5 Contoh Perubahaan Zaman

Dalam kurun waktu 100 tahun terakhir, banyak sekali perubahan yang terjadi mulai dari budaya, politik, teknologi, dan lainnya. Perubahan yang terjadi terutama disebabkan oleh perkembangan teknologi. Perubahan zaman telah membuat cara pandang masyarakat akan segalanya berbeda. Berikut adalah contoh perubahan zaman. Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: 10 Contoh Perubahan Sosial Budaya
Contoh perubahan zaman

1. Alat Transportasi

Beberapa ratus tahun yang lalu, manusia mengandalkan transportasi laut untuk bepergian ke tempat jauh. Namun, transportasi laut membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan untuk sampai ke tujuan. Saat itu mobil dan sepeda motor belum ditemukan. Saat ini telah ada transportasi udara yang mampu mengangkut banyak penumpang dan barang dengan jauh lebih cepat dan lebih aman.

2. Alat Komunikasi

Dulu, orang dari jauh berkomunikasi menggunakan surat. Tentu saja surat membutuhkan waktu pengiriman yang sangat lama. Namun, saat ini berkomunikasi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan sangat cepat. Bahkan tidak hanya melalui tulisan SMS, chat, atau email, tetapi juga suara bahkan video.

3. Hak Asasi Manusia

Di zaman sekarang, HAM jauh lebih ditegakkan di dunia. Dunia di zaman sekarang jauh lebih damai dibandingkan saat zaman perang dunia dulu. Meskipun beberapa daerah/negara masih dilanda konflik. Seharusnya kita bersyukur tinggal di negara yang relatif damai.

4. Perubahan Dunia Bisnis

Bisnis di zaman sekarang lebih banyak menggunakan teknologi. Perusahaan apa yang mampu menggunakan teknologi dengan baik, perusahaan itu akan sulit tersaingi. Bahkan jika ada perusahaan yang mampu menciptakan teknologi dengan baik, perusahaan itu akan menguasai dunia. Perusahaan terbesar dunia adalah perusahaan teknologi seperti Apple, Microsoft, Oracle, Google, dll. Sedangkan zaman dulu perusahaan terbesar di dunia adalah perusahaan minyak/industri rokok.

5. Dunia Kesehatan

Di zaman sekarang, dunia kesehatan sudah jauh lebih maju. Maraknya penemuan teknologi kesehatan, obat-obatan, dan ilmu pengetahuan tentang kesehatan mendukung perkembangan ilmu pengobatan dan kesehatan. Saat ini kita juga lebih mudah mencari dokter, bahkan dengan biaya yang terjangkau.



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

No comments:

Post a Comment