekati cewek alim seperti itu sih mungkin agak susah. Karena dia pasti lebih baik mementingkan masa depan ketimbang pacaran saat ini. Tidak seperti cabe-cabean yang baru PDKT bentar langsung der! dan akhirnya dor! (tolong jangan dianggap serius) Tapi kalau kamu niatnya hanya berteman, boleh juga. Berikut adalah beberapa cara mendekati cewek alim dengan baik dan benar. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Cara PDKT Sama Kakak Kelas
Cara Mendekati Cewek Alim Dengan Baik dan Benar