32 Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Seni adalah ragam kegiatan manusia dalam hal penciptaan karya visual, auditori, atau pertunjukan yang mengekspresikan imajinasi atau kemampuan teknis pencipta dengan tujuan untuk diapreasi keindahannya atau kekuatan emosinya. Sesungguhnya, sulit mendefinisikan secara universal apa itu seni. Karena setiap orang punya pandangannya masing-masing. Ada yang mengatakan itu seni, dan ada juga yang tidak. Maka dari itu, kita harus memahami pengertian seni dari berbagai sudut pandang orang-orang yang sudah ahli di bidangnya. Berikut adalah beberapa pengertian seni menurut para ahli. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Pengertian Seni (Artikel Lengkap)

Pengertian seni menurut para ahli

1. Prof. DR. George R. Terry

Seni adalah kekuatan pribadi seseorang yang kreatif, ditambah dengan keahlian yang bersangkutan dalam menampilkan tugas pekerjaannya.

2. Padmapuspitha

Berdasarkan etimologis, seni adalah kemampuan luar biasa yang dimiliki atau dibawa sejak lahir. Sedangkan berdasarkan kajian ilmu, seni adalah suatu media yang dapat melakukan suatu aktivitas tertentu.

3. Drs. H. Inu Kencana Syafiie, M.Si.

Seni adalah kemampuan dan kemahiran seseorang untuk mewujudkan cipta, rasa, dan karsa yang dimilikinya yang bersangkutan dengan tugas dan fungsinya sebagai seniman.

4. Aristoteles

Seni adalah hasil peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal.

5. Nanang Rizali

Seni adalah manifestasi dari kebudayaan sebagai hasil karya cipta manusia yang meliputi seni tari, seni musik, seni drama, seni rupa, dan lain-lain.

6. Ki Hajar Dewantara

Seni adalah hasil keindahan yang dapat menggerakan perasaan indah orang yang melihatnya. Menurut beliau, perbuatan manusia yang dapat menimbulkan perasaan indah dapat dikategorikan sebagai seni.

7. Al-Farabi

Seni adalah ciptaan yang berbentuk keindahan.

8. Irma Damayanti

Seni adalah intisari ekspresi dari berbagai kreativitas manusia.

9. Al-Ghazali

Seni adalah hasil kerja yang dilahirkan jiwa dan rasa manusia sesuai dengan fitrahnya.

10. Plato dan Rousseau

Seni adalah suatu hasil peniruan yang ada di alam dengan segala seginya.

11. Yekti Herlina

Seni adalah media penyampaian pesan dari seniman kepada orang lain dengan tujuan mempengaruhi pikirannya.

12. Kottak

Seni adalah kualitas, hasil ekspresi, alam keindahan, atau segala hal yang melebihi keasliannya serta klasifikasi objek-subjek terhadap kriteria estetis.

13. Ahmad Zaenuri

Seni adalah usaha seniman dalam mengalihkan energi psikis dan pencapaian kepuasan yang dapat diterima oleh dunia eksternal.

14. Ahdian Karta Miharja

Seni adalah kegiatan rohani yang merefleksikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya dapat membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohani penerimanya.

15. Prof. Drs. Suwaji Bastomi

Seni adalah gerakan batin dengan pengalaman gaya yang dikomunikasikan dalam struktur yang mulia, memiliki kemampuan untuk memanggil perasaan keajaiban dan perasaan.

16. J.J. Hogman

Seni adalah sesuatu yang mempunyai unsur ide, aktivitas, dan artefak.

17. Sartono Kartodirdjo

Seni adalah sebuah sistem yang koheren, karya bisa menjalankan komunikasi secara efektif, yaitu melalui bagiannya saja bisa menunjukkan secara universal.

18. Drs. Sudarmaji

Seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.

19. Popo Iskandar

Seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat atau berkelompok.

20. Ira Ardianti

Seni adalah sebuah proses dan produk dalam memilih media, suatu pemikiran peraturan untuk menggunakan media itu, dan satu set nilai-nilai itu yang menentukan apakah yang pantas dituangkan melalui ekspresi lewat media itu, baik berupa gagasan, sensasi, perasaan, maupun kepercayaan dengan cara yang seefektif mungkin.

21. Schopenhauer

Seni adalah setiap usaha dalam menciptakan segala bentuk yang dapat menyenangkan perasaan.

22. Koentjaraningrat

Seni adalah suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.

23. Eric Ariyanto

Seni adalah suatu kegiatan rohani atau aktivitas batin yang direfleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.

24. William A. Haviland

Seni adalah penggunaan imajinasi manusia secara kreatif di dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu.

25. Harry Sulastianto

Seni adalah suatu keahlian dalam mengekspresikan berbagai macam ide dan pemikiran estetika, termasuk dalam mewujudkan segala kemampuan dan imajinasi pandangan akan suatu benda dan suasana, atau karya yang dapat menumbuhkan rasa indah sehingga mampu menciptakan peradaban yang lebih maju lagi.

26. Leo Tolstoy

Seni adalah ungkapan perasaan pencipta yang disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan seniman.

27. Chartin Muler

Seni adalah sesuatu yang dihasilkan dari unsur rasa yang berhubungan dengan karya cipta seseorang.

28. Nandawan L. Hasanah

Seni adalah suatu ekspresi yang ditunjukkan oleh manusia yang memiliki unsur keindahan kemudian diungkapkan dalam sebuah media yang nyata dan bisa dinikmati oleh seluruh panca indera manusia.

29. Nuning Y. Damayanti

Seni adalah proses dari manusia dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu.

30. Alexander Baum Garton

Seni adalah keindahan dan tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

31. Thomas Munro

Seni adalah alat buatan manusia yang menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya berupa tanggapan-tanggapan.

32. Emanuel Kant

Seni adalah sebuah impian karena rumus-rumus tidak dapat mengikhtiarkan kenyataan.


Referensi:

  1. 10 pengertian seni menurut pendapat para ahli (https://ufikmuckraker.wordpress.com/2012/03/28/10-pengertian-seni-menurut-pendapat-para-ahli/)
  2. Definisi seni menurut para ahli (http://varadiva.blogspot.co.id/2013/05/definisi-seni-menurut-para-ahli.html)


Anda bisa request artikel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat komentar dibawah :)

No comments:

Post a Comment