Tempat Pembentukan Urin Primer dan Proses yang Terjadi di Tempat Tersebut

Urine primer adalah urin yang terbentuk dari penyaringan darah di renal korpuskula. Renal korpuskula adalah bagian awal nefron ginjal yang terdiri dari glomerulus dan kapsula Bowman. Komposisi urin primer sesuai dengan komposisi plasma darah bebas protein. Itu karena makromolekul (seperti protein) tidak dapat melewati filter glomerulus.

Bagian dari: 3 Proses Pembentukan Urine

tempat-pembentukan-urin-primer

Tempat Pembentukan Urin Primer

Urin primer terbentuk di renal korpuskula, pintu masuk nefron yang terdiri dari glomerulus dan kapsula bowman. Glomerulus adalah anyaman jaringan kapiler yang diselubungi oleh kapsula bowman. Sedangkan kapsula bowman adalah karung seperti mangkuk yang melakukan penyaringan darah untuk membentuk urin. Cairan dari darah pada glomerulus dikumpulkan dalam kapsul bowman dan diproses lebih lanjut di dalam nefron.

Proses yang Terjadi di Glomerulus

Baca juga: Kandungan/Komposisi Urine Primer, Sekunder, dan Sesungguhnya

Proses penyaringan urin di glomerulus disebut filtrasi. Proses filtrasi ini sangat mirip dengan pembuatan espresso atau cappuccino. Dalam mesin cappuccino, air ditekan agar melalui saringan halus yang berisi serbuk kopi. Filtratnya adalah kopi yang diseduh. Sedangkan pada glomerulus, darah disaring di bawah tekanan melalui dinding kapiler glomerulus dan kapsula bowman. Filtratnya disebut urin primer yang terdiri dari air, ion (natrium, kalium, klorida), glukosa, dan protein kecil. Dalam keadaan normal, tidak ada satupun sel darah merah yang lolos dalam proses ini. Susunan kapiler glomerulus secara seri dengan kapiler peritubulus penting untuk mempertahankan tekanan konstan pada kapiler glomerulus. Dengan demikian, laju filtrasi konstan meskipun terjadi fluktuasi tekanan darah sesaat. Setelah filtrat memasuki kapsula bowman, urin primer mengalir melalui nefron menuju tubulus kontortus proksimal.


Referensi:
  1. Glomerulus Ginjal (http://bapakpengertian.blogspot.co.id/2015/05/Pengertian-Fungsi-Glomerulus-Adalah.html)

Anda bisa request artikel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat komentar dibawah :)

No comments:

Post a Comment